Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mona Octaviany
Abstrak :
ABSTRAK
Program Pascasarjana Magister Profesi Psikologi Kekhususan Klinis Anak Menurunkan Kemunculan Ekolalia pada Anak dengan Teknik Dgjizrential Reinforcement of Oiher Behavior Ekolalia, pengulaugan kata-kata atau kalimat yang diucapkan oleh orang lain, yang sering ditemukan pada anak autisme dan retardasi mental, merupakan suatu keadaan yang dianggap patologis dan perlu ditangani dengan tepat. Ekolalia dapat mengganggu interaksi sosial, mcnghilanglcan stimulasi sosial dari orang lain, dan menghambat proses belajar anak di kelas sehingga ekolalia dapat menyebabkan keterlambatan dalam perkembangan akadernjk dan penilalcu sosial(Schre1bman & Carr, 1978). Teknik yang sudah cukup luas digunal-can unruk menurunkan kemlmculan ekolalia adalah dengan d1j%ren!IaI reinforcement ofbehcrvior (DRO) dimana perilaku target diturunkan dan diganti dengan kernunculan perilaku Iain yang dianggap Iebih scsuai (Sarafino, 1996). Teknik dalam intervensi ini juga mengintegrasikan melode cues-pause-point (Mc Morrow & Foxx, 1996) agar seseorang dapat mclakukan respon verbal yang tepat. Imervensi dilakukan terhadap seorang anal: autisme bemsia sepuluh tahun dan setelah 12 scsi hasil program dapat dikatakan cukup berhasil. Tingkat kemunculan ekolalia pada anak menumn dan tingkat kemunculan respon verbal yang tepat pada anak rneningkat. Untuk memonitor ketetapan basil, sebaiknya dilakukan pemeriksaan ulang pada anak senelahjangka waktu tertentu.
ABSTRACT
Echolalia, a repetitive verbal response echoing previously heard messages which often found in children with autism and/ or mental retardation is a kind of psychopathology that needs to be addressed properly. It may impaired social interaction, extinguish social response! overtures from others, but also hinder learning process in classroom situation (Schreibman & Carr, 1978). Thus, it poses problems to both academic and social development. A widely used technique to decrease echolalic response is di&`erential reinforcement of other behavior (DRO) in which, target behavior is decreased and replaced by the occurance of other suitable response (Santino, 1996). This technique integrates the cues-pause-point method (Mclvlorrow & Foxx, 1986) for a person to verbalise the correct response. Implemented to a ten years-old autistic child, this technique shared a quite promising effect in 12 sessions. The echolalic speech significantly decreased while the correct verbal response increased. Follow up should be made to monitor the persistence of this result.
2007
T34025
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library