Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tuti Afriani
"Masalah utama yang dihadapi perawat di Indonesia adalah masalah kualitas sumber daya manusia.Sistem jenjang karir merupakan salah satu cara meningkatkan kualitas perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dukungan atasan dan teman sejawat ekspektasi perawat dalam penerapan jenjang karir di rumah sakit. Desain penelitian menggunakan korelasi deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 145 perawat di salah satu rumah sakit Kabupaten Bogor Jawa Barat dengan teknik simple random sampling.Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square dan Regresi Logistik Berganda. Terdapat hubungan dukungan atasan (p value = 0,000) dan dukungan teman sejawat (p value = 0,023) dengan ekpektasi perawat terhadap penerapan jenjang karir di rumah sakit. Dukungan atasan (OR = 3,806) dan jenis kelamin (OR = 2,278) merupakan faktor yang paling dominan dengan ekspektasi perawat. Penelitian ini merekomendasikan agar pimpinan rumah sakit mendukung sistem jenjang karir dan memotivasi perawat meningkatkan kompetensi melalui sistem jenjang karir sehingga ekspektasi perawat meningkat terhadap manfaat dari sistem ini."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2017
610 JKI 20:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Maida Firmina Soraya
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara persepsi dukungan teman dan regulasi diri dalam belajar pada konteks belajar musik. Regulasi diri dalam belajar pada pembelajaran musik disebut dengan regulasi diri dalam berlatih karena dalam regulasi diri akan dilihat saat seseorang berlatih musik. Regulasi diri mempunyai peran pada setiap aspek dalam bermain musik. Persepsi dukungan teman dilihat sebagai salah satu strategi regulasi diri dalam belajar. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner peer/friend academic support scale dan self-regulated practice behavior kepada 103 pelajar Sekolah Menengah Musik di Jabodetabek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara persepsi dukungan teman dan regulasi diri dalam berlatih (r= .440; p= .000; signifikan pada LoS 0.01). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengukur strategi lain dalam regulasi diri yang paling berpengaruh pada pelajar musik serta melakukan pengukuran persepsi dukungan teman berdasarkan konteks belajar musik.

This study aims to find correlation between perceived peer support and self-regulated learning in music practice. Self-regulated learning in music practice is called self-regulated practice behavior because in this study an individual?s self regulation in music practicing will be conducted. Self-regulated practice behavior plays an important role at every aspect of music playing. Perceived peer support is seen as one of the strategy in self-regulated learning. Researcher collected the data using peer/friend academic support scale and self-regulated practice behavior questionnaire to 103 students at music vocational and pre-professional high school in Jabodetabek.
Result of this study showed that there is a significant positive relationship between perceived peer support and self-regulated practice behavior (rs= .440; p= .000, significant at L.o.S 0.01). Further research is expected to measure other strategy which have the most impact in self-regulated learning at music students and measure the perceived peer support in music practicing context.
"
Depok: Fakultas Psikologi Unversitas Indonesia, 2016
S62857
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifda Nabila Afifah
"Meningkatnya daya saing untuk mendapatkan pekerjaan yang terjadi saat ini, menjadi tantangan bagi mahasiswa tingkat akhir untuk mengembangkan karier. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti peran perilaku eksplorasi karier dalam memediasi pengaruh dukungan teman terhadap adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Responden penelitian berjumlah 538 mahasiswa tingkat akhir yang berada pada semester 6 hingga semester lebih dari 8, dan 69% berjenis kelamin perempuan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode convenience sampling. Penelitian ini menggunakan tiga alat ukur, yakni Career Related Peer Support (Zhang & Huang, 2018), Career Exploration Survey (Salim & Preston, 2019) dan Career Adapt-Ability Scale (Sulistiani, Suminar, & Hendriani, 2018). Pengolahan data dilakukan menggunakan simple mediation model 4 PROCESS for SPPS by Hayes (2013) menunjukkan perilaku eksplorasi karier memediasi hubungan antara dukungan teman dengan adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Dibuktikan dengan nilai indirect effect sebesar (ab=0.21) dan signifikan tidak melewati angka nol (LLCI-ULCI=0.14-0.28). Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa perilaku eksplorasi karier memiliki peran dalam memediasi hubungan antara dukungan teman dengan adaptabilitas karier pada mahasiswa tingkat akhir. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi pihak bimbingan karier di perguruan tinggi untuk menyediakan berbagai aktivitas terkait perilaku eksplorasi karier agar mahasiswa tingkat akhir dapat memiliki adaptabilitas karier yang baik

The increasing competitiveness to get a job that is happening today is a challenge for final year students to develop a career. The purpose of this study was to examine the role of career exploration behavior in mediating the effect of peer support on career adaptability in final year students. Research respondents totaled 538 final year students who were in semester 6 to more than 8 semesters, and 69% were female. Sampling was done by convenience sampling method. This study uses three measuring tools, namely Career Related Peer Support (Zhang & Huang, 2018), Career Exploration Survey (Salim & Preston, 2019) and Career Adapt-Ability Scale (Sulistiani, Suminar, & Hendriani, 2018). Data processing was carried out using simple mediation model 4 PROCESS for SPPS by Hayes (2013) showing career exploration behavior mediating the relationship between peer support and career adaptability in final year students. It is proven by the indirect effect value of (ab=0.21) and significantly does not exceed zero (LLCI-ULCI=0.14-0.28). The results of this study explain that career exploration behavior has a role in mediating the relationship between peer support and career adaptability in final year students"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Ayu Khairun Nisa
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada sumbangan bermakna yang diberikan self-esteem, dukungan orang tua, guru, dan teman sebaya secara bersama-sama terhadap kepuasan sekolah siswa tunarungu di SMP dan SMA/SMK inklusi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa keempat variabel bebas tersebut memberikan sumbangan bermakna terhadap kepuasan sekolah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 50 responden yang merupakan siswa tunarungu di sekolah inklusi. Sementara itu, berdasarkan hasil regresi sederhana secara masing-masing self-esteem, dukungan guru, dan teman sebaya memberikan sumbangan yang bermakna, sedangkan dukungan orang tua tidak memberikan sumbangan bermakna terhadap kepuasan sekolah.

The purpose of this study was to investigate the significant contribution of self-esteem, parental support, teacher support, and peer support simultaneously to the school satisfaction of deaf students in inclusive junior and senior high schools. The results showed that the four independent variables had significant contribution to school satisfaction This research was conducted using quantitative approach involving 50 deaf students of inclusive schools as respondents. Meanwhile, based on a simple regression of each independent variables, selfesteem, teacher and peer support had meaningful contributions, while the parental support did not contribute significantly to the school satisfaction.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31188
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rizka Ryanindya
"Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko banyak penyakit tidak menular seperti obesitas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan perbedaan kebiasaan sarapan, self-efficacy, dukungan keluarga, dukungan teman, keamanan lingkungan, dan status sosial ekonomi pada aktivitas fisik berdasarkan jenis kelamin. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional dan dilaksanakan pada bulan April 2019 di SMAN 39 Jakarta. Total sampel penelitian ini adalah 230 siswa dari kelas 10 dan 11. Data aktivitas fisik diperoleh dari PAQ-A. Kebiasaan sarapan, efikasi diri, dukungan keluarga, dukungan teman, keselamatan lingkungan, dan data status sosial ekonomi diperoleh dari kuesioner yang diadaptasi dari Persepsi Aktivitas Fisik Skala Self-Efficacy Untuk Remaja, Dukungan Sosial Sallis dan Survei Latihan, NEWS-Y, dan FAS II . Analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square, uji non-parametrik, dan analisis stratifikasi dilakukan dalam penelitian ini. Hasilnya 48,3% siswa memiliki aktivitas fisik yang tidak mencukupi, dukungan keluarga memiliki perbedaan signifikan pada aktivitas fisik anak perempuan, dan dukungan teman memiliki perbedaan signifikan pada aktivitas fisik anak perempuan dan laki-laki. Intervensi yang difokuskan untuk meningkatkan dukungan keluarga pada anak perempuan dan dukungan teman dalam bentuk intervensi kelompok diperlukan.

Lack of physical activity can increase the risk of many non-communicable diseases such as obesity. The purpose of this study is to determine differences in breakfast habits, self-efficacy, family support, friend support, environmental safety, and socioeconomic status on physical activity based on sex. This research is a cross-sectional study and was conducted in April 2019 at SMAN 39 Jakarta. The total sample of this study was 230 students from grades 10 and 11. Physical activity data were obtained from PAQ-A. Breakfast habits, self-efficacy, family support, friend support, environmental safety, and socioeconomic status data were obtained from a questionnaire adapted from the Physical Activity Perceptions Self-Efficacy Scale for Youth, Social Support Sallis and Exercise Survey, NEWS-Y, and FAS II. Univariate and bivariate analysis with chi-square test, non-parametric test, and stratification analysis were conducted in this study. The result 48.3% of students have insufficient physical activity, family support has a significant difference in physical activity of girls, and peer support has a significant difference in physical activity of girls and boys. Interventions that are focused on increasing family support for girls and peer support in the form of group intervention are needed."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadan Bardah
"Perawat yang berjuang melawan Covid-19 umumnya berada dibawah tekanan sehingga rentan mengalami kecemasan dan stress. Hal ini tentunya berpengaruh terhadap efikasi diri perawat dalam merawat pasien Covid-10. Oleh karena itu perlu adanya dukungan dari perawat manajer dan teman sejawat untuk mengatasi hal tersebut. Tujuan dari penelitian adalah mengidentifikasi pengaruh dukungan perawat manajer dan teman sejawat terhadap efikasi diri perawat dalam merawat pasien Covid-19 di rumah sakit. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 167 perawat yang berasal dari tiga rumah sakit rujukan Covid-19 di wilayah Cirebon diambil dengan teknik accidental sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang dimodifikasi dari kuesioner supervisor support scale, peer caring measurement, dan self efficacy in patient centeredness. Data dianalisis dengan menggunakan uji Chi Square dan uji regresi logistik berganda. Hasil penelitian menunjukan tidak ada pengaruh yang signifikan antara dukungan perawat manajer terhadap efikasi diri perawat dalam merawat pasien Covid-19 di rumah sakit (p = 0.229) dan ada pengaruh yang signifikan antara dukungan teman sejawat terhadap efikasi diri perawat dalam merawat pasien Covid-19 di rumah sakit dengan nilai p < 0.001. Variabel yang paling berpengaruh terhadap efikasi diri perawat adalah dukungan teman sejawat dan jenis kelamin dengan kekuatan hubungan sebesar 3.207 dan 2.229. Rekomendasi dari penelitian ini adalah perawat manajer dan teman sejawat diharapkan lebih menunjukan sikap empati terhadap perawat yang bertugas merawat pasien Covid-19. Perawat manajer juga perlu menjalankan perannya sebagai seorang pemimpin, seperti peran interpersonal, informasional, dan desisional selama masa pandemi. Dukungan dari teman sejawat perlu ditingkatkan dan dilaksanakan secara nyata seperti saling berbagi cerita dan mendengarkan keluhan masing-masing, saling memberikan saran, serta memberikan dukungan secara emosional

Nurses who are struggling with Covid-19 are generally under pressure so they are risk to anxiety and stress. This certainly affects the self efficacy of nurses in treating Covid-19 patients. Therefore, they need nurse managers and peers supports to address this. The purpose of the study was to identify the influence of nurse manager and peer support on the self efficacy of nurses in treating Covid-19 patients in hospitals. The design of this study used quantitative descriptive with cross-sectional approach. A total of 167 nurses from three Covid-19 referral hospitals in Cirebon were taken with accidental sampling techniques. Data retrieval using modified questionnaires from supervisor support scale questionnaires, peer caring measurement, and self efficacy in patient centeredness. The data was analyzed using Chi Square test and multiple logistic regression test. The results showed that there was no significant influence between the nurse manager support on the self-efficacy of nurses in treating Covid-19 patients in hospitals (p = 0.229) and there was a significant influence between peer support to the self-efficacy of nurses in treating Covid-19 patients in hospitals with a value of p < 0.001. The most influential variable for nurse self-efficacy was peers support and gender with relationship strengths of 3,207 and 2,229. The recommendations of this study are The nurse managers and peers are expected to show more empathy towards nurses in charge of treating Covid-19 patients. The manager nurse also needs to perform her role as a leader, such as interpersonal, informational, and desisional roles during the pandemic. Peer support needs to be improved and implemented in real terms such as sharing stories and listening to each other's complaints, giving advice to each other, and providing emotional support."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kurniawati
"Perawatan Metode Kanguru (PMK) terbukti meningkatkan berat badan bayi lahir rendah, namun pelaksanaan PMK masih kurang optimal karena kurangnya kepercayaan diri ibu dan pemahaman ibu mengenai PMK terbatas. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh dukungan teman senasib terhadap kepercayaan diri ibu, pelaksanaan PMK dan berat badan bayi. Desain penelitian yaitu randomise control trial pre-post test equivalent group dengan 24 responden kelompok intervensi dan 24 responden kelompok kontrol. Intervensi yaitu edukasi PMK (tiga sesi) dan observasi pelaksanaan PMK serta kenaikan berat badan bayi selama tujuh hari.
Hasil penelitian terdapat perbedaan kepercayaan diri ibu, pelaksanaan PMK dan berat badan bayi antara kelompok kontrol dan kelompok intervensi (p = 0,001; 0,001; 0,030). Terdapat hubungan antara berat lahir bayi dengan kepercayaan diri ibu dan kenaikan berat badan bayi, serta penyakit penyerta dengan kenaikan berat badan bayi. Penelitian ini efektif meningkatkan kepercayaan diri ibu, pelaksanaan PMK dan berat badan bayi. Peneliti merekomendasikan implementasi dukungan teman senasib saat kunjungan rumah.

Kangaroo Mother Care (KMC) has been shown to increase low birthweight, but KMC implementation is less optimal because of self-confidence mother was poor and mother`s understanding about KMC is limited. This research aims to determine effect of peer support on mother's self-confidence, KMC implementation and infant weight gain. The research methodology use was randomized a controlled-random experimental approach with pre-post test equivalent group of 24 respondents in the intervenstion group and 24 respondents in the control goup. The intervention was KMC education (three sessions) and observation of KMC implementation and infant weight gain for seven days.
The results was difference of mother's confidence, KMC implementation and infant weight gain between control group and intervention group (p = 0,001; 0,001,0,030). There was relationship between infant birth weight to mother's self-confidence and infant weight gain, as well as comorbidities with infant weight gain. This research was effectively improved mother's self-confidence, KMC implementation and infant weight gain. Researchers recommend the implementation of peer support during home visits.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2018
T51289
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library