Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Pohan, Mahardhika Athala
"Greenhouse effect semakin terasa akibat jumlah gas emisi karbon di udara terus meningkat. Hal tersebut tidak lepas dari peran Indonesia sebagai penyumbang gas emisi karbon dunia, sekitar dua persen (2%). Salah satu sumber penyumbang gas emisi karbon adalah sektor transportasi, seperti industri otomotif. Industri otomotif menyebabkan penggunaan energi fosil meningkat, sehingga pembuangan gas emisi karbon di udara juga meningkat. Pemerintah Indonesia berusaha untuk mengurangi dampak negatif melalui inisiatif program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (EVs) untuk transportasi jalan. Namun, produk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (EVs) belum familiar di kalangan konsumen Indonesia. Oleh karena itu, penelitian untuk mengetahui intensi yang ditunjukkan konsumen terhadap perilaku pembelian produk tersebut menarik untuk diketahui. Penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan online survey kepada pemilik mobil yang mengetahui informasi seputar produk electrified vehicles di Indonesia. Sebanyak 156 data yang terkumpul diolah menggunakan Partial Least Square-Structural Equation Modelling (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tiga determinan Theory of Planned Behaviour dan satu determinan tambahan (Willingness to Pay) berpengaruh signifikan dalam membentuk niat perilaku konsumen. Penggunaan variabel moderasi willingness to pay hanya mampu memperkuat pengaruh subjective norm terhadap purchase intention. Hasil penelitian diharapkan mampu membantu pemerintah maupun pihak manajerial otomotif dalam mengetahui intensi konsumen Indonesia terhadap electrified vehicles.
The greenhouse effect is becoming more noticeable as the amount of carbon gas emissions in the atmosphere continues to rise. This is inextricably linked to Indonesia's role as a contributor to 2% of global gas emissions. The transportation sector, such as an automobile industry is the one of source of carbon emissions. The automotive sector promotes the usage of fossil fuels, hence rising carbon emissions in the atmosphere. Through a battery-powered motor vehicles (EVs) initiative program for road transportation, the Indonesian government tries to mitigate the negative effects of the automobile industry. However, battery-powered motor vehicles (EVs) might still be considered unfamiliar among Indonesian consumers. As a result, it would be fascinating to learn consumer’s purchase intention to this product. This study uses a purposive sampling with an online survey sent to automobile owners in Indonesia who are informed about electrified vehicles. A total of 156 data will be analyzed using Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). The research reveals that three Theory of Planned Behavior factors and one extra variable (Willingness to Pay) had an influence on customer intention. The moderating variable of willingness only could strengthen the influence of subjective norm on purchase intention. The research findings are likely to help the government and the automobile industry to understand the level of behavioural intention among Indonesian customers in electrified vehicles."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Amira Karin Khairana
"Perspektif kapitalis budaya mengasumsikan bahwa kebebasan kreativitas musisi dibatasi oleh logika industri yang berorientasi mencari keuntungan, oleh karena itu penelitian sebelumnya mengidentifikasi musisi indie bawah tanah bernegosiasi dengan perusahaan rekaman arus utama untuk mempromosikan subkultur yang berbeda dari genre dominan. Tulisan akademis ini bertujuan untuk memahami taktik grup musik indie bawah tanah “Efek Rumah Kaca”, sebagai negosiasi terhadap musik arus utama dominan dan sebagai produksi budaya DIY yang kreatif/ inovatif, untuk bertahan dalam industri musik kapitalis. Dengan menggunakan metode analisis tematik konten, bentuk negosiasi yang terjadi diidentifikasi melalui representasi teks khususnya lirik lagu dari karya musik Efek Rumah Kaca. Hasil analisis memperlihatkan bahwa Efek Rumah Kaca menegosiasikan musik arus utama dengan mengadopsi praktik dan simbol dari industri musik populer, ke dalam tindakan alternatif mereka sendiri yang otonom serta kreatif/ inovatif. Bentuk negosiasi juga ditemukan dalam lagu-lagu bergenre indie pop mereka, yang dalam liriknya menyuarakan kepedulian terhadap isu sosial-politik, moral, agama, dan budaya, sebagai kritik terhadap institusi dominan di masyarakat serta industri musik populer arus utama yang kapitalis. Guna bertahan dalam industri musik kapitalis, grup musik indie bawah tanah ini menciptakan ruang khusus (niche space) dengan memaksimalkan capital dan arena (field) yang dikuasai untuk produksi budaya DIY yang mementingkan estetika, serta memanfaatkan sekaligus mengklaim legitimasi/ otoritas budaya setempat.
The cultural capitalist perspective assumes that musicians' freedom of creativity is limited by the industrial logic of profit laden, hence previous studies identified underground indie musicians negotiate with the mainstream recording company to promote a distinct subculture from the dominant genre. This academic paper aims to understand the tactics employed by underground indie music group “Efek Rumah Kaca”, as a form of negotiation between dominant mainstream music and indie musicians which represent creative/innovative DIY cultural production, to survive in the capitalist music industry. Employing thematic content analysis method, the findings suggest the form of negotiation that was occured could be identified through text representation, especially the song lyrics of the musical product of Efek Rumah Kaca. Moreover, Efek Rumah Kaca negotiates with mainstream music by adopting practices and symbols of the popular music industry, into their own autonomous and creative/innovative alternative acts. The form of negotiation is also found in their indie pop songs, which in the lyrics express concern for socio-political, moral, religious and cultural issues, as a critique of the dominant institutions in society and the capitalist mainstream popular music industry. In order to survive in the capitalist music industry, this underground indie music group creates a niche space by maximizing their capital and field for the production of DIY culture that emphasizes aesthetics, as well as utilizing and claiming the legitimacy/authority of local culture."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Amira Karin Khairana
"Perspektif kapitalis budaya mengasumsikan bahwa kebebasan kreativitas musisi dibatasi oleh logika industri yang berorientasi mencari keuntungan, oleh karena itu penelitian sebelumnya mengidentifikasi musisi indie bawah tanah bernegosiasi dengan perusahaan rekaman arus utama untuk mempromosikan subkultur yang berbeda dari genre dominan. Tulisan akademis ini bertujuan untuk memahami taktik grup musik indie bawah tanah “Efek Rumah Kaca”, sebagai negosiasi terhadap musik arus utama dominan dan sebagai produksi budaya DIY yang kreatif/ inovatif, untuk bertahan dalam industri musik kapitalis. Dengan menggunakan metode analisis tematik konten, bentuk negosiasi yang terjadi diidentifikasi melalui representasi teks khususnya lirik lagu dari karya musik Efek Rumah Kaca. Hasil analisis memperlihatkan bahwa Efek Rumah Kaca menegosiasikan musik arus utama dengan mengadopsi praktik dan simbol dari industri musik populer, ke dalam tindakan alternatif mereka sendiri yang otonom serta kreatif/ inovatif. Bentuk negosiasi juga ditemukan dalam lagu-lagu bergenre indie pop mereka, yang dalam liriknya menyuarakan kepedulian terhadap isu sosial-politik, moral, agama, dan budaya, sebagai kritik terhadap institusi dominan di masyarakat serta industri musik populer arus utama yang kapitalis. Guna bertahan dalam industri musik kapitalis, grup musik indie bawah tanah ini menciptakan ruang khusus (niche space) dengan memaksimalkan capital dan arena (field) yang dikuasai untuk produksi budaya DIY yang mementingkan estetika, serta memanfaatkan sekaligus mengklaim legitimasi/ otoritas budaya setempat.
The cultural capitalist perspective assumes that musicians' freedom of creativity is limited by the industrial logic of profit laden, hence previous studies identified underground indie musicians negotiate with the mainstream recording company to promote a distinct subculture from the dominant genre. This academic paper aims to understand the tactics employed by underground indie music group “Efek Rumah Kaca”, as a form of negotiation between dominant mainstream music and indie musicians which represent creative/innovative DIY cultural production, to survive in the capitalist music industry. Employing thematic content analysis method, the findings suggest the form of negotiation that was occured could be identified through text representation, especially the song lyrics of the musical product of Efek Rumah Kaca. Moreover, Efek Rumah Kaca negotiates with mainstream music by adopting practices and symbols of the popular music industry, into their own autonomous and creative/innovative alternative acts. The form of negotiation is also found in their indie pop songs, which in the lyrics express concern for socio-political, moral, religious and cultural issues, as a critique of the dominant institutions in society and the capitalist mainstream popular music industry. In order to survive in the capitalist music industry, this underground indie music group creates a niche space by maximizing their capital and field for the production of DIY culture that emphasizes aesthetics, as well as utilizing and claiming the legitimacy/authority of local culture."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library