Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Bayu Priyantoro
Abstrak :
Sistem injeksi bahan bakar telah dikembangkan sejak lama. Namun umumnya sistem injeksi bahan bakar tersebut digunakan pada mesin mobil. Dengan berbagai sebab, penggunaan sislem ini pada mesin motor dengan sifinder tunggal masih belum luas. Dengan penggunaan sistem injeksi bahan bakar, debit bahan bakardapat dikontrol sesuai dengan parameter mesin seperli putaran mesin, debit udara yang masuk, temperatur, untuk setiap siktus, pada semua kondisi mesin. Pene!itian sistem injeksi bahan bakar ini dilakukan untuk mengetahui efisiensi volumetris sistem intake manifold, kebutuhan bahan bakar untuk setlap siklus mesin, dan karakteristik mesin pada setiap kondisi yang diujikan. Penetitian sistem in]eksi bahan bakar untuk mesin satu silinder dengan sikfus Otto empat Jangkah, dilakukan pada mesin Honda CB100. Penelftian diJaksanakan di Laboratorium Pembakaran dan Energi Jurusan Mesin FTUI. Data ekperimen dalam penelillan ini menunjukkan karakteristik lama buka injektor sesuai dengan fungsi putaran mesin, tekanan intake, pada mesin satu silinder. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai efisiensi volumetris yang balk dengan desain intake manifold hasi/ simulasi CFD. ......Fuel Injection System has been developed for many years. But its common application is limited on car's engine. With many reasons fuel injection system in moto!Cycle one cylinder engine has not been widely used yet. Fuel Injection System allows the amount of fuel injected to be controffed appropriate to engine parameters such as engine speed, amount of air inducted to cylinder, temperature, tor each cycle, aver the entire engine operating conditions. This fuel injection research is done to find out the Volumetric Efficiency of the intake manifold system, the amount of fuel need to be injected for each engine cycle. and the engine characteristics over test conditions. Fuel Injection System in one cylinder four stroke Otto cycle engine is researched on Honda CB100 engine, at Combustion and Energy Laboratory of Mechanical Engineering Department, Engineering Faoufty Universily of indonesia. Experiment data from this research shows the characteristics of injector duration as functions oteng;ne speed, intake pressure, on one cylinder engine. The results of this research show a good Volumetric Efficiency of the intake manifold designed using CFD.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37186
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Brian Utama
Abstrak :
Efisiensi volumetris adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja suatu rancang bangun motor baker empat langkah. Efisiensi votumetris tersebut dipengaruhi oleh Iuas penampang rancangan intake. Intake dengan luas penampang Ialuan yang berubah akan mampu menghasilkan efisiensi volumetris yang lebih baik pada tiap tingkat kecepatan mesin. Hasil pengujian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan akselerasi pads kecepatan pertengahan bila dibandingkan dengan intake standar maupun intake dengan penampang besar. ......Engine performance is affect by its volumetric efllciency. One of the factor that can affect the volumetric efficiency is the cross section area of the intake runner pipe. Intake runner with variable cross section area will improve the better volumetric efnciency in wider engine speed range. The test result shows the increasing of the mid range acceleration compare to the stock intake manifold and the large intake manifold.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S37242
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library