Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Idris Masyhuri
Abstrak :
Pemanfaatan dehumidifier sebagai pengering semprot pada sistem dehumidifikasi dapat menghemat konsumsi energi, dalam eksperimen ditemukan dalam sebuah grafik simulasi untuk perbandingan antara refrigeran R-134a, R-152a dan R407c dari aspek konsumsi energi dehumidifier yang digunakan pada pengering semprot saat masuk heater diketahui bahwa mass flow udara dari blower adalah 150 lpm, 300 lpm dan 450 lpm pada kondisi ekperimen R-134a dengan temperatur heater di variasikan 600, 800, 900, 1000, 1200, dan 1400 yang diolah kedalam bentuk simulasi termodinamika setelah itu dilakukan simulasi penggantian refrigeran R152a dan R407c selanjutnya grafik rasio konsumsi energi spesifik dapat disajikan sebagai perbandingan antara refrigeran didapat bahwa penggunaan daya listrik akan menurun jika heater dan blower berada pada titik variabel terendahnya serta dibandingkan dengan perbedaan pengaruh refrigeran berdasarkan perbedaan entalphy dari refrigeran tersebut sehingga konsumsi energi terendah akan ada pada R-152a, penggantian refrigeran dari sebelumnya R134a menjadi R152a akan mempengaruhi dampak terhadap global warming jika alat ini menjadi kebutuhan masyarakat umum. ......Utilization dehumidifier as a spray dryer system dehumidification can save energy consumption, the experiment is found in a graphic simulation for comparison between the refrigerant R-134A, R-152A and R407C from the aspect of energy consumption dehumidifier is used in a spray dryer when signing heater is known that the mass flow air from the blower is 150 lpm, 300 lpm and 450 lpm on the conditions of the experiment R-134a with temperatures heater in varying 600, 800, 900, 1000, 1200, and 1400 were processed into the form of a simulation of thermodynamics after it conducted a simulation replacement refrigerant R152a and R407c the next graph the ratio of the specific energy consumption can be expressed as the ratio between the refrigerant found that the power consumption will decrease if the heater and blower are at the point variable lows as well as compared to the differences in the effect of refrigerant based on the difference entalphy of refrigerant so that the lowest energy consumption will be on R-152A , the replacement of the previous R134a refrigerant R152a will be affecting the impact on global warming if the tool is to be the needs of the general public.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62771
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Mohammad
Abstrak :
Pengering semprot merupakan pilihan dari beberapa proses penyimpanan bahan produk agar menjadi tahan lama, ringkas dan mudah dalam pendistribusiannya. Pengering semprot umumnya beroperasi pada temperatur tinggi >100 0C , hal ini merupakan kendala bagi material yang sensitif terhadap panas, seperti pada obat-obatan khusus, vitamin dan lain-lain. Beberapa upaya untuk menurunkan temperatur telah dilakukan, salah satunya adalah eksperimentasi dengan mengkombinasikan dehumidifier dengan kondenser ganda terhadap pengering semprot. Penggunaan dehumidifier yang berbasis sistem refrigerasi digunakan untuk menghasilkan udara yang lebih kering dan menaikkan suhu udara yang digunakan sebelum masuk ke ruang pemanas udara merupakan solusi dari kekurangan pengering semprot dalam mengawetkan makanan. Pada penelitian ini dilakukan variasi debit udara sesesar 100, 150, 200, dan 250 lpm kemudian variasi temperatur pemanas udara sebesar 60 0, 900, 1200,1500 C dan variasi tekanan refrigerant masuk ke dalam evaporator untuk mendapatkan nilai koefisien kinerja COP dan nilai Rasio Konsumsi Energi Spesifik RKES . Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan nilai nilai koefisien kinerja COP maksumim sistem refrigerasi yang digunakan sebagai dehumidifier sebesar 1,14 pada debit udara 250 lpm dan nilai Rasio Konsumsi Energi Spesifik RKES 0,93. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan penurunkan kinerja pemanas udara secara signifikan, jika dibanding dengan tidak menggunakan sistem dehumidifier. Disamping itu, udara pengering yang menuju ke ruang pengering menjadi jauh lebih kering dikarenakan tingkat kelembaban yang rendah setelah melalui sistem dehumidifier, sehingga dapat mempercepat proses laju pengeringan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan sistem penegring senprot menggunakan dehumidifier lebih rendah konsumsi energi spesifik nya dibandingan dengan tanpa dehumidifier sehingga lebih menguntungkan.
Spray dryer is a selection of some of the material storage product to be durable, quick and easy distribution. Spray dryers generally operate at high temperatures 1000 C , this is an obstacle for material that is sensitive to heat, such as in specialty pharmaceuticals, vitamins and others. Several attempts have been made to lower the temperature, one of which is the experimentation with combining dehumidifier with a double condenser to the spray dryer. The use of a dehumidifier based refrigeration system is used to produce drier air and raise the temperature of the air that is used prior to entry into the room air heating a solution of the deficiencies in the spray dryer preserve food. In this research variation sesesar air discharge 100, 150, 200, and 250 lpm then air heater temperature variation of 60 0, 900, 1200.1500 C and variations in pressure refrigerant into the evaporator to get the value of the coefficient of performance COP and value Specific Energy consumption ratio RKES . From the research that has been done obtained values of the coefficient of performance COP maksumim refrigeration system that is used as a dehumidifier at 1.14 on the air flow of 250 lpm and value Specific Energy Consumption Ratio RKES 0.93. .It Can occur due penurunkan air heating performance significantly, when compared to not using the dehumidifier system. In addition, the air conditioning that led to the drying chamber becomes much drier due to low humidity levels after a dehumidifier system, so as to accelerate the process of drying rate. From this study we can conclude senprot penegring system using a dehumidifier lower its specific energy consumption compared with without dehumidifier thus more profitable.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66663
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bagaswara Ramadhan
Abstrak :
Pada sistem pengering semprot, temperatur udara pengering sangat mempengaruhi kualitas dari produk yang dihasilkan. Jika temperatur udara pengering terlalu tinggi dapat merusak material yang terkandung di dalam bahan. Namun nilai efisiensi pada pengering semprot sangatlah rendah, karena konsumsi energi yang dihasilkan sangat tinggi. Untuk mengatasinya diperlukan pemanfaatan dehumidifier sebagai pre-heater sebelum udara dipanaskan kembali di dalam heater. Pada penelitian kali ini menggunakan variasi laju aliran udara 150 lpm, 300 lpm dan 450 lpm terhadap temperatur udara sebesar 10 oC, 15 oC, 20 oC dan 25 oC pada evaporator. Udara yang keluar dari kondensor dimanfaatkan kembali untuk dipanaskan melewati heater yang temperaturnya diatur sebesar 60 oC, 90 oC dan 120 oC. Dari penelitian ini menunjukan bagaimana kinerja dan konsumsi energi dari sistem gabungan dehumidifier dan heater yang dihasilkan dengan menggunakan dehumidifier dan tanpa dehumidifier. Kinerja dan konsumsi energi dari sistem dehumidifier yang dihasilkan dengan menggunakan dehumidifier dan tanpa dehumidifier sangat dipengaruhi oleh laju massa aliran udara yang diberikan dan kelembaban spesifik udara pengering yang dihasilkan. Konsumsi energi juga dipengaruhi oleh beban heater yang akan digunakan, sehingga dapat diketahui bahwa kinerja sistem dehumidifier dan konsumsi energi dengan menggunakan heater yang paling optimum ketika laju massa aliran udara sebesar 450 lpm pada saat temperatur udara di evaporator di titik 10 oC dan pada heater sebesar 60 oC. ......In the spray dryer system, dryer air temperature greatly affect the quality of the products produced. If the drying air temperature is too high can damage the material contained in the material. However, the efficiency of the spray dryer is very low, because the consumption of energy produced is very high. To overcome this required the use of a dehumidifier as a pre-heater before the air is reheated in the heater. In the present study using a variation of the air flow rate of 150 lpm, 300 lpm and 450 lpm against air temperature of 10 oC, 15 oC, 20 oC and 25 oC at the evaporator. The air coming out of the condenser is recovered to heat passing through the heater temperature is set at 60 oC, 90 oC and 120 oC. This research shows how the performance and energy consumption of the dehumidifier and heater combined system generated by using a dehumidifier and without dehumidifier. Performance and energy consumption of the dehumidifier system generated by using a dehumidifier and without dehumidifier is influenced by the rate of mass air flow given and specific humidity drying air is generated. Energy consumption is also affected by the burden of the heater to be used, so it can be seen that the system performance dehumidifier and energy consumption by using a heater the most optimum when the mass rate of air flow of 450 lpm when air temperature at the evaporator at point 10 oC and at the heater at 60 oC.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S62816
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fadillah Amal Fauzan
Abstrak :
Kecelakaan lalu lintas sering menyebabkan kerugian material, cedera, dan kematian. Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, kendaraan harus didesain dengan baik, terutama dalam hal crashworthiness, yang merupakan kemampuan struktur kendaraan untuk menyerap energi tumbukan dan melindungi penumpang. Salah satu struktur tersebut yang dapat menambah kemampuan mobil dalam menyerap energi adalah side impact bar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi crush initiator terhadap kriteria crashworthiness pada side impact bar mobil. Metode yang digunakan adalah simulasi finite element menggunakan software Abaqus CAE. Variasi yang diuji meliputi jumlah dan posisi crush initiator pada side impact bar berbentuk circular dan M. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan crush initiator dapat meningkatkan nilai crashworthiness, dengan parameter yang diukur meliputi gaya maksimum (Fmax), gaya rata-rata (Fmean), energi absorpsi (EA), efisiensi gaya remuk (CFE), dan absorpsi energi spesifik (SEA). Desain crush initiator yang optimal ditemukan pada side impact bar berbentuk M dengan dua crush initiator, yang memberikan nilai crashworthiness terbaik. ......Traffic accidents often result in material losses, injuries, and fatalities. To mitigate these negative impacts, vehicles must be well-designed, especially in terms of crashworthiness, which is the ability of the vehicle structure to absorb impact energy and protect passengers. One such structure that can enhance a car's ability to absorb energy is the side impact bar. This study aims to analyze the effect of varying crush initiators on crashworthiness criteria in car side impact bars. The method used is finite element simulation using Abaqus CAE software. The variations tested include the number and position of crush initiators on circular and M-shaped side impact bars. The results indicate that adding crush initiators can improve crashworthiness, with measured parameters including maximum force (Fmax), average force (Fmean), energy absorption (EA), crash force efficiency (CFE), and specific energy absorption (SEA). The optimal crush initiator design was found in the M-shaped side impact bar with two crush initiators, providing the best crashworthiness values.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ignatius Glen Sudaryanto
Abstrak :
Kelembaban udara sangat berpengaruh terhadap proses pengeringan, sehingga di Indonesia negara yang beriklim tropis dan memiliki kelembaban udara yang tinggi kinerja pengering semprot menjadi rendah. Penelitian ini membuat simulasi kommbinasi pengering semprot dengan pipa kalor dua kondensor seri dan pemanas listrik. Variabel dalam penelitian ini adalah temperature dan laju udara pengering pada dew point udara pengering 10 [ C], serta temperatur kondensor. Pada sebagian besar dari variasi tersebut, sistem pompa panas dengan dua kondensor yang dipasang seri memiliki Konsumsi Energi Spesifik yang tidak menguntungkan jika dibandingkan dengan penggunaan pemanas listrik saja. Namun bila dikombinasikan dengan pengering semprot dan pemanas listrik konsumsi energi spesifiknya dapat menurun karena udara yang dialirkan dari pompa kalor jauh lebih kering. Ada pun pada sistem pompa kalor dua kondensor kondisi dengan kinerja paling baik terdapat pada temperatur kondensor 60 [ C]. Simulasi pada drying chamber ruang pengeringan didapatkan kinerja laju penguapan paling baik pada dew point 10 [ C] dengan temperatur udara penguapan 60 [ C]. Diketahui juga karakteristik laju penguapan pada temperatur udara pengeringan dibawah 60 [ C], laju penguapan dalam ruang pengering drying chamber sangat dipengaruhi oleh perubahan titik embunya. Dari penelitian ini juga diketahui bahwa kinerja alat paling baik dicapai pada titik embun 10 [ C] dengan tekanan kondenser 23,1 atm. ......Humidity rate is certainly a key factor in drying process. Indonesia with its tropical climate have a very high humidity rate. Humidity rate adjustment on a drying process in tropical climate can greatly increase the efficiency of spray dryer. The CFD simulation with the variation of heater temperature 60 C, 80 C, 100 C, 120 C, air flow velocity 0.03 m3 s, 0.06 m3 s dan 0.09 m3 s, and specific air humidity of 10 C, 15 C, 20 C and 27 C with 0,2 gr s of steady drying material. From all the variation that have been simulated, some of the heat pumps coefficient of performance, shown disadavantages, though if the heat pump combine with the spray dryer the performance show great advantages. This investigation also shown the drying chamber performace reach it peaks at dew point 10 C. Properties of the evaporation flow also can be identified during the drying process inside drying chamber, which in low dry air temperature 60 C the dew point affect greatly to evaporation rate of the materials. The efficiency of the combination between spray dryer and dehumidifier system reached its peak at 10 C specific humidity rate with 23,1 atm condenser pressure.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S70298
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mario Radityo Prartono
Abstrak :
Penilaian kinerja dari sistem pengering semprot dipengaruhi oleh seberapa besar kebutuhan energi untuk kerja dari komponen-komponen didalamnya. Semakin kecil konsumsi energi yang digunakan, maka akan semakin baik kinerja sistem pengering semprot tersebut. Pengering semprot dalam penelitian kali ini menggunakan tambahan sistem dehumidifikasi sebagai sarana pengkondisian udara dimana didalamnya terdapat komponen refrijerasi seperti kompresor, evaporator, kondensor dan katup ekspansi. Sistem dehumidifikasi ini digunakan sebagai pemanasan awal udara lingkungan sebelum dipanaskan kembali di dalam pemanas listrik untuk disalurkan ke ruang pengering. Penelitian kali ini dilakukan dengan variasi laju aliran udara 150 lpm, 300 lpm dan 450 lpm yang dikondisikan temperaturnya sebesar 10°C, 15°C dan 20°C pada evaporator. Udara tersebut akan mengalami pemanasan di kondensor dan kemudian akan mengalir melalui pemanas listrik yang diatur temperaturnya sebesar 60°C, 90°C, 120°C dan akan mengalir masuk ke ruang pengering untuk mengeringkan air yang disemprot dengan nosel sebesar 1 bar, dimana air tersebut akan divariasikan laju alirannya sesuai kebutuhan, yaitu saat air tersebut dinyatakan menguap sempurna di ruang pengering. Penelitian ini akan menampilkan pengaruh laju aliran bahan (air) terhadap laju aliran udara dan kelembaban spesifik yang kemudian akan dikaitkan dengan konsumsi energi, sehingga diketahui bahwa laju aliran udara 450 lpm memiliki konsumsi energi terhadap laju aliran bahannya (konsumsi energi spesifik) paling kecil dengan variasi temperatur pemanas listrik 60°C, 90°C dan 120°C. ......Performance of the spray dryer system is affected by how much energy needs for work of the components. The smaller the energy consumption is used, the better the performance of the spray dryer system. Spray dryer in this study has an additional dehumidification system in which there are air conditioning refrigeration components such as compressor, evaporator, condenser and expansion valve. Dehumidification system is used as the ambient air preheating before reheated in electric heater to be channeled into the drying chamber. The present study was done by varying the air flow rate of 150 lpm, 300 lpm, 450 lpm and conditioned temperature of 10°C, 15°C and 20°C in the evaporator. The air will have a warming in the condenser and then flows through the electric heater with set temperature of 60°C, 90°C, 120°C and will flow into the drying chamber to dry the water that is sprayed with a nozzle of 1 bar and the rate of flow changed as needed until the water evaporates perfectly in the drying chamber. This study will show the effect of the flow rate of material (water) on the rate of air flow and specific humidity which will then be associated with the consumption of energy, so it is known that the air flow rate of 450 lpm has the lowest specific energy consumption with the variation electric heater temperature 60°C, 90°C and 120°C.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63683
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Prasetio
Abstrak :
Konservasi energi dalam dunia industri otomotif belum menjadi aktivitas yang dijalankan dengan konsisten sebagai tindakan praktis dalam usaha menekan rugirugi dan penghematan energi listrik serta mengurangi biaya produksi. Dalam proses produksinya, pelaku sektor industri masih menggunakan energi listrik tanpa terlalu memperhatikan peluang-peluang penghematannya. Penelitian ini membahas aktivitas-aktivitas pelaksanaan konservasi energi listrik di industri otomotif yang meliputi audit energi serta peluang penghematan energi dengan menerapkan teknologi yang lebih efisien baik secara teknis maupun ekonomis. Konservasi energi listrik adalah penggunaan energi listrik secara efisiensi tinggi melalui langkah-langkah penurunan berbagai kehilangan (loss) energi listrik pada semua taraf pengelolaan, mulai dari pembangkitan, pengiriman (transmisi), sampai dengan pemanfaatan. Fase-fase yang lengkap untuk melakukan manajemen energi ada tiga tahapan, yaitu: fase pendahuluan, fase audit dan analisis, serta fase pelaksanaan. PT.ADM PP, yang memproduksi body kendaraan bermotor, pasokan energi listriknya berasal gardu distribusi PK 87 dan PK 79 yang memiliki kapasitas masing-masing 3895 kVA serta genset 1000 kVA dan 500 kVA sebagai suplai listrik cadangan. Sistem distribusinya terbagi ke tujuh LVMDP untuk memberi energi ke fasilitas-fasilitas utama produksi yakni shearing line, press line, welding line, die maintenance facility, finish parts warehouse, dan inline packing. Konservasi energi listrik dilakukan dengan optimalisasi kapasitas daya terpasang, perbaikan faktor daya, serta reduksi distorsi harmonik arus pada sistem distribusi PT.ADM PP. Penurunan kapasitas langganan PLN pada PK 87 menjadi 3500 kVA dan PK 79 menjadi 3700 kVA. Perbaikan faktor daya direncanakan menggunakan bank kapasitor untuk meningkatkan faktor daya sistem yang pada awalnya di bawah 0,85 menjadi 0,95. Kemudian reduksi distorsi harmonik arus menggunakan filter harmonik akan menurunkan nilai THD arus awal yang besarnya di atas 20% menjadi 2,5%. Potensi penghematan energi dan pengurangan biaya yang diperoleh dari aktivitas konservasi energi listrik adalah sebesar Rp.17.405.000 per bulan dari penurunan kapasitas langganan listrik kemudian penghematan energi sebesar 2,40% per bulan dari perbaikan faktor daya dan 1,58% per bulan dari reduksi distorsi harmonik arus. Konsumsi energi spesifik PT.ADM PP turun 3,98% dari nilai awal sebesar 62,12 kWH/unit menjadi 59,65 kWH/unit.
The energy conservation has not become a consistently-done activity in automotive industry as a concrete effort to reduce losses and to save electrical energy and also to reduce the production cost. In the production process, the industrial sector stakeholders still use the electrical energy without concerning the electrical energy saving opportunities. This research investigates about the activities of electrical energy conservation in the automotive industry which consist of energy audit and energy saving opportunities through implementation of more efficient technology by considering the technical and economical aspects. Electrical energy conservation is to utilize the electrical energy with high efficiency through steps of electrical losses reductions in all of management levels, starting from the electrical generation, electrical transmission, until its utilization. Complete phases of energy management are consisting of preliminary phase, audit and analysis phase, and implementation phase. PT.ADM PP produces body components of automobiles. Its electrical energy supply comes from two electrical sub stations i.e. PK 87 and PK 79. The power capacity of each electrical sub stations is 3895 kVA. There are also 1000 kVA and 500 kVA generator sets as emergency electrical supply for PT.ADM PP. The distribution system consist of seven low voltage main distribution panels to supply energy for the main production facilities such as shearing line, press line, welding line, die maintenance facility, finish parts warehouse, and inline packing. Electrical energy conservation is done by optimizing the existing electrical power capacity, power factor correction, and reducing the total harmonic distortion of electrical current in the electrical distribution system of PT.ADM PP. The electrical power capacity of PK 87 is reduced to 3500 kVA and PK 79 is reduced to 3700 kVA. Power factor correction by installing capacitor banks increases the electrical power factor from under 0.85 to become 0.95. The total harmonic distortion of electrical current reduction using harmonic filters will reduce the THD from above 20% to 2.5%. The electrical energy saving and cost reduction which resulting from electrical energy conservation activities is as much as Rp.17,405,000 per month from the electrical power capacity reduction, then the energy saving from the power factor correction is 2.40% per month, and electrical current THD reduction has 1.58% power saving per month. Specific energy consumption is reduced from beginning value of 62.12 kWH/unit to 59.65 kWH/unit, equals to 3.98% reduction.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S52315
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library