Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Nata Chintana
Abstrak :
ABSTRAK Skripsi ini membahas mengenai gambaran permasalahan yang dihadapi oleh pekerja wanita dewasa awal, khususnya yang berprofesi sebagai tenaga pengajar (guru), strategi coping yang guru wanita dewasa awal tersebut lakukan serta dukungan sosial yang diterima oleh guru wanita dewasa awal tersebut dalam menghadapi permasalahan yang kerap mereka hadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru di Sekolah XYZ mempunyai beberapa permasalahan yang kerap mereka hadapi, baik permasalahan terkait dengan pekerjaan dan permasalahan diluar pekerjaan namun mempengaruhi kehidupan kerja. Strategi coping yang dilakukan oleh para pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru juga cukup efektif dengan penggabungan dua strategi coping, yaitu coping berfokus pada masalah dan coping berfokus pada emosi. Dukungan yang diterima pekerja dewasa awal yang berprofesi sebagai guru, berbentuk dukungan emosional, dukungan instrumental, dukungan informasi dan dukungan persahabatan, yang bersumber dari keluarga, rekan kerja, supervisor dan juga organisasi (dalam bentuk peraturan, kebijakan serta sistem).
ABSTRACT This thesis discuss the problems faced by early adult female workers, especially those who work as teachers, coping strategies that the early adult female performs and the social support received by these early adult female workers in dealing with problems that they often facing. This research is a qualitative research with descriptive design. The results of this study describe early adult workers who work as teachers at XYZ School having several problems that they often face, both problems related to work and problems outside of work but affect work life. Coping strategies performed by early adult workers who work as teachers are also quite effective, by combining two coping strategies, which is, problem-focused coping and emotional-focused coping. Support received by early adult workers who work as teachers, in the form of emotional support, instrumental support, information support and friendship support, which come from family, work colleagues, supervisors and organizations (in the form of regulations, policies and systems).
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library