Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdiansyah Pratama Putra
"Tingginya kesibukan seseorang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mendorong perlu adanya akan mobilitas tinggi dalam pemenuhan aktivitas tersebut. Mobilitas tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan berupa kendaraan. Kendaraan dapat membantu meringankan seseorang dalam beraktivitas sehingga kegiatan seseorang dapat berjalan secara efektif dan efisien. Setiap kendaraan yang diproduksi oleh perusahaan kendaraan memiliki perbedaan dari segi fitur maupun sistem yang berada di dalamnya, hal ini terjadi karena adanya persaingan antar perusahaan kendaraan. Perbedaan dari masing-masing fitur maupun sistem dari kendaraan tersebut membuat pengguna kendaraan harus melakukan adaptasi. Selain itu perbedaan lainnya terdapat pada posisi berkendara. Sehingga pada penelitian ini bertujuan mengevaluasi adaptasi pengendara roda empat di Indonesia pada kendaraan setir kanan dan setir kiri melalui pendekatan user experience.
Penelitian ini melihat faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi adaptasi pengendara terhadap perbedaan kendaraan serta berbedanya posisi berkendara. Evaluasi dilakukan dengan memberikan task kepada responden saat awal berkendara, berkendara dan akhir dari berkendara dengan melihat faktor safety pada aktivitas yang dilakukan. Metode yang digunakan antara lain performance metrics, kuesioner Single Ease Question SEQ dan kuesioner Questionnaire for User Interface Satisfaction QUIS. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa kesalahan maupun waktu yang digunakan untuk responden dalam beradaptasi. Sehingga dalam upaya pembenahan dari kesalahan tersebut diberikan sebuah tambahan informasi dimana informasi tersebut dapat berguna dalam beradaptasi.

The high level of activity that people carry out daily encourage the need for high mobility in the fulfillment of these activities. Mobility can be achieved using the help of a vehicle. Vehicles can help to ease people in doing activities so that one 39 s activities can run effectively and efficiently. Every vehicle produced by a vehicle company has a difference in terms of features and systems that are in it, this happens because of the competition between vehicle companies. Differences from each feature or system of the vehicle causes the vehicle users to have to adapt. In addition, there are other differences in driving position. So this study aims to evaluate the adaptation of four wheeled vehicle drivers in Indonesia on the right steering and left steering vehicle through the user experience approach.
This study focus on what factors can influence the adaptation of driver to vehicle differences and differences in driving position. Evaluation is done by giving task to the respondent at the beginning of the drive, during drive and at the end of the drive by looking at the safety factor on activity being done. The methods used are performance metrics, Single Ease Question SEQ questionnaire and Questionnaire for User Interface Satisfaction QUIS . Based on results of the research, there are some errors and time used for respondents in adapting. So in an effort to correct from the error, additional information is given where the information can be useful in adapting.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S67271
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sherena Athadi Gayo
"Distraksi dalam mengemudi merupakan kontributor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, dimana tugas verbal atau yang dikenal dengan percakapan ialah salah satu faktor penyebabnya. Percakapan adalah aktivitas rumit yang melibatkan pertukaran informasi verbal. Ketika tuntutan untuk mengemudi dan tugas verbal meningkat, kemampuan pengemudi untuk membagi perhatian antara tugas menurun dan menghasilkan peningkatan risiko kecelakaan mobil. Gangguan verbal yang dikenal luas adalah percakapan dengan penumpang dan melakukan panggilan telepon. Sementara penelitian ini menambahkan potensi distraksi verbal lainnya dari maraknya tren rapat daring (Online Meeting) akibat COVID-19. Korelasi dengan faktor manusia terletak pada pengaruh distraksi terhadap performa berkendara dan beban kerja mental. Penelitian ini akan berfokus pada pengemudi wanita yang terbukti secara statisik mengemudi lebih aman dibandingkan pengemudi pria. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh distraksi verbal yaitu Berbicara dengan Penumpang, Melakukan panggilan telepon, dan Rapat Daring terhadap kinerja mengemudi dan beban kerja mental pengemudi menggunakan simulator mengemudi. Metodologi yang digunakan adalah perhitungan kesalahan pengemudi untuk performa berkendara dan NASA-TLX untuk beban kerja mental, dan selanjutnya menerapkan analisis statistik untuk mendapatkan analisis yang konkrit. Dari 12 responden pengemudi wanita, hasilnya terungkap bahwa baik dalam performa berkendara maupun beban kerja mental Melakukan panggilan telepon memiliki pengaruh terbesar dan diikuti oleh Rapat Daring dengan perebedaan kecil. Sementara itu, Berbicara dengan Penumpang hanya memiliki sedikit efek tau tidak ada efeknya dibandingkan tanpa gangguan.

Distracted driving is a main contributor to traffic accidents, where verbal tasks or known as a conversation are one of the contributing factors. A conversation is a demanding activity that involves an exchange of verbal information. As demands for driving and verbal tasks increase, the ability of drivers to divide attention between tasks degrade and results in an increased risk of car crashes. The widely known verbal distractions are having a conversation with passengers and calling on the phone. While this study adds another verbal distraction potential from the rise of the online meeting trend due to COVID-19. The correlation with human factors lies in the effect of distraction on driving performance and mental workload. This research will focus on female drivers who are statically proven to drive safer than male drivers. Thus, the research aims to analyze the effect of verbal distractions, namely Talking with Passengers, Calling on the Phone, and Online Meeting, with respect to drivers driving performance and mental workload using a driving simulator. The methodology used is a driver errors calculation for driving performance and NASA-TLX for the mental workload, before further applying statistical analysis to have a concrete analysis. From the 12 female driver respondents, the result revealed that in both driving performance and mental workload, Calling on the Phone has the largest effect and is followed by Online Meeting with a minor gap. Meanwhile, Talking with Passengers has a small or no effect in comparison with no distraction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library