Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Vania Wimayo
"ABSTRACT
The purpose of this study was to determine differences in compliance cost incurred before and
after the use of E-Filing applications for corporate tax payers E-Filing users.E-Filing Tax Return is
a reporting system created by the DGT which makes it easy for taxpayers in the manufacture and
delivery of Tax Return report to the Director General of Taxation. The hypothesis in this study was
tested using the Wilcoxon test match pairs. The type of data used in this study is quantitative data.
The research method used is a survey and the instrument used to collect data is a questionnaire.
The results show that compliance cost after the use of e-filing in contrast to earlier, where the
compliance cost will be lower.
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan compliance cost yang dikeluarkan sebelum
dan sesudah penggunaan aplikasi E-Filing bagi wajib pajak badan pengguna E-Filing. E-Filing adalah
sistem pelaporan SPT yang dibuat oleh Dirjen Pajak yang memberikan kemudahan bagi wajib pajak
dalam pembuatan dan penyerahan laporan SPT kepada Dirjen Pajak. Hipotesis dalam penelitian ini
di diuji menggunakan Wilcoxon match pairs test. Tipe data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dan dan instrument yang
dipakai untuk mengumpulkan data adalah kuesionair. Hasilnya menunjukkan bahwa compliance
cost sesudah penggunaan e-filing berbeda dengan sebelumnya, dimana compliance cost menjadi
lebih rendah."
Jakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2019
657 ATB 12:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Istimurti Ciptaningrum
"[ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai proses pemberian jasa surat
pemberitahuan pajak penghasilan tahunan Orang Pribadi yang dilakukan oleh PT.
XYZ terhadap klien individu yang merupakan Wajib Pajak Dalam Negeri baik
yang berasal dari Indonesia maupun dari luar negeri. Fokus pembahasan yaitu
proses pembuatan SPT Tahunan OP oleh PT. XYZ, alasan tidak menggunakan
dan dampak jika menggunakan sistem e-filing, serta analisisnya. Informasi seputar
e-filing didapatkan dengan metode wawancara mendalam. Berdasarkan
pembahasan, proses pembuatan SPT Tahunan OP sudah sesuai dengan peraturan
yang berlaku. Kendala atas penggunaan e-filing sebetulnya tidak berlaku bagi
outbond assignees, tapi tetap ada proses yang dilakukan secara manual. Namun
bagi inbond assignees perhitungan PPh terhutang menjadi penghambat untuk
menerapkan sistem e-filing.

ABSTRACT
The objective of the report is to discuss the process of services provided for
annual individual tax returns conducted by PT. XYZ to the assignees who are
Resident Taxpayers both from Indonesia and foreign countries. The report
focusing on: the process of preparing annual tax returns for individual conducted
by PT. XYZ, reasons why they decided not to use e-filing system and the impact
if they are using it, as well as the analysis. Information about e-filing are collected
through in-depth interview. Based on the observation, the process of preparing
annual individual tax returns has complied with the regulations applied. The
constraints concerning the use of e-filing system can actually is not valid for
outbond assignees, but still require some process to be done manually. However
for inbond assignees the tax liability calculation is become constraint to
implement e-filing system., The objective of the report is to discuss the process of services provided for
annual individual tax returns conducted by PT. XYZ to the assignees who are
Resident Taxpayers both from Indonesia and foreign countries. The report
focusing on: the process of preparing annual tax returns for individual conducted
by PT. XYZ, reasons why they decided not to use e-filing system and the impact
if they are using it, as well as the analysis. Information about e-filing are collected
through in-depth interview. Based on the observation, the process of preparing
annual individual tax returns has complied with the regulations applied. The
constraints concerning the use of e-filing system can actually is not valid for
outbond assignees, but still require some process to be done manually. However
for inbond assignees the tax liability calculation is become constraint to
implement e-filing system.]"
2015
TA-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Justriaman
"Tesis ini membahas tentang penerapan sistem administrasi perpajakan modem di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jakarta Sawah Besar Dua. Setelah modernisasi diterapkan, ingin dilihat bagaimana persepsi wajib pajak terhadap penerapan (implementasi) modernisasi tersebut serta bagaimana dengan kepatuhan wajib pajak itu sendiri setelah sistem administrasi perpajakan modern diterapkan. Komponen utama yang dapat dilihat dari penerapan sistem administrasi perpajakan modern adalah dengan adanya perubahan struktur organisasi dari berdasarkan jenis pajak menjadi berdasarkan fungsi, adanya jabatan AR (Account Representatives), pemanfaatan teknologi informasi terkini (on-line payment, e-reg, e-NPWP, e-filling, e-SPT), dan adanya tempat pelayanan terpadu yang merupakan gabungan tempat pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Penghasilan serta Pajak Pertambahan Nilai (PPN).
Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskripsi sehingga tidak dimaksudkan untuk menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif sehingga hasil penelitiannya bersifat unik dan tidak dimaksudkan untuk digeneralisasikan. Data yang dipergunakan adalah hasil kuesioner yang dibagikan kepada responden yang telah ditentukan serta hasil wawancara mendalam yang tak berstruktur serta dari data pembayaran dan pelaporan terhadap responden yang sama.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya perubahan struktur organisasi dimana sebelumnya berdasarkan jenis pajak menjadi berdasarkan fungsi, adanya jabatan AR (Account Representatives), serta adanya tempat pelayanan terpadu yang merupakan gabungan tempat pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Penghasilan serta Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sangat menguntungkan dan bermanfaat bagi wajib pajak serta memudahkan bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Sedangkan terhadap pemanfaatan teknologi informasi terkini (on-line payment, e-reg, e-NPWP, e-filling, e-SPT) ternyata kurang begitu bermanfaat bagi wajib pajak, hal ini karena wajib pajak masih senang dengan kondisi sebelum kantor pajak dimodernisasi dimana masih sebagian besar dilakukan secara manual.

This Thesis studied the implementation of modern tax administration system in KPP Pratama Jakarta Sawah Besar Dua. The objective of this study were to know tax payers perception and how it influenced their compliance after the system was being implemented.
The main factors which can be seen after the implementation of modern tax administration system were the changed of organization structure, the existence of account representative, the used of the latest information technology (such as on-line payment, e-reg, e-NPWP, e-filing, e-spt), and the existence of integraled Services for all kind of taxes.
Descriftif analysis method was used in this reseach, therefore this study purpose was only to deseribe about a variable, not to proved certain kind of variable. Kualitative approach was implemented that the result of this research is unique and wasn’t intent to be generalized. The data which used for this reseach was the result of the quesioner from selected tax payer respondens, unstructure intensive interviewed, and also from their tax payment and reports record.
The result of this research showed that with the changed of organization structure, the existence of account representative, and the existence of integrated Services are advantageous for the tax payers. On the other hand, the used of the latest information technology are less advantageous because the tax payers found it more comfortable with a manual previous system when most of the Services were usually done.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26470
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library