Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dita Siti Nurhayati Anastasia Diliani
Abstrak :
This study introduces Public Leader Organization Scale (POLS) as the tool to identify the effectiveness of leadership in a public organization. To show the reliability and validity of this tool, a case study of subjective evaluation is addressed to three former and one active government leaders. The implication of the study is twofold: first that it shows POLS as an appropriate tool to be used in identifying public leaders' performance. This study finds that leader's consistency, listening communication skills, managing resources skill and exchange tactics become the strongest behaviors associated to government performance. Second, among these behaviors, leaders' personal integrity (consistency) is considered to contribute more to the region's performance rather than the leader's skills or the leader's influence. In essence, we believe that the current study findings will enrich the existing theory of leadership particularly in public organization issues.

Penelitian ini memperkenalkan Skala Pengukuran Pemimpin Organisasi Publik atau Public Leader Organization Scale (POLS) sebagai suatu instrument untuk mengidentifikasi efektivitas kepemimpinan suatu organisasi publik. Untuk menunjukkan reliabilitas dan validitas instrument tersebut, sebuah studi kasus yang bersifat subjektif dilakukan terhadap tiga mantan kepala daerah dan satu orang kepala daerah yang masih aktif. Implikasi dari studi ini ada dua, yaitu pertama, bahwa POLS dapat menjadi instrument yang tepat untuk digunakan dalam mengidentifikasi kinerja pemimpin publik dimana dalam studi ini ditemukan bahwa konsistensi, kemampuan komunikasi mendengar, keahlian mengatur sumber daya dan kemampuan negosiasi merupakan prilaku terkuat yang dikaitkan dengan kinerja pemerintah. Kedua, studi ini juga menemukan bahwa diantara prilaku-prilaku tersebut, integritas pemimpin (konsistensi) menunjukkan pengaruh yang lebih besar terhadap kinerja daerah daripada keahlian yang dimilikinya atau kemampuan persuasifnya. Pada intinya, temuan pada studi ini diharapkan akan menambah kasanah teori kepemimpinan yang ada khususnya terkait dengan organisasi publik.
National Cheng Chi University, 2016
pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Novianthi Dian Purnamawati
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek mediasi komitmen afektif pada hubungan persepsi karyawan terhadap dukungan organisasi dan intensi meninggalkan organisasi. Sampel penelitian melibatkan 96 Customer Service Officer CSO inbound Contact Center X Jakarta yang bergerak di bidang jasa layanan kebutuhan daya listrik. Data dianalisa dengan menggunakan Hayes rsquo;s PROCESS macro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen afektif terbukti memediasi hubungan antar kedua variabel tersebut. Dengan demikian, intervensi terhadap peningkatan persepsi terhadap dukungan organisasi perlu dilakukan agar dapat meningkatkan komitmen afektif dan menurunkan intensi meninggalkan organisasi. Bentuk rancangan yang disusun berupa peningkatan keterampilan atasan dalam memberikan umpan balik kinerja efektif untuk CSO inbound.
This study aims to investigate the mediating effect of affective commitment in the relationship between perceived organizational support and turnover intention. Data were collected from inbound Customer Service Officer CSO Contact Center X Jakarta which operating in service of electricity needs N 96 . Data were analyzed using Hayes PROCESS macro. Results showed that affective commitment mediated the relationship on that two variables so one practice to increase perceived organizational support is offered in order to increase affective commitment and reduce turnover intention. The intervention was designed to increase supervisor skill in giving effective performance feedback for inbound CSOs.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48001
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library