Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Armano Sarza
Abstrak :
Green capitalism merupakan sebuah konsep ekonomi yang menyatukan sistematika ekonomi dan lingkungan sebagai langkah mereduksi kerusakan lingkungan dalam kapitalisme konvensional yang telah hadir terlebih dahulu. Green capitalism melakukan ekspansi terhadap energi terbarukan yang dinilai lebih ramah lingkungan. Hal tersebut memunculkan permasalahan terkait eksploitasi baru atas sumber daya, yang berakibat pada kecenderungan green capitalism dalam ketidaktercapaian dalam mereduksi kerusakan lingkungan. Green capitalism menimbulkan sebuah ilusi terkait hasrat, di mana green capitalism terus di dorong meskipun tidak berorientasi seratus persen pada lingkungan. Deleuze Guattari menjelaskan manusia sebagai mesin hasrat yang selalu memproduksi hasrat dan bertukar simbol. Hasrat manusia yang tidak terbatas menimbulkan sebuah konsumsi atas eksklusivitas, sehingga memunculkan keberlanjutan dalam komoditas hijau. Manusia sebagai mesin hasrat akan selalu bertukar simbol yang membuat perkembangan green capitalism bergerak masif di dalam akumulasi sosial. Penulis menemukan bahwa ilusi green capitalism hadir dan terus dikonsumsi oleh masyarakat di balik ketidaktercapaiannya dalam menyelamatkan lingkungan. ......Green capitalism is an economic concept that unifies economic and environmental systematics as a step to reduce environmental damage rooted in conventional capitalism that was present beforehand. Green capitalism is expanding into renewable energy which is considered more environmentally friendly. This raises problems related to new exploitation of resources, which results in the tendency of green capitalism in not achieving reduction of environmental damage. Green capitalism creates an illusion related to desire, where green capitalism continues to be pushed even though it is not one hundred percent oriented towards the environment. Deleuze Guattari describes humans as desire machines that are always producing desires and exchanging symbols. Unlimited human desires give rise to a consumption of exclusivity, so that exclusivity will continue to be consumed, giving rise to sustainability in green commodities. Humans as desire machines will always exchange symbols. So that the development of green capitalism moves massively in social accumulation. The author finds that the illusion of green capitalism is present and continues to be consumed by the people behind their failure to save the environment.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Priyandini
Abstrak :
Studi ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh ibu bekerja terhadap pemberian ASI di Indonesia, baik durasi dan eksklusivitasnya menggunakan data Susenas 2013. Hasil analisis data life time menunjukkan bahwa durasi pemberian ASI pada anak berumur balita yang mempunyai ibu bekerja paruh waktu tidak berbeda dengan ibu yang bekerja penuh waktu. Anak berumur balita yang Ibu bekerja pada orang lain di sektor industri berpengaruh signifikan dan negatif terhadap durasi pemberian ASI. Hasil analisis regresi logistik biner menunjukkan bahwa anak berumur balita yang mempunyai ibu bekerja pada orang lain di sektor industri memiliki pengaruh signifikan dan negatif terhadap kecenderungan pemberian ASI eksklusif.
This research aims to study the effects of working mother on breastfeeding pattern in Indonesia, both on the duration and its exclusivity using Susenas 2013 data. The results of life time data analysis showed children aged under five who have a mother working part-time is not different from the mothers who work full-time in breastfeeding duration. Children aged under five whose mother works as employee in industrial sector have significant and negative effect on breastfeeding duration. The results of binary logistic regression analysis showed that children aged under five who have a mother working as employee in industrial sector have significant and negative effect associated with exclusive breastfeeding.
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Parlindungan, Pieter Hans
Abstrak :
Industri layanan Video on Demand berbasis langganan saat ini merupakan salah satu pasar platform yang termasuk baru dan sedang berkembang pesat salah satunya di Indonesia. Persaingan antar platform yang dinamis dan bergantung pada strategi eksklusivitas menimbulkan pertanyaan akan strukrur persaingan dalam pasar serta faktor-faktor yang mempengaruhi loylaitas dan perilaku berlangganan konsumen salah satunya dalam hal multihoming di tengah fragmentasi konten. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menyelediki karakteristik struktur persaingan pasar SVOD di Indonesia serta kuantitatif inferensial terhadap 211 responden dengan analisis PLS-SEM pada model ekstensi Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT 2) untuk meneliti loyalitas dan perilaku multihoming. Hasil Penelitian menunjukkan struktur persiangan pasar oligopoli Bertrand dengan produk yang terdiferensiasi. Sementara faktor yang berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan SVOD yaitu content, price value, performance expectancy, habit, consumer satisfaction dan social influence. Eksklusivitas juga berpengaruh positif secara tidak langsung melalui variabel content. Selain itu, pelanggan SVOD Indonesia masih cenderung melakukan singlehoming, namun keinginannya melakukan multihoming dipengaruhi oleh faktor performance expectancy dan social influence. ......The Subscription-based Video on Demand (SVOD) industry is currently one of the fastest growing emerging platform market, including in Indonesia. The dynamic competition between platforms that relies on exclusivity strategy raises the question of the current market structure as well as the factors affecting consumer loyalty and subscribing behavior especially in the case of multihoming in the face of fragmented content. This research applies quantitative descriptive analysis to investigate SVOD market structure characteristics in Indonesia, while also analysing the loyalty and multihoming behavior of 211 respondents using extended UTAUT2 model with PLS-SEM approach. The result of the study suggests Bertrand oligopoly with differentiated product as the current SVOD market structure in Indonesia. Meanwhile, the factors affecting SVOD consumer loyalty includes content, price value, performance expectancy, habit, consumer satisfaction, as well as social influence. Exclusivity as part of product diferentiation strategy also affects continuance intention indirectly through content. In addition, based on the survey result, SVOD subscribers in Indonesia still tend to singlehome, but the intention to multihome is affected mainly by the performance expectancy of multiple subscription as well as social influence.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Gifari Ashari
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis bagaimana praktik eksklusivitas distribusi digital oleh Sony PlayStation merupakan potensi penyalahgunaan posisi dominan menurut hukum persaingan usaha di Indonesia dan bagaimana peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha dalam menghadapi kasus penyalahgunaan posisi dominan melalui praktik eksklusivitas distribusi digital di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan mengkaji berbagai teori, konsep, asas hukum, serta peraturan perundang-undangan yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik eksklusivitas distribusi digital yang dilakukan oleh Sony PlayStation berpotensi melanggar hukum persaingan usaha di Indonesia karena melakukan penyalahgunaan posisi dominan dengan menetapkan syarat-syarat perdagangan yang berakibat pada terhalangnya konsumen atau pengguna Sony PlayStation dalam memperoleh produk bersaing, baik dari segi harga maupun kualitas. Selanjutnya, penanganan Komisi Pengawas Persaingan Usaha terhadap kasus serupa yang terjadi di Indonesia belum sepenuhnya efisien. Oleh karena itu, perlu pengawasan lebih lanjut terhadap praktik eksklusivitas distribusi digital oleh Sony PlayStation di Indonesia dan peningkatan efisiensi Komisi Pengawas Persaingan Usaha dalam menangani kasus eksklusivitas distribusi digital di Indonesia. ......This research analyze how Sony PlayStation's practice of digital distribution exclusivity is a potential abuse of dominant position according to business competition law in Indonesia and the role of the Business Competition Supervisory Commission in dealing with cases of abuse of dominant position through digital distribution exclusivity practices in Indonesia. The research method used in this research is normative juridical by examining various theories, concepts, legal principles and statutory regulations that are relevant in this research. The results of this research conclude that the digital distribution exclusivity practice carried out by Sony PlayStation has the potential to violate business competition law in Indonesia because it abuses its dominant position by setting trade terms which result in the obstruction of Sony PlayStation consumers or users in obtaining competitive products, both in terms of price and quality. Furthermore, the Business Competition Supervisory Commission's handling of similar cases that occurred in Indonesia has not been completely efficient. Therefore, there is a need for further supervision of digital distribution exclusivity practices by Sony PlayStation in Indonesia and increasing the efficiency of the Business Competition Supervisory Commission in handling cases of digital distribution exclusivity in Indonesia.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Gifari Ashari
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis bagaimana praktik eksklusivitas distribusi digital oleh Sony PlayStation merupakan potensi penyalahgunaan posisi dominan menurut hukum persaingan usaha di Indonesia dan bagaimana peran Komisi Pengawas Persaingan Usaha dalam menghadapi kasus penyalahgunaan posisi dominan melalui praktik eksklusivitas distribusi digital di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan mengkaji berbagai teori, konsep, asas hukum, serta peraturan perundang-undangan yang relevan dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa praktik eksklusivitas distribusi digital yang dilakukan oleh Sony PlayStation berpotensi melanggar hukum persaingan usaha di Indonesia karena melakukan penyalahgunaan posisi dominan dengan menetapkan syarat-syarat perdagangan yang berakibat pada terhalangnya konsumen atau pengguna Sony PlayStation dalam memperoleh produk bersaing, baik dari segi harga maupun kualitas. Selanjutnya, penanganan Komisi Pengawas Persaingan Usaha terhadap kasus serupa yang terjadi di Indonesia belum sepenuhnya efisien. Oleh karena itu, perlu pengawasan lebih lanjut terhadap praktik eksklusivitas distribusi digital oleh Sony PlayStation di Indonesia dan peningkatan efisiensi Komisi Pengawas Persaingan Usaha dalam menangani kasus eksklusivitas distribusi digital di Indonesia. ......This research analyze how Sony PlayStation's practice of digital distribution exclusivity is a potential abuse of dominant position according to business competition law in Indonesia and the role of the Business Competition Supervisory Commission in dealing with cases of abuse of dominant position through digital distribution exclusivity practices in Indonesia. The research method used in this research is normative juridical by examining various theories, concepts, legal principles and statutory regulations that are relevant in this research. The results of this research conclude that the digital distribution exclusivity practice carried out by Sony PlayStation has the potential to violate business competition law in Indonesia because it abuses its dominant position by setting trade terms which result in the obstruction of Sony PlayStation consumers or users in obtaining competitive products, both in terms of price and quality. Furthermore, the Business Competition Supervisory Commission's handling of similar cases that occurred in Indonesia has not been completely efficient. Therefore, there is a need for further supervision of digital distribution exclusivity practices by Sony PlayStation in Indonesia and increasing the efficiency of the Business Competition Supervisory Commission in handling cases of digital distribution exclusivity in Indonesia.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library