Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Newnan, Donald G.
Jakarta: Binarupa Aksara, 1990
338.4 NEW e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Ellen Resia
Abstrak :
ABSTRAK Salah satu inovasi menciptakan sumber energi alternatif baru (unconventional gas) secara bersih dan mengurangi emisi CO2 dengan menginjeksi CO2 ke dalam coalbed. Keuntungan yang akan diperoleh yaitu mengurangi emisi CO2 dan meningkatkan produksi metana (CH4) ke dalam coalbed. Coalbed methane (CBM) merupakan unconventional gas yang dikembangkan di Indonesia khususnya pada kategori high prospective basins yaitu Sumatera Selatan (183 TCF), Barito (101,6 TCF), Kutei (89,4 TCF) dan Sumatera Tengah (52,5 TCF). Penelitian ini mengkaji potensi kelayakan ekonomi CO2 sequestration secara overall. Nilai probabilitas yang diperoleh berdasarkan potensi market, produksi, CO2 storage, supply CO2 dan biaya infrastruktur pada Sumatera Selatan 88,11%, Sumatera Tengah 78,66%, Kutei 78,2% dan Barito 73,94%. Dengan merancang model optimum untuk perhitungan CAPEX dan OPEX, perhitungan analisis ekonomi Sumatera Selatan basin menghasilkan nilai net present value (NPV) $ 523 juta, rate of return (IRR) 22,86% dan Payback period (PB) 8,38 tahun. Sedangkan Sumatera Tengah basin menghasilkan NPV $ 247 juta, IRR 18,08% dan PB 10,77 tahun. Barito basin menghasilkan NPV $ 318 juta, IRR 19,24 % dan PB 9,77 tahun dan Kutei basin menghasilkan NPV $ 2.012 juta, IRR 46,51 % dan PB 5,77 tahun. Model ini didisain dengan harga gas $ 2,57/MMBtu, regulasi Product Sharing Contract (PSC) pengembangan CBM yang berlaku di Indonesia dan life project 24 tahun.
Abstract One of the innovations to create new alternative clean energy sources (unconventional gas) and to reduce CO2 emissions is injecting CO2 into coalbed. The advantage will be obtained by reducing CO2 emissions and by increasing the production of methane (CH4) into coalbed. Coalbed methane (CBM) is an unconventional gas and it is developed in Indonesia. Particularly high prospective basins are : South Sumatra (183 TCF), Barito (101.6 TCF), Kutei (89.4 TCF) and the Central Sumatra (52.5 TCF) . This study assesses the overall potential and the economic feasibility of CO2 sequestration. The probability to develop the basins is influenced by the following indicators: market potential, production potential, storage of CO2, CO2 supply and infrastructure costs, amounts to 88.11% in South Sumatra, to 78.66% in Central Sumatra, to 78.2% in Kutei and to 73.94% in Barito. By designing an optimum model to substantiate CAPEX and OPEX calculation, economic analysis demonstrates that an NPV of $ 523 million, which is equal to an IRR of 22.86% and a PB of 8.38 years, is obtained for the Sumatra Selatan basin. Whilst an analysis for Sumatra Tengah basin resulted in an NPV of $ 247 million, equal to an IRR of 18.08% and a PB 10.77 years. The Barito basin generates an NPV of $ 318 million, an IRR of 19.24 % and a PB of 9.77 years and for the Kutei basin an NPV $ 2.012 million, equal to an IRR 46.51 % and a PB 5.77 years is obtained. This model is designed based on a gas price of $ 2.57 /MMBtu, compliant with a regulation of the Product Sharing Contract (PSC) about CBM development policies in Indonesia. The project life considered in the model amounts to 24 years.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T30581
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Sukma Laksana
Abstrak :
Sektor energi mempunyai peran vital bagi pertumbuhan sektor ekonomi terutama untuk sektor produksi seperti sektor industri manufaktur. Berbeda dengan Negara maju, intensitas energi sektor industri Indonesia lebih tinggi dibanding intensitas rata-rata nasional yang menunjukkan ketidakefisienan penggunaan energi. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model permintaan energi pada industri semen, baja dan pulp dan kertas dengan pendekatan engineering-economic model. Tahapan penelitian ini yaitu pengumpulan data, penentuan variabel, analisis data, pemodelan, dan simulasi dengan skenario konservasi dan dasar. Penelitian ini mendapatkan bahwa data untuk memetakan konsumsi energi dan intensitas energi pada industri manufaktur tidak konsisten sehingga gambaran konsumsi energi, intensitas energi dan intensitas emisi secara nasional tidak didapatkan. Dengan skenario konservasi industri semen dapat menghematan sebesar 150 juta GJ dan industri baja 111 juta GJ di tahun 2020. ......The energy sector has a vital role for the growth of economy sectors especially for production sectors such as the manufacturing industry. In contrast to developed countries, energy intensity of industrial sectors in Indonesia is higher than national average intensity which shows inefficient energy use. This research aims to develop a model of energy demand in cement, steel and pulp and paper industries with engineering - economic model approach. The methodologies are data collection, data analysis, variable determination, modeling, and simulation with conservation and basic scenarios. This research gets that data to mapping the energy consumption and energy intensity in the manufacturing industry is not consistent so the profile of energy consumption, energy intensity and emissions intensity is not obtained. With conservation scenarios the cement industry can save 150 million GJ and the steel industries 111 million GJ in 2020.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T30876
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Izzu Farhan Fajri
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan kendaraan meningkat signifikan hingga empat kali lipat membuat penggunaan bahan bakar meningkat drastis, termasuk subsidi bahan bakar di sektor transportasi darat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proyeksi jumlah moda transportasi darat, kebutuhan energi, emisi CO2 yang dihasilkan dan alternatif kebijakan yang efektif untuk mengurangi konsumsi energi dan emisi CO2 di tahun 2035. Melihat perubahan penggunaan energi dunia berubah drastis dalam 20 tahun, maka proyeksi dilakukan sampai dengan tahun 2035 dengan asumsi bahwa seluruh variabel dinilai masih berlaku. Dengan melihat kondisi data yang tersedia, keragaman moda transportasi, jenis kendaraan, efisiensi dan faktor penggerak lainnya maka proyeksi kebutuhan dilakukan dengan pendekatan engineeringeconomic sehingga proyeksi dapat dilakukan dengan mempertimbangkan seluruh faktor dan pengaruh atas simulasi skenario kebijakan dapat terlihat dengan jelas. Dengan melakukan pemodelan energi maka diperoleh proyeksi pertumbuhan kendaraan di tahun 2035 meningkat sebesar 158% dibandingkan tahun 2012 menjadi 149,2 juta kendaraan dengan kebutuhan energi final sebesar 180,3 juta kilo liter dan emisi CO2 sebesar 423,79 juta ton. Skenario 4 yaitu peralihan moda transportasi pribadi menjadi transportasi masal memberikan penghematan energi dan reduksi emisi terbesar dalam periode tahun 2013-2035 yaitu 5,32% dan 5,83%.
ABSTRACT
Vehicle growth increased significantly up to fourfold causing the fuel consumption increased dramatically including fuel subsidies in the land transportation sector. This study aims to obtain projected number of land transport modes, energy demand, CO2 emissions and effective policy alternative to reduce energy consumption and CO2 emissions in the year 2035. Because of worldwide energy use changed dramatically in the past 20 years, the projection is done up to year 2035 with assumption that all variables are still considered valid. Considering data availability, diversity of transportion modes, type of vehicle, efficiency and other driving factors, energy projection is calculated using engineering-economic approach as the projection can be made by considering all the factors and the impact of the simulated policy scenarios can be seen clearly. The results of energy modeling are as follows: the projected growth of vehicles in year 2035 increased by 158% over year 2012 to 149.2 million vehicles with the final energy consumption of 180.3 million kilo liters and CO2 emissions amounted to 423.79 million tons. The Scenario 4 which is the switching from personal transportation into mass transportation policy give the bigest energy savings and emission reductions in period of 2013-2035 by 5.32% and 5.83%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42051
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library