Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wednesson Lawijaya
Abstrak :
ABSTRAK
Cerobong adalah struktur yang tinggi yang terdiri dari Inner Flues dan Windshield. Mekanisme tahan gempa struktur ini dapat diraih dengan memasang Tie Rods dan Elastomeric Rubber Bearing. Fokus dari riset ini adalah menganalisa efektifitas Tie Rods dalam mengurangi dampak gempa terahadap struktur Inner Flues. Hasil memperlihatkan bahwa variasi kekakuan Tie Rods tidak berdampak siknifikan terhadap respon struktur windshield. Struktur Inner Flue tidak berfungsi sebagai Tuned Mass Damper karena massa-nya relatif sangat ringan. Tetapi, Tie Rods sangat mempengaruhi respon Inner Flues. Respon Inner Flues yang optimal adalah pada saat kekakuan Tie Rod?s berkurang seiring bertambahnya ketinggian struktur tersebut.
ABSTRACT
Chimney is a tall tubular structure consisting inner flue and windshield. Its Earthquake resistance mechanism can be achieved by installing elastomeric rubber bearings and Tie Rods. The focus of this research is to analyze the effectiveness of Tie Rods in reducing seismic impact to the inner flues. The results show that the change in Tie Rods? stiffness variation does not affect the response of the windshield. Inner Flue does not function as tuned mass damper as its mass is relatively small. But Tie Rods strongly affect Inner Flues? responses. Inner Flues responses are optimal when Tie Rod?s stiffness is varied increasingly down through the lower elevation of the structure.
2016
S65743
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wednesson Lawijaya
Abstrak :
Cerobong adalah struktur yang tinggi yang terdiri dari Inner Flue dan Windshield. Mekanisme penahan gempa struktur ini dapat diraih dengan memasang bantalan karet elastomer. Riset ini memperlihatkan bahwa semakin besar kapasitas leleh karet elastomer, semakin serupa responya dengan struktur berperletakkan sendi. Kapasitas leleh dan kekakuan geser yang rendah menghasilkan gaya geser dasar yang sangat rendah. Bantalan karet elastomer dapat mereduksi simpangan struktur sebesar 67.4%, Gaya geser dasar sebesar 72.16%, Tegangan elemen tulangan S22 dan S11 sebesar 75.6% dan 73.7%, tegangan elemen beton S22 dan S11 sebesar 55.7% dan 74.6%, Dengan ini tulangan baja pada struktur terhindar dari kelelehan dan mereduksi tegangan akibat gempa yang terkonsentrasi pada daerah bawah dan 1/3 dari ketinggian struktur. ......Chimney is a tall tubular structure consisting inner flue and windshield. Its earthquake resistance mechanism can be achieved by installing rubber isolator, such as, the elastomeric rubber bearing. This research shows the higher the yield capacity of the rubber isolator the more resemblance its response with pin supported structure. Lower yield capacity and shear stiffness produces the lowest base shear. Elastomeric rubber bearing can reduce structure drift up to 67.4%, base shear up to 72.16%, bar element S22 and S11 stresses up to 75.6% and 73.7%, concrete element S22 and S11 stresses up to 55.7% and 74.6% respectively. Thus, preventing reinforcing bar from yielding and reduces the overall earthquake induced stresses that is concentrated around the bottom and 1/3 of its elevation.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
T48911
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hansel Loshaless
Abstrak :
ABSTRAK
Pada perkembangan desain moderen, aspek arsitektural dari jembatan harus di ekspresikan dalam desain struktur. Rangka pada jembatan akan lebih menarik secara visual jika tidak memiliki rangka diagonal, sehingga jembatan dengan sistem balok menerus atau sitem rangka vierendeel merupakan pilihan yang tepat. Penelitian ini berfokus pada respon seismik dari struktur jembatan balok menerus dan jembatan vierendeel dengan memvariasikan kekakuan elastomeric rubber bearing, kekakuan pilar, panjang bentang jembatan, dan jenis pilar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem rangka vierendeel lebih efisien dibandingkan sistem balok menerus.
ABSTRACT
In the development of modern design, the architectural aspects of the bridge must be expressed in the design of the structure. The frame on the bridge will be more visually appealing if it does not have any diagonal frame, so a bridge with a continuous beam system or vierendeel system is the right choice. This study focuses on the seismic response of the continuous bridge beam structure and vierendeel bridge by varying elastomeric rubber bearing stiffness, pillar rigidity, the span of the bridge, and pillar type. The results showed that the vierendeel frame was more efficient than continuous beam system.
2017
S68286
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library