Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Iswanda Fauzan Satibi
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang evaluasi layanan referensi e-mail perpustakaan
Universitas Indonesia. Aspek evaluasi adalah luaran (output) yang mengukur
efektivitas dan efisiensi penggunaan layanan, yang meliputi pengguna layanan,
jenis pertanyaan, sumber yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, format
yang diinginkan pengguna, serta efektivitas dan efisiensi layanan. Pendekatan
penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik
pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara
semiterstruktur. Analisis dilakukan terhadap 366 tranksrip referensi e-mail selama
September 2011 hingga Oktober 2013 dan wawancara terhadap empat orang
mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pengguna layanan referensi email
Universitas Indonesia berjumlah 347 selama periode September 2011 hingga
Oktober 2013 dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu pengguna mahasiswa UI,
Dosen UI, dan pengguna yang berasal dari luar sivitas akademik UI dengan; 2)
pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail periode September 2011-
Oktober 2013 berjumlah 366 dengan rata-rata 15 pertanyaan per bulan. 3)
pertanyaan yang terjawab periode September 2011 sampai Oktober 2013 sebesar
40% dan pertanyaan tidak terjawab sebesar 60%; 4) sebanyak 95% pengguna
layanan referensi e-mail perpustakaan UI melakukan transaksi satu kali selama
periode September 2011 sampai Oktober 2013; dan 5) Rata-rata jawaban terhadap
pertanyaan referensi e-mail diberikan 83 jam setelah pertanyaan tersebut diterima.

ABSTRACT
This study discusses the evaluation of e-mail reference service in University of
Indonesia librarys’. The evaluations criteria are depend on the transactions outputs
to measures the effectiveness and efficiency of the use of the service by users.
Such as, users of e-mail reference service, types of questions received, sources
used to answer the questions, the format of resources that requesterd by users, and
the effectiveness and efficiency of the service. This is quantitative research using
survey method. Data colected by documents analysis and in-dept-interview.
Analysis conducted on 366 e-mail reference transcripts during September 2011 –
October 2013 and interviews with four UI’s students. The results showed: 1) the
e-mail reference services users are amounted to 347 during the period September
2011 to October 2013 can be categorized into three categorize: UI’s students, UI’s
Lecturer, and users from outside the UI’s academic community members; 2)
reference questions received via e-mail period September 2011 - October 2013
totaled 366 with an average of 15 questions per month. 3) questions unanswered
period September 2011 to October 2013 amounted to 40 % and the questions are
not answered by 60 %; 4) 95% of users using once transactions time during the
period September 2011 until October 2013 , and 5) the average response to the
question of e - mail reference given 83 hours after the question is received."
Lengkap +
2014
S54374
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hani Kusumaningsih
"ABSTRAK
United Nations Information Centre (UNIC) menyediakan layanan referensi e-mail. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi jenis pertanyaan yang sering diajukan penggunan layanan referensi e-mail perpustakaan dan efektivitas dan efisiensi layanan referensi e-mail yang digunakan perpustakaan UNIC dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen. Pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC dapat dikategorikan menjadi dua, yaitu pengguna mahasiswa dan non-mahasiswa. Jumlah pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC periode Maret 2014 sampai dengan Maret 2016 berjumlah 45 pengguna. Sedikitnya jumlah e-mail yang masuk memberi gambaran bahwa UNIC dalam memberikan informasi telah menjalani fungsinya sebagai pusat informasi bagi masyarakat sehingga pengguna tidak butuh lagi menghubungi pustakawan untuk menemukan sebuah. Pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail Selama bulan Maret 2014 sampai Maret 2016 adalah sebanyak 45 pertanyaan referensi. Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna adalah pertanyaan research questions. Tidak adanya pertanyaan mengenai bibliographic verification dikarenakan seluruh website UN merupakan sumber yang sudah terpercaya, sehingga apabila ada pengguna yang mencari data langsung dari website resmi UN semua data tersebut adalah orisinil. Layanan referensi e-mail perpustakaan UNIC sudah efektif dan efisien bila dilihat dari parameter pelayanan referensi digital berdasarkan Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers tahun 2013 yang diterbitkan RUSA.

ABSTRACT
United Nations Information Centre (UNIC) provides email reference service. The purpose of this study is to identify the type of the questions that are frequently asked by the e-mail reference service of the library and the effectiveness and efficiency of email reference service that is used in UNIC library in meeting the information needs of its users. The method used is quantitative and using document analysis for the data collection techniques. User's e-mail reference service in UNIC library can be categorized into two, the students and non-students. The number of users that use e-mail reference library of UNIC in the period of March 2014 until March 2016 reached to 45 users. The least amount of incoming emails illustrate that the method that UNIC in providing information has been undergoing its function as an information center for the community, so that users no longer need to find a contact librarian. Reference questions received via e-mail during the month of March 2014 to March 2016 is as much as 45 reference questions. Questions that are frequently asked by users is the question of research questions. The absence of a question about bibliographic verification is because all UN website is a source that is reliable. E-mail reference service in UNIC library are already effective and efficient viewed from the digital reference service parameters based on the Guidelines for Behavorial Performance of Reference and Information Services Providers in 2013, published by RUSA.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S64938
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library