Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Artikel ini menelisik strategi untuk menghadapi tantangan krisis energi. Strategi
ini dikernbangkan dengan cara menganalisis penyebab krisis energi, yang didukung
oleh analisis situasi dengan menggunakan SWOT (strength, weaknesses, opportunities,
dan threats) yang dihadapi oleh negara. Dengan mengunakan studi kasus dari Britania
dan Indonesia, hasil-hasilnya menyodorlcan strategi-strategi alternatif guna
menangani krisis yang mencakup penghematan energi yang berasal dari fosil dan
mengembangkan energi alternatif.
"
Jurnal Kajian Wilayah Eropa Vol. 4 No. 1 2008: 81-94, 2008
JKWE-4-1-2008-81
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Hilda Swandani Prastiti
"Setelah mengalami masa puncak produksi minyak bumi yang ke dua di Tahun 1998, produksi minyak bumi perlahan mulai menurun hingga saat ini. Pertambahan populasi penduduk dan berkembangnya kegiatan ekonomi membawa dampak peningkatan kebutuhan kebutuhan akan energi. Berdasarkan bauran energi Indonesia, pemanfaatan energi baru terbarukan hingga saat ini masih sangat sedikit, sehingga pemenuhan kebutuhan energi masih sangat tergantung pada energi tak terbarukan termasuk minyak bumi. Di sisi lain, energi fosil dianggap sebagai penyumbang emisi Gas Rumah Kaca yang menyebabkan terjadinya perubahan iklim. Letak geografis Indonesia menjadikan negara ini sangat rentan dengan dampak perubahan iklim yang dapat mengakibatkan terjadinya berbagai bencana hidrometeorologi. Indonesia sebagai pihak dalam Perjanjian Paris memiliki target penurunan emisi sebagaimana telah disampaikan dalam Nationally Determined Contribution melalui usaha sendiri dan  sebesar 41% apabila terdapat bantuan internasional pada Tahun 2030. Menyinergikan peningkatan produksi dengan pengurangan emisi melalui pemanfaatan CO2 yang dihasilkan dari berbagai aktifitas industri maupun dari proses produksi minyak dan gas bumi  menjadi harapan besar bisa menjadi salah satu solusi dalam  upaya peningkatan produksi minyak bumi dan sekaligus langkah pengurangan emisi. Pemerintah tengah mendorong agar CO2-Enhanced Oil Recovery dapat menjadi wujud sinergi tersebut. Namun demikian beberapa isu masih menjadi hambatan penerapan metode tersebut terutama dari sisi regulasi. Hasil penelitian dengan menggunakan metode yuridis normatif menunjukkan CO2-Enhanced Oil Recovery dapat menjadi solusi peningkatan produksi dan sekaligus upaya pengurangan emisi namun diperlukan dukungan regulasi dan kebijakan yang tepat harus disusun Pemerintah dengan tetap memperhatikan tujuan untuk  sebesar-besar kemakmuran rakyat.

After the second peak of oil production in 1998, oil production slowly began to decline until now. The increase of population and the development of economic activities have the impact on increasing the need for energy. Indonesia's energy mix shows that the utilization of renewable energy is still very limited, so that the fulfillment of energy needs is still highly dependent on non-renewable energy including oil. On the other hand, fossil energy is considered as the contributor to greenhouse gas emissions that cause climate change. Indonesia's geographical location makes this country very vulnerable to the impacts of climate change which might result in various hydrometeorological disasters. Indonesia as a party to the Paris Agreement has an emission reduction target as stated in the Nationally Determined Contribution to reduce greenhouse gas emissions by 29% through its own efforts and by 41% with international assistance in 2030. Synergizing oil production increase with emissions reduction through the use of CO2 generated from various industrial activities as well as from the production process of oil and gas is a great hope that it can be one of the solutions in efforts to increase oil production and at the same time reduce emissions. The government is strongly supporting CO2-Enhanced Oil Recovery to be a form of this synergy. However, some issues still become the obsctacle, especially from a regulatory perspective. The result of the research using the normative juridical method shows that CO2-Enhanced Oil Recovery can be a solution to increase production and at the same time reduce emissions, but it is necessary to support the regulations and policies that the Government must prepare while taking into account the goal for the greatest prosperity of the people. "
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Indonesia is country having a big biomass potential.This is proven by the fact tahat experts from many developed countries have visited Indonesia to explore and to utilize biomass waste
"
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Made Harimbawa
"ABSTRAK
Penggunaan bahan bakar fosil selama ini menghadirkan dua permasalahan utama, yaitu kerusakan lingkungan akibat emisi gas rumah kaca, serta persoalan ketersediaan energi. Untuk mengatasinya, penganekaragaman sumber energi menjadi agenda yang penting. Walaupun saat ini telah banyak terobosan IPTEK serta semakin menguatnya desakan untuk beralih kepada teknologi energi terbarukan, porsi bahan bakar fosil di dalam sistem energi Indonesia masih sangat tinggi. Diduga, salah satu sebabnya adalah path dependence atau alur ketergantungan yang ldquo;mengunci rdquo; teknologi dan institusi yang ada untuk terus-menerus menggunakan sumber energi fosil yang kemudian menghambat perkembangan pemanfaatan sumber energi lainnya, termasuk energi terbarukan. Hasil pengujian empiris ternyata mendukung dugaan tersebut: persistensi pemanfaatan bahan bakar fosil di dalam bauran energi Indonesia sangat tinggi. Keberadaan path dependence menyulitkan Indonesia keluar dari ketergan-tungannya terhadap sumber energi fosil.

ABSTRACT
Current fossil fuels use has created two major issues environmental damage from greenhouse gas emission and energy security. Solving these problems must involve diversification of energy sources. Development in science and technology, along with increasing demand for shifting to cleaner and renewable energy sources in the recent decades have not changed the proportion of fossil fuel in Indonesia energy mix. One explanation to this phenomenon is the existence of path dependence that locks Indonesia rsquo s technological systems and institutions into cycles of fossil fuels consumption, therefore limiting the development of alternative technologies. Empirical evidence suggests that this is the case persistence of fossil fuels in Indonesia is very high. The existence of path dependence creates barriers, making it difficult for Indonesia to get out from its dependency on oil, coal, and natural gas."
2017
T47806
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizq Atika Maso
"Konsumsi bahan bakar fosil diungkapkan menjadi salah satu alasan utama masalah degradasi lingkungan dan menjadi perhatian beberapa tahun belakangan ini. Kendaraan listrik sebagai inovasi yang berkelanjutan memiliki potensi untuk mengurangi emisi CO2 dan konsumsi bahan bakar fosil. Tetapi hingga tahun 2021, penjualan kendaraan listrik di Indonesia belum mencapai target yang diinginkan. Maka dari itu penting untuk mengetahui preferensi atau ekspektasi masyarakat terhadap kendaraan listrik. Riset ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi niat konsumen untuk mengadopsi kendaraan listrik di Indonesia. Penelitian ini menggunakan Combined Theory Acceptance Model-Theory of Planned Behavior (C-TAM-TPB). Hasil dari penelitian terhadap 537 responden ini adalah perceived usefulness tidak berpengaruh langsung terhadap niat pembelian kendaraan listrik tetapi dapat mempengaruhi bersama price value  dan perceived of ease of use melalui attitude. Subjective norm, perceived behavioral control, Attitude, environmental self-image, price value, dan personal innovativeness secara positif serta infrastructure barrier dan perceived risk secara negatif dapat mempengaruhi niat membeli kendaraan listrik di Indonesia.Personal innovativeness juga dapat melemahkan resiko yang dirasakan oleh responden terhadap keinginan membeli kendaran listrik

Fossil fuels consumption is revealed to be one of the main reasons for environmental degradation and has become a concern in recent years. Electric vehicles as a sustainable innovation have the potential to reduce CO2 emissions and fossil fuels consumption. However until 2021, sales of electric vehicles in Indonesia have not reached the desired target. Therefore, it is important to know people's preferences or expectations for electric vehicles. The purpose of this study is to identify the factors that influence consumer intentions to adopt electric vehicles in Indonesia. This study uses the Combined Theory Acceptance Model-Theory of Planned Behaviour (C-TAM-TPB). Samples for the pre-tests were obtained through respondents who have knowledge of electric vehicles and were selected using the judgmental sampling method. The results of this study on 537 respondents are that perceived usefulness does not directly affect the purchase intention of electric vehicles but can affect indirectly together with perceived of ease of use and price value through attitudes. Attitudes, subjective norms, perceived behavioral control, environmental self-image, price value, and personal innovativeness positively and infrastructure barrier and perceived risks negatively can affect the intention to buy electric vehicles in Indonesia, as well as personal innovativeness can decrease perceived risk to intention to buy electric vehicle."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library