Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 127 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yogyakarta: Panitia Koordinasi Antar Panitia-panitia Ahli Antar Fakultas-fakultas Sedjenis, 1962
378.92 BAH
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1957
378.92 UNI b
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
R 620 PRO
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Depok: Badan Otonom Economica Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia , 2010
R 378.598 FEU
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Rizqy Aditya Hadelisya
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mencari gambaran empati dan psychological distress pada mahasiswa S1 dari fakultas psikologi dan fakultas selain psikologi non-psikologi. Hasil kedua variabel ini juga dikorelasikan untuk menentukan bagaimana hubungannya. Empati diukur menggunakan Interpersonal Reactivity Index IRI yang dikembangkan oleh Davis 1980, dan psychological distress diukur menggunakan Kessler 10 K10 yang dikembangkan oleh Kessler 2003. Hasil penelitian menemukan bahwa tingkat empati dan tingkat psyhchological distress mahasiswa di fakultas psikologi dan fakultas non-psikologi tinggi, serta tidak terdapat perbedaan yang signifikan di antara keduanya. ...... This research aims to describe the empathy and psychological distress among undergraduate psychology students and students that do not come from psychology department non psychology. Both variables were also correlated. In this research, empathy is measured using Interpersonal Reactivity Index IRI developed by Davis 1980, while psychological distress is measured using Kessler 10 K10 developed by Kessler 2003. Results show that there is no significant difference between empathy and psychological distress among students from psychology major and other major, both variables are almost equally high.
Depok: Fakultas Psikologi Unversitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Depok : FS-UI , 1990
UI-WUFS 1-2(1990-1995)
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia,
610 STOVIA
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
Abstrak :
ABSTRAK
Kebutuhan dunia kerja di era persaingan bebas dari lulusan perguruan tinggi adalah kemampuan bersaing dan bekerja efektif. Kemampuan itu dapat dicapai apabila mahasiswa telah rnemiliki kemampuan belajar rnandiri. Kemampuan ini dapat dicapai melalui proses pembelajaran. Salah satu metoda pembelajaran yang mampu meninggkatkan kemampuan belajar mandiri adalh dengan menggunakan sistem modul.

Rekayasa Lingkungan adalah salah satu mata kuliah yang termasuk dalam kurikulum nasional Program Stuai Teknik Sipil. Penelitian ini menghasilkan modul pembelajaran mata ajaran Rekayasa Lingkungan. Metoda dalam pengembangan modul dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada mahasiswa PTN dan PT S peserta mata ajaran Rekayasa Lingkungan untuk mengetahui karakteristik mahasiswa, studi buku referensi yang terkait dan survey lapangan untuk mendapatkan foto dan data dari Direktorat Bina Teknik Dirjen Cipta Karya mengenai penerapan teknologi rekayasa Iingkungan di Indonesia.

Pengembangan materi dalam modul pembelajaran dilakukan dengan merumuskan tujuan instruksional berdasarkan buku referensi, kemudian dilakukan analisis instruksional untuk menentukan urutan hierakhi kemampuan yang diperlukan rnenuju pencapaian tujuan instruksional dan dilanjutkan dengan menentukan judul materi dan pokok bahasannya.

Tujuan instruksional mata ajaran Rekayasa Lingkungan adalah diharapkan mahasiswa pada akhir kuliah mampu menjelaskan konsep perencanaan bangunan pendukung pencegahan penularan penyakit dan pencegahan penularan lingkungan fisik. Berdasarkan analisis instruksional diperoleh hasil bahwa ada 12 judul materi bahasan yang diperlukan dan disajikan dalam modul 1 hingga mndul 12. Nama modul 1 hingga modul 12 tersebut adalah pengertian rekayasa lingkmagan, kualjtas lingkungan fisik, proses pemurnian secara alami, sistem rekayasa pengolahan air minum, sistem rekayasa. pengolahan air limbah dan pembuangannya, rekayasa lingkungan dalam perencanaan hidraulis air bersih danv 'air limbah, proses pemurnian udara secara alami, sislem rekayasa untuk kontrol pencemaran udara, karakteristik limbah padnt, sistem rekayasa untuk pemulihan sumber daya dan energi, teknologi rekayasa llngkungan di Indonesia.

Hasil kuesioner menunjukkan bahwa pada dasarnya mahasiswa memililki potensi berpikir yang baik dan masih dapat dikembangkan lag dan didukung oleh fasilitas yang dimililkinya. Namun mereka masih belum terbiasa untuk belajar mandiri dan menyenangi bekerja dalam grup. Metoda pembelajaran yang akan dilerapkan menitik Beratkan pada partisipasi aktif mahasiswa, dengan cara pada awal kuliah mahasiswa diberi rancangan pembelajaran, modul Rekayasa Lingkungan, daftar tugas yang akan diiakukan dalam satu semester serta jadwal penyeahan tugas. Penilaian dilakukan dengan pemberian kuis, ujian tengah semester (35%) dan akhir semester (35%), tugas dan hasil presentasi tugas (3O%). Media yang digunakan aclalah OHP, papan tulis dan dikombinasikan dengan gambar slide.

Adanya_modul clihhxapkan membantu dosen menerapkan metoda 'kegiatan- belajar-mandiri', di mana- kegiatan olah' pikir dan kegiatan mandiri diramu sedemikian sehingga mendorong partisipasi aktif mahasiswa dalam belajar. Apabila metoda ini diterapkan akan meningkatkan kemampuan belajar mandiri, sehingga kemandirian mahasiswa meningkat. Kemandirian rnahasiswa ini diperlukan sebagai model dasar bekerja efektif, sehingga mampu bersaing dalam dunia kerja.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Depdikbud , 1978
610.1 IND h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>