Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Muhammad Irza Arrizkyputra
"Pandemi COVID-19 yang sudah mulai menurun membuat berbagai kegiatan masyarakat kembali hadir. Salah satu kegiatan yang mulai bangkit kembali adalah perhelatan event. Akibat pandemi COVID-19 pergeseran perilaku konsumen terjadi, termasuk perilaku masyarakat dalam membeli tiket event, di mana saat ini para event organizer lebih banyak menjual tiket event hanya secara daring melalui platform tiket event (PTE). Namun, nyatanya beberapa orang mengalami beberapa kendala saat melakukan pembelian tiket event melalui PTE. Berangkat dari isu tersebut, penelitian ini ingin mempelajari faktor-faktor yang memengaruhi seseorang untuk melakukan pembelian tiket event melalui PTE yang nantinya diharapkan dapat memberi wawasan terkait platform tiket event dan memberi masukan untuk praktisi platform tiket event. Untuk meneliti hal ini, penulis menggunakan teori DeLone and McLean IS Success Model dan Event Quality Components. Data dalam penelitian ini dikumpulkan secara kuantitatif melalui kuesioner daring yang diisi oleh 461 responden valid dan kualitatif melalui wawancara sebanyak tiga puluh satu narasumber. Data kuantitatif diolah dengan CB-SEM, sedangkan data kualitatif diolah menggunakan content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa information quality, service quality, dan service quality berpengaruh terhadap kepuasan pengguna di mana kepuasan pengguna berpengaruh terhadap pembelian tiket event pada PTE. Selain itu, information quality juga berpengaruh terhadap tiga komponen event quality, yaitu ticketing, program content, dan facility di mana ketiganya menggambarkan bahwa kualitas informasi pada PTE memengaruhi kualitas sebuah event. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi praktiksi PTE dalam memberikan kualitas PTE terbaik untuk penggunanya dan juga untuk peneliti selanjutnya dengan konteks serupa.
The COVID-19 pandemic, which has started to decline, is bringing back various community activities. One of the activities making a comeback is the hosting of events. Due to the impact of the COVID-19 pandemic, there has been a shift in consumer behavior, including how people purchase event tickets. Currently, many event organizers predominantly sell tickets online through Event Ticketing Platforms (ETP). However, some individuals face challenges when buying event tickets through ETP. Starting from this issue, this research aims to study the factors that influence individuals to purchase event tickets through PTE, with the hope of providing insights into event ticket platforms and offering input for practitioners in the event ticket platform industry. To investigate this, the author employs the DeLone and McLean IS Success Model and Event Quality Components theory. Data for this research were collected quantitatively through an online questionnaire filled out by 461 valid respondents and qualitatively through interviews with thirty-one participants. Quantitative data were processed using CB-SEM, while qualitative data were analyzed using content analysis. The research findings indicate that information quality, service quality, and service quality influence user satisfaction, where user satisfaction affects the purchase of event tickets through ETP. Additionally, information quality also influences three event quality components: ticketing, program content, and facilities. These findings suggest that the quality of information on ETP affects the overall quality of an event. This research is expected to serve as a reference for ETP practitioners to provide the best quality for their users. It also offers insights for future researchers in similar contexts."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Fajri Ilham Rusdianda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara event quality, personal involvement, destination image, tourist satisfaction, dan destination loyalty dalam penyelenggaraan event olahraga berskala besar pada kasus event MotoGP dan World Superbike (WSBK) yang dilaksanakan di Mandalika, Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini merupakan wisatawan nusantara (domestik) yang pernah menghadiri event olahraga MotoGP dan WSBK di Mandalika pada tahun 2022 atau 2023 lalu. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebanyak 154 responden dengan metode purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa personal involvement dan tourist satisfaction secara signifikan memiliki pengaruh positif terhadap destination loyalty. Di sisi lain, event quality dan personal involvement juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap destination image. Namun di sisi lain, event quality tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap tourist satisfaction dan destination loyalty. Selain itu, personal involvement dan destination image juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tourist satisfaction, yang juga tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam memediasi hubungan destination image terhadap destination loyalty.
This study aims to determine the effect of event quality, personal involvement, destination image, tourist satisfaction, and destination loyalty in organizing large-scale sporting events in the case of the MotoGP and World Superbike (WSBK) events held in Mandalika, Indonesia. The sample used in this study are nusantara (domestic) tourists who have attended the MotoGP and WSBK sports events in Mandalika in 2022 or 2023. The number of samples obtained in this study were 154 respondents using purposive sampling method. The analytical method in this study uses Partial Least Square - Structural Equation Method (PLS-SEM). The results of this study indicate that personal involvement and tourist satisfaction have a significant positive effect on destination loyalty. On the other hand, event quality and personal involvement also have a significant influence on destination image. But on the other hand, event quality does not have a significant effect on tourist satisfaction and destination loyalty. In addition, personal involvement and destination image also do not have a significant effect on tourist satisfaction, which also does not have a significant effect in mediating the relationship between destination image and destination loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library