Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Azza Zahra Rafiqah
"Film merupakan salah satu media untuk menyampaikan aspirasi dan ideologi baru kepada masyarakat. Masuknya unsur feminisme ke dalam industri film di dunia termasuk industri film di Uni Emirat Arab membuat dampak yang signifikan terhadap perkembangan sastra feminisme. Penelitian ini membahas tentang cerminan feminisme yang ada di dalam film Qalb Al Adala. Film Qalb Al Adala merupakan film Uni Emirat Arab yang menceritakan tentang kegigihan seorang perempuan bernama Farah dalam menjalankan karirnya. Film ini dibuat pada bulan Januari tahun 2017 dan dirilis pada bulan September tahun 2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna feminisme dan tanda-tanda feminisme yang ada di film Qalb Al Adala. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan studi dokumentasi dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori feminisme dan teori semiotika milik John Fiske berdasarkan simbol kode-kode televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa feminisme yang direpresentasikan di dalam film Qalb Al Adala ialah feminisme liberalis dan feminisme eksistensialis. Adapun tanda-tanda feminisme digambarkan melalui level representasi konvensional dengan kode karakter. Pada level ideologi nilai feminisme terwakilkan dengan aliran feminisme liberal dan eksistensial.
The film is one of the media to convey new aspirations and ideologies to the public. The entry of elements of feminism into the film industry in the world including the film industry in the United Arab Emirates made a significant impact on the development of feminism literature. This study discusses the reflection of feminism in the film Qalb Al Adala. The film Qalb Al Adala is a United Arab Emirates film that tells about the persistence of a woman named Farah in running her career. This film was made in January 2017 and released in September 2017. This study aims to explain the meaning of feminism and the signs of feminism in the film Qalb Al Adala. The researcher used qualitative methods with documentation studies and literature studies to achieve the research objectives. The theory used in this research is the theory of feminism and the theory of semiotics belonging to John Fiske based on the symbols of television codes. The results showed that the feminism represented in the film Qalb Al Adala is liberalist feminism and existentialist feminism. The signs of feminism are described through the level of conventional representation with character codes. At the ideological level, feminist values are represented by liberal and existential feminism."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nurul Hanifah
"Artikel ini membahas tentang perkembangan sinema di Mesir pada tahun 2011-2020. Industri film Mesir mengalami krisis selama periode krisis pasca peristiwa Arab Spring tahun 2011-2013 yang berdampak pada penurunan jumlah produksi film. Selama masa krisis terdapat dua jenis film yang mengisi perfilman nasional, yaitu film komersial yang berfokus pada kuantitas produksi untuk meraih profit sebesar-besarnya dan film independen yang berfokus pada kualitas sinematografi. Di samping itu layanan video on demand berkembang sebagai metode distribusi film baru seiring meningkatnya penggunaan internet. Penelitian ini menemukan bahwa perfilman Mesir mengalami kebangkitan serta kembali produktif sejak tahun 2016 akibat berkembangnya produksi film independen, distribusi film secara daring, dan kerjasama yang baik dalam komunitas film. Pada penyusunan artikel ini digunakan metode kualitatif dengan melakukan studi pustaka terhadap beberapa buku, jurnal, dan sumber resmi yang terkait. Teori pada penulisan ini adalah teori Third Cinema oleh Teshome Gabriel, yaitu Third Cinema sebagai bentuk revolusi estetika dan politik dalam film yang mencerminkan kehidupan rakyat secara realistis.
This article discusses the development of cinema in Egypt in the period of 2011-2020. The Egyptian film industry experienced a crisis during the critical period after the Arab Spring event in 2011-2013 which resulted in a decline in the number of film productions. During the crisis period, there were two types of films which are present in cinema, namely commercial films which focused on the quantity of production to achieve maximum profit, and the others are independent films which focused on their quality of cinematography. In addition, video on demand services are developing as a new film distribution method along with the increasing use of the internet. This study finds that Egyptian cinema has experienced a revival and has been productive again since 2016 due to the development of independent film production, online film distribution, and good cooperation in the film community. In preparing this article, a qualitative method was used by conducting a literature study of several books, journals, and related official sources. The theory used in this writing is the theory of Third Cinema by Teshome Gabriel, namely Third Cinema as a form of aesthetic and political revolution in films that reflect the social reality."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Nadila Zanuarita
"Minat terhadap sinema Palestina meningkat, baik dalam studi film maupun ruang publik. Pada bulan Oktober 2021, Netflix merilis 32 film Palestina dalam koleksi Palestinian Stories dimana 12 di antaranya merupakan film pendek. Palestina juga memproduksi lebih dari 200 film pendek dalam kurun waktu dua dekade. Beberapa film pendek seperti Like Twenty Impossibles (2003) dan The Present (2020) memperoleh berbagai penghargaan di ajang festival film internasional bahkan menjadi nominasi Oscars. Selain bercerita tentang sulitnya melewati checkpoint, keduanya juga mendapat ulasan positif bahwa apa yang disampaikan terasa realistis dan membuka mata tentang kehidupan di Palestina. Penelitian ini mendiskusikan tentang bagaimana wacana perjuangan dikonstruksi dalam film pendek Palestina Like Twenty Impossibles dan The Present. Pendekatan yang digunakan yaitu analisis wacana kritis tiga-dimensi Norman Fairclough. Melalui tiga tahap analisis wacana yaitu deskripsi teks, interpretasi hubungan antara teks dan interaksi, serta eksplanasi dari hubungan antara interaksi dan konteks sosial, peneliti mendapati bahwa seorang sutradara mengkonstruksikan wacana perjuangan Palestina di dalam film pendek mereka. Wacana perjuangan itu ditampilkan melalui dialog dan ekspresi tokoh serta simbol perjuangan yang merepresentasikan adanya tekanan emosional, diskriminasi, dan ketidakberdayaan mengubah sistem yang berlaku.
Interest in Palestinian film is increasing, both in film studies and in the public sphere. In October 2021, Netflix released 32 Palestinian films in its Palestinian Stories collection, of which 12 were short films. Palestine has also produced more than 200 short films in the span of two decades. Several short films, such Like Twenty Impossibles (2003) and The Present (2020), have received various awards at international film festivals and even received Oscar nominations. In addition to telling us about the difficulty of passing the checkpoint, both of them also received positive reviews, stating that what was conveyed was realistic and eye-opening about life in Palestine. This research looks at how the discourse of struggle is constructed in Palestinian short films such as Twenty Impossibles and The Present. The approach used is Norman Fairclough's three-dimensional critical discourse analysis. Through three stages of discourse analysis: text description; interpretation of the relationship between text and interaction; and explanation of the relationship between interaction and social context, the researchers found that the director constructed the discourse of the Palestinian struggle in their short film. The discourse of struggle is displayed through the dialogues and expressions of characters and symbols of struggle representing emotional stress, discrimination, and powerlessness to change the prevailing system."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library