Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abraham Bernadus Rumayara
Abstrak :
Latar Belakang : Fatigue merupakan masalah yang menurunkan kualitas hidup dan terjadi pada sekitar 54-98% pasien gagal jantung. Fatigue mengganggu kemampuan individu untuk berfungsi dan melakukan aktivitas harian secara normal. Aktivasi saraf simpatis dan penarikan saraf parasimpatis merupakan ciri utama sindrom gagal jantung yang menjadi faktor pemicu perubahan-perubahan progresif pada bagian-bagian perifer tubuh. Terapi akupresur pada acopoints Shenmen, Zusanly dan Neiguan dapat menghambat aktivasi saraf simpatis dan mengaktifkan saraf para simpatis. Tujuan : mengetaui pengaruh akupresur pada acopoints Shenmen, Zusanly dan Neiguan terhadap penurunan level fatigue pada pasien gagal jantung yang menjalani rawat jalan. Desain Penelitian : penelitian kuantitatif dengan quasi experiment pre and post test with control group design dengan jumlah sampel total 40 responden. Analisis data menggunakan Mann-Withney U test , Wilcoxon test, Pooled t test. Hasil : Analisis data menunjukkan rata-rata level fatigue tidak berdaan secara signifikant pada pada kelompok intervensi dibandingkan dengan kelompok kontrol setelah dilakukan akupresur. Rata-rata level fatigue setelah dilakukan terapi akupresure pada kelompok intervensi menurun secara signifikant pada kelompok intervensi (p = 0,000). Kesimpulan : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terapi akupresur pada kelompok intervensi secara klinis dapat menurunkan level fatigue pada penderita gagal jantung (p = 0,000) namun jika dibandingkan dengan kelompok kontrol hasil uji statistik membuktikan tidak terdapat perbedaan yang signifikant (p = 0,104). ......Background : Fatigue is a problem that reduces the quality of life and occurs in about 54-98% of patients with heart failure. Fatigue interferes with an individual's ability to function and perform normal daily activities. Sympathetic nerve activation and parasympathetic retraction are the main features of the heart failure syndrome that trigger progressive changes in the peripheral parts of the body. Acupressure therapy on Shenmen, Zusanly and Neiguan acopoints can inhibit sympathetic nerve activation and activate parasympathetic nerves. Objective : to investigated the effect of acupressure on Shenmen, Zusanly and Neiguan acupoints on reducing fatigue levels in outpatients with heart failure. Design Study : quantitative research with a quasi-experimental pre and post test with control group design with a total sample of 40 respondents. Data analysis using Mann-Withney U test, Wilcoxon test, Pooled t test. Result : Data analysis showed that the average level of fatigue was not significantly different in the intervention group compared to the control group after acupressure was performed. The average level of fatigue after acupressure therapy in the intervention group decreased significantly in the intervention group (p = 0,000). Conclusion : The results of this study indicate that acupressure therapy in the clinical intervention group can reduce fatigue levels in patients with heart failure (p = 0.000) but when compared with the control group, the results of statistical tests prove that there is no significant difference (p = 0,104).
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agnes Juliesca Wisnumoerti
Abstrak :
Kelelahan merupakan masalah kesehatan yang tak terhindarkan dan kerap kali dialami oleh pekerja. Salah satu faktor risiko kelelahan yaitu perjalanan menuju tempat kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi tingkat kelelahan pekerja pengguna KRL commuter line rute Bogor – Jakarta Kota. Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dengan melibatkan 107 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Tingkat kelelahan diukur dengan kuesioner Skala Pengukuran Kelelahan (SPK). Hasil analisis univariat menunjukkan sebesar 29,9% pekerja tidak kelelahan, 58,9% pekerja mengalami kelelahan sedang, dan 11,2% pekerja mengalami kelelahan parah. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengoptimalkan peran perawat kesehatan kerja yang terkait dengan kelelahan yang dirasakan oleh pekerja. ......Fatigue is an inevitable health problem that is often experienced by workers. One of the risk factors for fatigue is commuting to work. This study was conducted to identify the level of fatigue of workers using the KRL commuter line on the Bogor - Jakarta Kota route. This study used a cross sectional research design involving 107 respondents selected by purposive sampling technique. The level of fatigue was measured by the Skala Pengukuran Kelelahan (SPK) questionnaire. The results of univariate analysis showed that 29.9% of workers were not fatigued, 58.9% of workers experienced moderate fatigue, and 11.2% of workers experienced severe fatigue. The results of this study recommend optimizing the role of occupational health nurses related to fatigue felt by workers.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tegar Septyan Hidayat
Abstrak :
ABSTRAK,br> Selama ini perhitungan tingkat kelelahan masih sulit dilakukan secara matematis sehingga dibutuhkan pendekatan yang bisa mengatasi hal tersebut. Penelitian ini berusaha mengembangkan model perhitungan tingkat kelelahan dengan variabel independen faktor-faktor biomekanika menggunakan metode regresi berganda pada kasus operator gardu tol. Model perhitungan yang dihasilkan dari penelitian ini terbagi menjadi dua bagian yaitu model operator laki-laki dan perempuan. Model operator laki-laki yang dihasilkan memilki formula sebagai berikut Y = 0.392*BMI + 3.913*MomentRshAbd + 2.812*MomentRightElbow + 0.958*AngleTrunkFlexion + 0.303*AngleLshFwbk + 0.183*AngleRshFwbk + 0.312*StrengthRightKnee ? 39.561 dengan koefisien determinasi sebesar 0.97. Sedangkan model operator perempuan yang dihasilkan memiliki formula Y = 1.646 *AngleTrunkFlexion + 0.675*BMI + 3.172*AngleTrunkBend + 8.519*MomentRightElbow + 0.569*AngleRshFwbk ? 108.834 dengan koefisien determinasi 0.967.
ABSTRACT
This research focus on developing mathematical model formulation for measuring fatigue level based on biomechanics factors using multiple regression method. It yields formulation for toll booth operators both for men and women. Based on result, for men operators, the fatigue level can be estimated by this formula, Y = 0.392*BMI + 3.913*MomentRshAbd + 2.812*MomentRightElbow + 0.958*AngleTrunkFlexion + 0.303*AngleLshFwbk + 0.183*AngleRshFwbk + 0.312*StrengthRightKnee ? 39.561 with coefficient of determination 0.97. Meanwhile, for women operators, the fatigue level can be estimated by this formula, Y = 1.646 *AngleTrunkFlexion + 0.675*BMI + 3.172*AngleTrunkBend + 8.519*MomentRightElbow + 0.569*AngleRshFwbk ? 108.834 with coefficient determination 0.967
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42606
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Yarsya
Abstrak :
Tuntutan operasional pada personel awak pesawat terus berubah sebagai respons terhadap perubahan teknologi dan tekanan komersial, namun fisiologi tubuh manusia tetap tidak berubah. Peraturan Manajemen Kelelahan dan Fatigue Risk Management System (FRMS) secara preskriptif memaparkan beberapa peluang untuk mengkaji dan menurunkan kelelahan serta meningkatkan keselamatan operasional penerbangan. Awak kabin sebagai salah satu personel yang bersentuhan langsung terhadap operasional penerbangan terlibat ke dalam sistem kerja bergilir atau workshift yang begitu kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kelelahan awak kabin di salah satu maskapai Indonesia menggunakan pendekatan FRMS, yaitu pengukuran subjektif menggunakan Samn-Perelli Fatigue Scale. Hasil penelitian menunjukkan pemeriksaan status kelelahan awak kabin berada di status Mild Fatigue dengan risiko kelelahan paling tinggi sebesar 43,7% terjadi pada penerbangan inbound di fase top-of-descent. Tipe rute penerbangan campuran dalam 1 duty period (domestik dan internasional) diprediksi memiliki pengaruh signifikan kelelahan dibanding menjalankan tipe rute domestik atau internasional, sedangkan jam keberangkatan di rentang waktu 00:01-06:00 diprediksi memiliki nilai kelelahan yang signifikan dibanding rentang waktu lain. ......Operational demands on aircrew personnel are constantly changing in response to technological changes and commercial pressures, yet the physiology of the human body remains unchanged. The Fatigue Management Regulation and Fatigue Risk Management System (FRMS) prescriptively outline several opportunities to assess and reduce fatigue and improve the safety of flight operations. Cabin crew as one of the personnel in direct contact with flight operations is involved in a complex workshift. This study aims to evaluate the level of cabin crew fatigue in one of the Indonesian airlines using the FRMS approach which uses a subjective measurement, the Samn-Perelli Fatigue Scale. The results showed that the examination of cabin crew fatigue status was in Mild Fatigue status with the highest fatigue risk of 43.7% occurring on inbound flights in the top-of-descent phase. Mixed flight route types in 1 duty period (domestic and international in a set of duty period) are predicted to have a significant effect on fatigue compared to domestic or international route types, while departure hours (ETD) between 00:01-06:00 time range are predicted to have significant fatigue values compared to other normal time ranges.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library