Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lubis, Abdan Syakuro
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-satisfaction terhadap E-trust dan Reputation dalam Meningkatkan E-Loyalty pada Online Marketplace di Indonesia Studi kasus pada Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan Elevenia . Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Variabel yang diuji pada penelitian ini di antaranya e-satisfaction, e-trust, reputation dan e-loyalty. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 150 responden, pria dan wanita yang pernah mengunjungi online marketplace tersebut dalam tiga bulan terakhir. Analisis dari penelitian ini diolah dengan metode Structural Equation Modelling SEM menggunakan Software Analysis of a Moment Structures AMOS 22.0 Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa E-satisfaction dapat mempengaruhi E-trust dan Reputation. Sementara, E-trust dan Reputation terbukti dapat mempengaruhi E-loyalty.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of E satisfaction on E trust and Reputation in Improving E Loyalty in Online Marketplace in Indonesia Case study on Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Blibli dan Elevenia . This research is a quantitative research with descriptive design. The variables tested in this study are e satisfaction, e trust, reputation and e loyalty. The data is collected using questionnaire to 150 respondents who have visited the online marketplace mentioned. The analysis of this research is processed by Structural Equation Modeling SEM method using Software Analysis of a Moment Structures AMOS 22.0 The result of this research shows that E satisfaction can affect E trust and Reputation. Meanwhile, E trust and Reputation can prove to affect E loyalty.
2017
S68813
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Purba, Zoya Abigel
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-service quality terhadap e-satisfaction dengan mediasi e-trust pada aplikasi HRD Portal pada Holding BUMN Jasa Survey. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan masuk dalam kategori eksplanatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 82 responden. Instrumen pada penelitian ini menggunakan kuesioner yaitu Google-Form dan kuesioner disebarkan secara online (grup whatsapp, personal chat) dan langsung di lokasi penelitian (Kantor Biro Klasifikasi Indonesia lantai 4, Jakarta). Analisis data menggunakan SEM-PLS (structural Equation Modeling-Partial Least Square) dengan pengolahan data menggunakan perangkat lunak SMARTPLS-3. Dari empat hipotesis yang ada dalam penelitian ini, tiga hipotesis diterima dan satu hipotesis ditolak. Studi ini memberikan rekomendasi pada kualitas layanan pada aplikasi HRD Portal, untuk meningkatkan e-satisfaction dan e-trust pengguna. Tujuannya agar pengguna semakin nyaman dan aman dalam menggunakan aplikasi HRD Portal. ......This study aims to analyze the effect of e-service quality on e-satisfaction with e-trust mediation on the HRD Portal application at the Holding BUMN Survey Services. This research uses a quantitative approach and falls into the explanatory category. The sampling technique used total sampling. The number of samples in this study were 82 respondents. The instrument in this study used a questionnaire, namely Google-Form and the questionnaire was distributed online (whatsapp group, personal chat) and directly at the research location (4th floor Office of the Indonesian Classification Biro, Jakarta). Data analysis using SEM-PLS (structural Equation Modeling-Partial Least Square) with data processing using SMARTPLS-3 software. Of the four hypotheses in this study, three hypotheses were accepted and one hypothesis was rejected. This study provides recommendations on service quality in the HRD Portal application, to increase user e-satisfaction and e-trust. The goal is to make users more comfortable and secure in using the HRD Portal application.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simatupang, Astrid
Abstrak :
ABSTRAK
Digitalisasi telah menggeser perilaku pembelian masyarakat Indonesia dari offline ke online dengan munculnya e-commerce. Merek-merek ternamapun mulai menguatkan eksistensi secara online dengan bergabung pada online marketplace. Shopee Mall adalah platform online yang berisi kumpulan toko online resmi dari merek-merek ternama (official shops online) dan merupakan bagian dari online marketplace asal Asia Tenggara, Shopee. Walaupun demikian, banyak pertimbangan yang terjadi dalam suatu pengalaman belanja online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh search attribute pada intention to review pada Shopee Mall. Peneliti menguji variabel service and fulfillment, promotions, dan price terhadap intention to review dengan mediasi e-satisfaction, e-trust, dan commitment. Dengan menggunakan purposive sampling, terkumpul sebanyak 275 responden yang kemudian diolah menggunakan metode structural equation modeling (SEM). Penemuan yang didapat mengungkapkan bahwa service and fulfillment, promotions, price, e-satisfaction, commitment memiliki peran penting terhadap intention to review di official shops online.  Walaupun demikian, service and fulfillment tidak berpengaruh secara langsung pada intention to review. Selanjutnya, e-trust memengaruhi intention to review secara negatif. Implikasi manajerial dan saran untuk penelitian selanjutnya dibahas dalam penelitian ini.
ABSTRACT
Digitalization has shifted the purchasing behavior of many Indonesians from offline to online with the growth of e-commerce. Even well-known brands began to strengthen their existence online by joining the online marketplace. Shopee Mall is an online platform for official online shops of well-known brands and is part of the Southeast Asian online marketplace, Shopee. However, many considerations occur in an online shopping experience. This study aims to see the effect of search attribute in the intention to review at Shopee Mall. The researcher tested service and fulfillment, promotions, and price variables on the intention to review with e-satisfaction, e-trust, and commitment as mediation. By using purposive sampling, 275 respondents were collected and then processed using the structural equation modeling (SEM) method. The findings revealed that service and fulfillment, promotions, price, e-satisfaction, and commitment have an important role to play on the intention to review on the online official shops. However, service and fulfillment does not affect directly on the intention to review. Furthermore, e-trust affects the intention to review negatively. Managerial implications and suggestions for further research are discussed in this study.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taris Aripratama Iskandar, autho
Abstrak :
Meningkatnya persaingan e-commerce di Indonesia dalam mendapatkan dan mempertahankan pelanggan membuat loyalitas yang dimiliki oleh pelanggan e-commerce menjadi hal sangat penting dalam menghadapi persaingan. Kajian sebelumnya menunjukkan pengaruh signifikan antara e-trust dan e-statisfaction terhadap e-loyalty. Kajian ini bertujuan untuk mencari pengaruh e-trust dan e-statisfaction terhadap e-loyalty. Kajian ini mengambil 100 sampel pelanggan Bukalapak.com berusia lebih dari 18 yang telah berbelanja di Bukalapak.com minimal dua kali serta tinggal di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisis regresi berganda digunakan dalam kajian ini. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa e-trust dan e-statisfaction memiliki pengaruh signifikan terhadap e-loyalty. Temuan dari kajian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi Bukalapak.com untuk lebih meningkatkan aspek e-trust dan e-statisfaction dalam meningkatkan e-loyalty pembelinya di Jabodetabek ......Increased e-commerce competition in Indonesia in obtaining and retaining customers makes loyalty owned by e-commerce customers very important in the face of competition. Previous studies show a significant influence between e-trust and e-statisfaction on eloyalty. This study aims to look for the influence of e-trust and e statisfaction on e-loyalty. This study took 100 samples of Bukalapak.com customers aged over 18 who had shopped at Bukalapak.com at least twice and lived in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, and Bekasi areas using a purposive sampling technique. Multiple regression analysis was used in this study. The results of this study indicate that e-trust and e-statisfaction have a significant effect on e-loyalty. The findings of this study can be taken into consideration for Bukalapak.com to further enhance aspects of e-trust and e-statisfaction in increasing the e-loyalty of its buyers in Jabodetabek
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Utami
Abstrak :
Aplikasi pesan antar makanan memfasilitasi generasi Z untuk tetap dapat membeli makanan dari berbagai restoran tanpa perlu keluar rumah pada situasi pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengaruh antara electronic word-of-mouth (eWOM) yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review terhadap repurchase intention, serta melihat peran kepercayaan kepada aplikasi pesan antar (electronic trust atau e-trust) sebagai mediator dalam pengaruh electronic word-of-mouth yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review terhadap repurchase intention. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental randomized two-group design, post-test only yang dilakukan pada 300 partisipan generasi Z (18-25 tahun) dan merupakan pengguna lama GrabFood lebih dari dua tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari kedua sumber eWOM terhadap repurchase intention, dengan customer review yang memiliki pengaruh terbesar. Di sisi lain, e-trust tidak terbukti berperan sebagai mediator dalam pengaruh kedua sumber eWOM terhadap repurchase intention. Dengan begitu, masih terdapat kemungkinan variabel lain yang dapat menjelaskan mekanisme yang memengaruhi repurchase intention konsumen saat mereka menerima eWOM yang bersumber dari influencer endorsement dan customer review. ......The food delivery application facilitates Generation Z to still be able to buy food from various restaurants without leaving the house during the COVID-19 pandemic situation. This study aims to see the difference of the influence between electronic word-of-mouth (eWOM) sourced from influencer endorsements and customer reviews on repurchase intention, and to see the role of trust to delivery app (electronic trust or e-trust) as a mediator in the influence of electronic word-of-mouth sourced from influencer endorsements and customer review on repurchase intention. This study is an experimental randomized two-group design, post-test only study that was conducted on 300 participants of Generation Z (18-25 years) and were long-time GrabFood users for more than two years. The results showed that there is a significant difference in the effect of both eWOM sources on repurchase intention, with customer review having the greatest influence. On the other hand, e-trust was not proven to act as a mediator in the effect of both eWOM sources on repurchase intention. That way, there is still the possibility of other variables that are able to explain the mechanism that influences consumers' repurchase intention when they receive eWOM from influencer endorsements and customer reviews.4
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Patrisius Wisnu Wardono
Abstrak :
[ABSTRAK
Dengan E-Commerce terus tumbuh sepanjang tahun dan didukung oleh pertumbuhan yang pesat dari tingkat penetrasi Internet, membangun E-Loyalty merupakan sebuah hal yang paling penting bagi perusahaan. Dengan memahami hal ini, perusahaan dapat mengetahui faktor-faktor anteseden apa saja yang mempengaruhi E-Loyalty, dengan tujuan untuk mencapai keuntungan yang berkelanjutan dan memenangkan kompetisi. Dari data statistik pada tahun 2014, ditunjukkan bahwa pengguna Internet yang paling aktif berusia antara 16-34 tahun dan termasuk dalam kategori Generation Y. Untuk membuka target pasar potensial ini, perlu penyelidikan lebih lanjut dan fokus pada bagaimana mereka mengadopsi E-Commerce. Bagi perusahaan E-Commerce yang sedang berkembang, globalisasi dan memperluas ke negara lain merupakan salah satu tujuan yang dapat diraih. Bagaimana perusahaan bisa beradaptasi pada budaya yang berbeda dan menerapkannya pada platform E-Commerce akan menghasilkan kesempatan yang lebih baik untuk sukses. Penemuan dalam penelitian ini adalah faktor anteseden yang mempengaruhi pada E-Loyalty dan bagaimana budaya dimensi berperan pada faktor-faktor anteseden.
ABSTRACT
As E-Commerce keeps growing through year and supported with sustainable growth of Internet penetration rate, building E-Loyalty is considered as the most important thing for company. It is important for companies to understand what the factors antecedents are affecting on E-Loyalty, to achieve sustainable advantage and win competitions. Data collections for previous year, 2014, showed that the most avid Internet users were between 16-34 years old and fall into category Generation Y. To unlock this potential target market, it needs a further investigation and focus on how they adopt E-Commerce. As the company grows, they will go global and expanding to another country. How company could adapt on different culture and implement it on E-Commerce platform will result a better chance to success. Findings in this study discovered factors antecedents affecting on E-Loyalty and how cultural dimensions play role on factors antecedent relationship. , As E-Commerce keeps growing through year and supported with sustainable growth of Internet penetration rate, building E-Loyalty is considered as the most important thing for company. It is important for companies to understand what the factors antecedents are affecting on E-Loyalty, to achieve sustainable advantage and win competitions. Data collections for previous year, 2014, showed that the most avid Internet users were between 16-34 years old and fall into category Generation Y. To unlock this potential target market, it needs a further investigation and focus on how they adopt E-Commerce. As the company grows, they will go global and expanding to another country. How company could adapt on different culture and implement it on E-Commerce platform will result a better chance to success. Findings in this study discovered factors antecedents affecting on E-Loyalty and how cultural dimensions play role on factors antecedent relationship. ]
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indah Umiyati
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang bisa mempengaruhi trust terhadap e-procurement sebagai bagian dari inisiatif egovernment di Indonesia. Faktor tersebut adalah kualitas sistem informasi dan kepuasan pengguna. Kualitas sistem informasi terdiri dari kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas pelayanan. Kualitas sistem informasi bisa mempengaruhi trust secara langsung (direct effect) dan tidak langsung melalui kepuasan pengguna sebagai perantara (indirect effect). Survey dilakukan terhadap auditor BPK sebagai pengguna e-procurement dan 142 data responden digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini.Analisis dilakukan menggunakan structural equation modeling-diagonally weighted least square. Hasil penelitian menunjukkan kualitas informasi berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan trust pada e-procurement. Kualitas sistem dan kualitas pelayanan juga berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Hal tersebut mengimplikasikan bahwa kualitas informasi menjadi factor penting yang mempengaruhi trust dan kepuasan pengguna e-procurement di Indonesia
ABSTRACT
This study aims to analyze the factors that could affect the trust towards eprocurement as part of the e-government initiative in Indonesia. These factors are information systems quality and user satisfaction. Information system quality consists of system quality, information quality and service quality. The quality of information systems could affect the trust directly and indirectly through the user satisfaction as intermediaries.Survey conducted on BPK auditors as users of eprocurement and 142 respondent data used to test the hypothesis in this study. Analysis was performed using structural equation modeling-diagonally weighted least square.The results showed information quality affect user satisfaction and trust in e-procurement. System quality and service quality also affect user satisfaction. This implies that information quality is an important factor affecting the trust and user satisfaction of e-procurement in Indonesia
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Ginanjar Ronsana
Abstrak :
ABSTRAK
Pariwisata merupakan sektor industri yang berkembang pesat di dunia. Di Indonesia, pada tahun 2015 pariwisata menjadi sektor penyumbang devisa terbesar ke empat yang menunjukkan penting nya sektor ini. Perkembangan teknologi yang pesat dapat memberikan kemudahan dan inovasi dalam memasarkan pariwisata secara online yang biasanya disebut dengan e-Tourism. Triptrus.com adalah sebuah marketplace pariwisata yang menawarkan paket wisata bagi para traveller. Namun terdapat kondisi berupa penurunan dari peningkatan pertumbuhan member dan Trip Operator, lalu kecilnya persentase pelanggan yang melakukan pengulangan pembelian, sedangkan perusahaan memiliki rencana untuk pengadaan fitur berbayar/ fitur premium bagi Trip Operator sehingga akan menjadi tantangan bagi Triptrus dalam menjaga loyalitas konsumen khususnya loyalitas online/ e-loyalty dari wisatawan yaitu terkait niat atau kecenderungan pelanggan untuk mengunjungi dan membeli kembali di situs Triptrus.com.Kerangka pemikiran dari penelitian ini mengadopsi model e-service quality beserta anteseden dari e-loyalty.Sedangkan analisis data menggunakan PLS-SEM dengan alat bantu SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-loyalty pelanggan Triptrus.com dipengaruhi oleh e-service quality melalui e-perceived value dan e-trust.
ABSTRACT
Tourism is a rapidly growing industrial sector in the world. In 2015, in Indonesia, tourism was the fourth largest foreign exhange contributor in the country and this shows how important the sector is. Rapid development in technology is able to provide convenience and innovation in marketing tourism online which also called e tourism. Triptrus.com is a tourism marketplace which offers travel packages for travelers. However, there is a decrease of growth in member and Trip Operator and yet small percentage of customer repeating order, while the company has planned to procure paid features premium features for Trip Operators which can be a challange for Triptrus.com in maintaining customer loyalty, especially online loyalty e Loyalty of customers which related with intention or tendency to visit and repurchase a trip package on Triptrus.com site.The framework of this study is adopting the e Service Quality model along with the antecedents of e Loyalty. Meanwhile, the data analysis is using PLS ndash SEM with SmartPLS tools. The result of this study indicates that Triptrus.com customer e Loyalty is influenced by e Service Quality through e Perceived Value and e Trust.
2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library