Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Rifqi Alfian Maulana
Abstrak :
Pendidikan sebagai salah satu bagian penting dalam pembangunan ekonomi telah dicanangkan sebagai tujuan negara Republik Indonesia. Oleh karena itu peningkatan kualitas pendidikan menjadi perhatian pemerintah dari tahun ke tahun. Namun, kebijakan pemerintah yang menetapkan reformasi pendidikan berupa penerapan ujian yang ketat bernama Ujian Nasional (UN) sejak tahun 2005 untuk meningkatkan performa siswa nyatanya telah gagal. Selama tahun 2006-2012 hasil survei PISA menunjukkan kemampuan matematika siswa Indonesia cenderung menurun. Alternatif pilihan pemerintah untuk mereformasi pendidikan Indonesia adalah dengan menerapkan market-type reform. Pendekatan ini mendorong lebih banyak pilihan sekolah negeri dan swasta dan menginsentif sekolah untuk berkompetisi satu sama lain. Dengan menggunakan data cross-section tahun 2015 dari seluruh sekolah menengah atas (SMA) di Provinsi DKI Jakarta, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bukti empiris adanya pengaruh persaingan terhadap output sekolah. Estimasi dilakukan dengan menggunakan estimasi OLS dengan nilai UN menjadi variabel dependen, tingkat persaingan sebagai variabel independen, dan beberapa karakteristik sekolah yang bersangkutan sebagai variabel kontrol. Adapun tingkat persaingan yang digunakan sebagai variabel independen adalah Hirschman-Herfindahl Indeks (HHI), gravity-based school competition index, dan nilai UN sekolah lain dalam satu kecamatan. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dengan indikator HHI, sekolah yang berada di wilayah (kecamatan) dengan tingkat persaingan tinggi maupun rendah sama-sama tidak mempengaruhi kualitas output sekolah. Namun, indikator gravity-based school competition index dan rata-rata UN sekolah lain (peer effects) memperlihatkan hasil bahwa sekolah terinsentif dengan persaingan sekolah.
Education, as an important part of economic development, has been proclaimed as the goal of the Republic of Indonesia. Therefore, improving the quality of education has become the attention of the government from year to year. However, government policies to reform education by conducting rigorous exam called the National Examination (UN) since 2005 to improve the performance of students, in fact, have failed. During 2006-2012, PISA survey results demonstrate the tendency of mathematical ability of Indonesian student to decrease. An alternative option to reform education in Indonesian is to implement a market-type reform. This approach encourages more choice of public and private schools and gives an incentive for schools to compete with each other. By using cross-section data in 2015 of all senior high schools (SMA) in Jakarta, this study aims to find empirical evidence of the influence of competition on schools' output. The estimation uses OLS with UN scores as the dependent variable, the level of competition as an independent variable, and some characteristics of the schools as control variables. The level of competition used as the independent variable is the Herfindahl-Hirschman Index (HHI), gravity-based school competition index, and the score of another UN school in the district. The HHI indicator shows that neither school in a district with high or low level of competition affects the output quality of the school. Meanwhile, the gravity-based school competition index and other school national examination score (peer effects) results show that schools are encouraged by the competition of schools nearby.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti Dian Kinasih
Abstrak :
Tesis ini secara garis besar berisikan penjelasan tentang dampak dari reformasi pendidikan tahun 1990 terhadap keberhasilan ekonomi Finlandia. Adapun, pembahasan yang diangkat dalam tesis ini setidaknya didasarkan oleh alasan yang ditandai dengan keberhasilan Finlandia tampil sebagai salah satu negara yang berhasil memajukan sektor pendidikannya hingga mampu mengembangkan model ekonomi berbasis based knowledge economy. Melalui model tersebut Finlandia kemudian berhasil mengembangkan inovasi-inovasi baru yang berbasiskan pada riset, sehingga secara langsung maupun tidak kemudian turut memberikan dampak bagi kemajuan perekonomian masyarakatnya. Dalam hal ini, pencapaian tersebut setidaknya tidak dapat dipisahkan dari penerapan reformasi pendidikan yang dilakukan oleh pemerintah Finlandia pada tahun 1990 dimana kala itu perekonomiannya juga tengah dilanda resesi yang cukup serius. Akibatnya, pemerintah Finlandia kemudian menjadikan reformasi pendidikan sebagai salah satu langkah yang diharapkan dapat membantu mengatasi resesi ekonomi yang tengah terjadi dalam kehidupan masyarakatnya. Hingga kemudian setelah reformasi pendidikan tersebut diterapkan, Finlandia akhirnya berangsur-angsur dapat memulihkan kondisi ekonominya menuju pada taraf yang lebih baik. Bahkan di samping itu, Finlandia juga berhasil meningkatkan kualitas aspek pendidikannya menjadi lebih berkualitas. Untuk itu, landasan teoritis yang kemudian dijadikan sebagai rujukan dalam tesis ini adalah berdasarkan pada sejumlah teori, seperti teori cognitivism, teori behaviorism, teori constructivism, teori inovasi, teori mekanisme kausal kebijakan, hingga teori kapital yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu. Selain itu, dalam memperoleh data-data yang dipergunakan sebagai dasar analisis, tesis ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara mendalam terhadap informan-informan terkait serta studi literatur untuk lebih memperkuat temuan dan analisis penelitian yang diperoleh. Terlebih, hasil dari penelitian dalam tesis ini kemudian menunjukkan bahwa reformasi pendidikan tahun 1990 telah memberikan dampak bagi keberhasilan ekonomi Finlandia melalui penerapan model ekonomi yang berorientasi pada inovasi-inovasi berbasis riset, sehingga akhirnya turut menjadi stimulus bagi kemajuan-kemajuan ekonomi yang dicapai setelahnya ......This thesis outlines an explanation of the impact of the 1990 education reforms on the success of the Finnish economy. Meanwhile, the discussion raised in this thesis is at least based on reasons marked by the success of Finland in appearing as one of the countries that has succeeded in advancing its education sector so that it is able to develop an economic model based on a knowledge economy. Through this model Finland then succeeded in developing new innovations based on research, so that it directly or indirectly contributed to the progress of the economy of its people. In this case, this achievement is at least inseparable from the implementation of education reforms carried out by the Finnish government in 1990 at which time the economy was also hit by a serious recession. As a result, the Finnish government then made education reform one of the steps that was hoped to help overcome the economic recession that was happening in the lives of its people. Until then after the educational reform was implemented, Finland was finally able to gradually restore its economic condition to a better level. Even in addition, Finland has also succeeded in improving the quality of its education aspects to be of higher quality. For this reason, the theoretical basis which is then used as a reference in this thesis is based on a number of theories, such as cognitivism theory, behaviorism theory, constructivism theory, innovation theory, theory of causal mechanisms of policy, to capital theory proposed by Pierre Bourdieu. In addition, in obtaining the data used as a basis for analysis, this thesis uses qualitative methods with in-depth interviews with related informants and literature studies to further strengthen the findings and analysis of the research obtained. Moreover, the results of the research in this thesis then show that the education reforms in 1990 had an impact on the success of the Finnish economy through the application of an economic model that was oriented towards research-based innovations, so that it eventually became a stimulus for the economic advances that were achieved thereafter
Depok: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library