Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Harahap, Farid Akbar
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji aspek keandalan manusia dalam penerapan Kesehatan dan
Keselamatan Kerja (K3) pada pabrik susu bayi terbesar di Jakarta dengan
mengevaluasi potensihuman error pada proses produksi menggunakan metode
Hierarcical Task Analysis, Fault Tree Analysis dan membandingkanmetode
pengukuran keandalan manusia antara metode HEART (Human Error Assessment
and Reduction Technique) dan metode SPAR-H (Standardized Plant Analysis
Risk Human Reliability Assessment). Hasil penelitian ini yaitu berupaHuman
Error Probabilitiesdimana resiko human error terbesar terjadi pada area
Tippingdengan pengukuran metode HEART dan area Preparation dengan
pengukuran metode SPAR-H.Penelitian ini juga membandingkan penggunaan
metode HEART dan SPAR-H.

Abstract
This research studies human Reliability in safety application atthe biggest baby
nutrition factory in Jakarta by evaluatig the risk of human error in production
line. The methods in this research are Hierarcical Task Analysis (HTA), Fault
Tree Analysis (FTA), and also compared Reliability assessment methods between
HEART (Human Error Assessment and Reduction Technique) and SPAR-H
(Standardized Plant Analysis Risk Human Reliability Assessment. The research
result are Human Error Probabilities that shows the biggest human error risk are
in Tipping area based on assessment by HEART and in Preparation area based
on assessment by SPAR-H. HEART and SPAR-H.This result also compare the
application of HEART and SPAR-H."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S43657
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
C. Sukoco. B
"Sistem hidrolik termasuk secondary power yang digunakan untuk menggerakan bidang atur kendali terbang, mengeluarkan dan melipat roda pendarat, dan memberikan tenaga pengereman ketika pesawat di darat. Kegagalan sistem hidrolik dapat menyebabkan pesawat hilang kendali sehingga memungkinkan pesawat mengalami kecelakaan dan jatuhnya korban jiwa. Penelitian ini membahas tentang penilaian keselamatan sistem hidrolik pesawat terbang H-8 yang mencakup proses penilaian keselamatan, reguliasi mengenai sistem hidrolik pesawat terbang, beban-beban yang harus ditanggung oleh sistem hidrolik, dan prestasi sistem hidrolik pesawat H-8. Penilaian keselatan dimulai dari melakukan identifikasi fungsi, kondisi kegagalan, efek kegagalan, dan mengklasifikasikan kondisi kegagalan dari sistem hidrolik tersebut."
Yogyakarta: Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) STTA, 2017
629 JIA 9:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Aqila Nafisa
"Pemeriksaan kapal bangunan baru tidak lepas dari potensi risiko kecelakaan yang berasal dari kegagalan sistem, faktor manusia atau kondisi lingkungan. Untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko ini secara efektif, pendekatan analisis risiko seperti Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) dan Fault Tree Analysis (FTA) Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tiga risiko kecelakaan utama berdasarkan analisis prioritas risiko terbesar (RPN) dan akar permasalahan dari setiap risiko menggunakan FTA. Risiko yang diidentifikasi meliputi patah tulang akibat terjatuh saat visual welding check, luka bakar akibat ledakan saat leak test, dan luka bakar akibat ledakan saat tes permesinan. FTA mengungkapkan faktor penyebab seperti ketidakpatuhan terhadap penggunaan alat pelindung diri (APD), kondisi lingkungan kerja yang tidak aman, dan kekurangan perawatan peralatan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan rekomendasi konkret untuk meningkatkan praktik pemeriksaan kapal bangunan baru, serta meminimalkan risiko kecelakaan bagi surveyor dan keselamatan umum.

It is hard to separate the possible danger of accidents resulting from human error, system malfunctions, or environmental factors from the inspection of newly built ships. Risk assessment methods like Failure Mode and Effects Analysis (FMEA) and Fault Tree Analysis (FTA) are used to efficiently detect and manage these risks. By utilizing FTA to determine each risk's root cause and the highest risk priority (RPN) analysis, this study seeks to identify three primary accident hazards. The dangers that have been discovered include burns from explosions during leak tests, burns from explosions during machining tests, and fractures from falls during visual welding checks. The FTA identified contributing issues such unsafe working conditions, a lack of equipment maintenance, and noncompliance with the usage of personal protective equipment (PPE). It is anticipated that the study's conclusions would offer specific suggestions for enhancing the procedure for examining newly constructed ships and reducing the possibility of mishaps involving surveyors and public safety."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library