Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andriadi
Abstrak :
ABSTRAK
Degradasi apresiasi terhadap film Western mutakhir melatarbelakangi penelitian ini. Para produser film mencoba merevitalisasi elemen film Western agar menghasilkan karya yang lebih menarik dengan atmosfer yang berbeda. Penelitian ini menelaah invensi dan interaksi budaya melalui eksplorasi unsur-unsur eksternal yang menyebabkan perubahan pada formula genre Western dalam film Wild Wild West (1999) dan Django Unchained (2012). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi pembalikan tipe struktur estetika dalam kedua film tersebut. Pertama, latar karya menunjukkan ruang yang semakin modern dan cenderung mengurangi ruang kebudayaan liar; kedua, ikon persenjataan dan transportasi yang digunakan oleh para tokoh semakin modern; ketiga, tokoh hero yang ditampilkan semakin marjinal; keempat, ide cerita semakin variatif dan dinamis; kelima, situasi dan pola tindakan yang disuguhkan menunjukkan formula kekerasan yang semakin brutal. Evolusi yang terjadi pada kedua film teranalisis dipengaruhi oleh politisasi produksi, perubahan jaman, dan perubahan selera penonton/masyarakat.
Ambon: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 2016
400 JIKKT 4:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ariasena Cahya Ramadhani
Abstrak :
Perkembangan teknologi yang kian pesat mengakibatkan sering terjadinya perubahan kebutuhan bisnis pada pengembangan aplikasi. Hal ini berdampak pada meningkatnya penerapan Software Development Life Cycle (SDLC) berbasis agile khususnya scrum karena sifat agile yang terbuka dan fleksibel terhadap perubahan kebutuhan pengguna. Tentu kelebihan dari metode tersebut tidak tanpa kekurangan. Permasalahan seperti kurangnya partisipasi product owner, kurangnya pelatihan mengenai scrum, dan pelaksanaan kegiatan scrum yang tidak sesuai dengan panduan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap anggota tim scrum. Permasalahan tersebut juga menjadi dasar dari penelitian serta pengembangan aplikasi web ScrumAid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan kegiatan scrum. Aplikasi ini menaruh fokus pada fitur checklist yang berisi panduan-panduan untuk menjalankan kegiatan scrum sesuai dengan panduan Scrum Guide 2020 dan buku The Essential Scrum. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan metode waterfall, framework backend Django serta library frontend React karena kesesuaiannya dengan kondisi pengembangan aplikasi. Selain pengembangan, tim penulis juga melakukan evaluasi terhadap aplikasi web ScrumAid dengan melakukan uji performa frontend dan backend, yang menunjukan hasil rata-rata performa backend sebesar 100 ms untuk backend. Pada frontend, skor Google Lighthouse sebesar 93.43 untuk performa dan 91.86 untuk aksesibilitas. Uji usability dan System Usability Scale yang hasilnya menyatakan bahwa partisipan puas terhadap aplikasi. ......The rapid development of technology has led to frequent changes in business requirements during application development. This has resulted in the increased adoption of agile-based Software Development Life Cycle (SDLC), particularly Scrum, due to its open and flexible nature in responding to user needs. However, this method also has its limitations. Issues such as lack of product owner participation, insufficient training in Scrum, and improper implementation of Scrum activities need to be addressed by all Scrum team members. These issues serve as the foundation for the research and development of the ScrumAid web application. The objective of this research is to develop an application that assists users in conducting Scrum activities. The application focuses on a checklist feature that provides guidance on executing Scrum activities correctly. The application development follows the waterfall method, utilizing the Django backend framework and React frontend library due to their suitability for the development environment. In addition to development, the writing team also conducted evaluations on the ScrumAid web application by performing frontend and backend performance tests, which showed an average backend performance result of 100 ms. On the frontend, the Google Lighthouse score was 93.43 for performance and 91.86 for accessibility. Usability testing and System Usability Scale were also conducted, and the results indicated that the participants were satisfied with the application.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lazuardi Pratama Putra Nusantara
Abstrak :
Perkembangan teknologi yang kian pesat mengakibatkan sering terjadinya perubahan kebutuhan bisnis pada pengembangan aplikasi. Hal ini berdampak pada meningkatnya penerapan Software Development Life Cycle (SDLC) berbasis agile khususnya scrum karena sifat agile yang terbuka dan fleksibel terhadap perubahan kebutuhan pengguna. Tentu kelebihan dari metode tersebut tidak tanpa kekurangan. Permasalahan seperti kurangnya partisipasi product owner, kurangnya pelatihan mengenai scrum, dan pelaksanaan kegiatan scrum yang tidak sesuai dengan panduan menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh setiap anggota tim scrum. Permasalahan tersebut juga menjadi dasar dari penelitian serta pengembangan aplikasi web ScrumAid. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam menjalankan kegiatan scrum. Aplikasi ini menaruh fokus pada fitur checklist yang berisi panduan-panduan untuk menjalankan kegiatan scrum sesuai dengan panduan Scrum Guide 2020 dan buku The Essential Scrum. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan memanfaatkan metode waterfall, framework backend Django serta library frontend React karena kesesuaiannya dengan kondisi pengembangan aplikasi. Selain pengembangan, tim penulis juga melakukan evaluasi terhadap aplikasi web ScrumAid dengan melakukan uji performa frontend dan backend, yang menunjukan hasil rata-rata performa backend sebesar 100ms untuk backend. Pada frontend, skor Google Lighthouse sebesar 93.43 untuk performa dan 91.86 untuk aksesibilitas. Uji usability dan System Usability Scale yang hasilnya menyatakan bahwa partisipan puas terhadap aplikasi. ......The rapid development of technology has led to frequent changes in business requirements during application development. This has resulted in the increased adoption of agile-based Software Development Life Cycle (SDLC), particularly Scrum, due to its open and flexible nature in responding to user needs. However, this method also has its limitations. Issues such as lack of product owner participation, insufficient training in Scrum, and improper implementation of Scrum activities need to be addressed by all Scrum team members. These issues serve as the foundation for the research and development of the ScrumAid web application. The objective of this research is to develop an application that assists users in conducting Scrum activities. The application focuses on a checklist feature that provides guidance on executing Scrum activities correctly. The application development follows the waterfall method, utilizing the Django backend framework and React frontend library due to their suitability for the development environment. In addition to development, the writing team also conducted evaluations on the ScrumAid web application by performing frontend and backend performance tests, which showed an average backend performance result of 100ms. On the frontend, the Google Lighthouse score was 93.43 for performance and 91.86 for accessibility. Usability testing and System Usability Scale were also conducted, and the results indicated that the participants were satisfied with the application.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Dzikrul Fikri
Abstrak :
Metode gravitasi merupakan salah satu metode geofisika yang dapat diaplikasikan pada berbagai bidang untuk menggambarkan kondisi batuan di bawah permukaan. Dalam menggambarkan kondisi batuan di bawah permukaan, dapat dilakukan pemodelan gravitasi tiga dimensi menggunakan sejumlah prisma segiempat yang disusun hingga membentuk geometri batuan bawah permukaan. Akurasi dan efisiensi dari model gravitasi dipengaruhi oleh pemilihan metode penentuan medan gravitasi prisma segiempat. Terdapat empat metode yang umum digunakan, yaitu metode Sorokin, Plouff, Okabe, dan Nagy. Untuk memperoleh model dengan akurasi terbaik, diperlukan pembandingan antar metode menggunakan aplikasi pemodelan tiga dimensi. Web merupakan platform yang dapat digunakan dimana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan spesifikasi perangkat yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk membuat aplikasi pemodelan tiga dimensi. Penelitian ini menggunakan aplikasi pemodelan tiga dimensi berbasis web untuk membandingkan respon medan gravitasi dari sesar, lakolit, dike, dan sill menggunakan metode Sorokin, Plouff, Okabe, dan Nagy secara kualitatif. Berdasarkan peta respon gravitasi yang diperoleh, metode Sorokin merupakan metode dengan resolusi tinggi, data medan gravitasi yang lengkap di setiap titik pengukuran, dan pengaruh jumlah prisma segiempat terhadap peta respon gravitasi yang terlihat dengan sangat jelas. ......The gravity method is one of the geophysical methods that can be applied to various fields to describe the subsurface condition. In describing the subsurface condition, three-dimensional gravity modeling can be carried out using several rectangular prisms arranged to form a subsurface rock geometry. The accuracy and efficiency of the gravity model are affected by the selection of the method of determining the rectangular prism's gravitational field. There are four methods that is commonly used, namely the Sorokin, Plouff, Okabe, and Nagy methods. To get the most accurate model, comparing the methods using three-dimensional modeling applications is needed. The web is a platform that can be used anywhere, anytime, and does not require high device specifications so that it can be used to create three-dimensional modeling applications. This study uses a web-based three-dimensional modeling application to compare the gravitational field responses of faults, laccoliths, dikes, and sills using the Sorokin, Plouff, Okabe, and Nagy methods qualitatively. Based on the gravity response map obtained, the Sorokin method is a method with high resolution, complete gravity field data at each measurement point, and the effect of the number of rectangular prisms on the gravity response map is very clearly visible.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aqil Taqiyyuddin
Abstrak :
Pertumbuhan pesat dalam transportasi maritim telah berdampak signifikan pada kualitas udara akibat emisi dari kapal. Skripsi ini berfokus pada pengembangan sistem pemantauan emisi kapal di Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan data Automatic Identification System (AIS). Sistem ini bertujuan untuk memantau dan menganalisis emisi kapal untuk memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mengurangi dampak lingkungan. Dengan mengintegrasikan berbagai teknik pemrosesan data, termasuk pre-processing data AIS, basis data, perhitungan waktu berlayar, kecepatan berlayar, dan emisi kapal menggunakan model STEAM, penelitian ini menawarkan pendekatan komprehensif untuk pemantauan emisi. Sistem ini menggunakan pemrograman Python dan kerangka kerja Django untuk membuat dasbor berbasis web yang interaktif, meningkatkan kemampuan pengambilan keputusan otoritas pelabuhan dan pemangku kepentingan. Hasil penelitian menunjukkan potensi sistem dalam memantau emisi secara efektif, mendorong operasi maritim yang berkelanjutan.   ......The rapid growth in maritime transportation has significantly impacted air quality due to emissions from ships. This thesis focuses on developing a ship emission monitoring system at the Port of Tanjung Priok using Automatic Identification System (AIS) data. The system aims to monitor and analyze emissions from ships to provide actionable insights for reducing environmental impacts. By integrating various data processing techniques, including pre-processing AIS data, calculating sailing times, sailing speeds, and ship emissions using the STEAM model, this study offers a comprehensive approach to emission monitoring. The system utilizes Python programming and Django framework to create an interactive web-based dashboard, enhancing the decision-making capabilities of port authorities and stakeholders. The results demonstrate the system's potential in effectively monitoring emissions, promoting sustainable maritime operations.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pasomba, Sae
Abstrak :
Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan. ......The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fahdii Ajmalal Fikrie
Abstrak :
Mutu setiap program studi harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu, tiap program studi harus mengupayakan pengembangan program studi secara komprehensif dan terstruktur. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuat Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom. Mekanisme SPMI dijalankan mengikuti siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan atau disingkat menjadi PPEPP. Meskipun begitu, pelaksanaan SPMI di Universitas Indonesia (UI) masih mengalami banyak hambatan. Salah satunya adalah tidak adanya integrasi data untuk kebutuhan SPMI dari tiap fakultas. Karenanya, Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) UI ingin memiliki suatu sistem terpusat yang dapat dimanfaatkan oleh tiap fakultas termasuk BPMA UI itu sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan alur yang dimulai dari requirements gathering dengan wawancara pengguna, requirements analysis dengan pembuatan persona, user journey, use case diagram (UCD), dan arsitektur informasi. Kemudian dari hasil analisis, dirancang desain low-fidelity prototype berupa wireframe dan desain high-fidelity prototype. Setelah itu, aplikasi dikembangkan dengan teknologi Python, Django, dan Django REST Framework untuk aplikasi back-end dan TypeScript, React, dan Next.js untuk aplikasi front-end. Aplikasi SPMI UI yang sudah selesai dikembangkan kemudian diuji dengan tiga metode evaluasi, yaitu User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi yang didapat dari ketiga metode evaluasi menyatakan bahwa sistem telah layak untuk digunakan meski masih terdapat beberapa bagian yang perlu diperbaiki. ......The quality of each study program must be continuously improved. Therefore, each study program must make an effort for the development of a comprehensive and structured study program. The Ministry of Education, Culture, Research and Technology has created an Internal Quality Assurance System (SPMI), which is a systemic activity of quality assurance in higher education by each university autonomously. The SPMI mechanism is carried out by following the cycle of Establishment (Penetapan), Implementation (Pelaksanaan), Evaluation (Evaluasi), Control (Pengendalian), and Improvement (Peningkatan), abbreviated as PPEPP. Even so, the implementation of SPMI at the University of Indonesia (UI) is still experiencing many obstacles. One of them is the absence of data integration for SPMI needs from each faculty. Therefore, UI’s Academic Quality Assurance Agency (BPMA) wants a centralized system that each faculty can utilize, including BPMA UI itself. In order to achieve that, research and development are done by adhering to the flow that started from requirements gathering through user interview, requirements analysis by creating personas, user journey, use case diagram, and information architecture. Based on the outcome of the analysis, low-fidelity prototype (wireframe) and high-fidelity prototype are made. From then on, the application was developed using Python, Django, and Django REST Framework for the back-end, and TypeScript, React, and Next.js for the front-end. The finished SPMI UI app was then tested and evaluated using three different methods: User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), and System Usability Scale (SUS). Based on all the tests conducted, it can be concluded that SPMI UI is production-ready, although it still has some parts that could be improved.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdurrahman Arfan
Abstrak :
Mutu setiap program studi harus terus ditingkatkan. Oleh karena itu, tiap program studi harus mengupayakan pengembangan program studi secara komprehensif dan terstruktur. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah membuat Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang merupakan kegiatan sistemik penjaminan mutu pendidikan tinggi oleh setiap perguruan tinggi secara otonom. Mekanisme SPMI dijalankan mengikuti siklus Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan atau disingkat menjadi PPEPP. Meskipun begitu, pelaksanaan SPMI di Universitas Indonesia (UI) masih mengalami banyak hambatan. Salah satunya adalah tidak adanya integrasi data untuk kebutuhan SPMI dari tiap fakultas. Karenanya, Badan Penjaminan Mutu Akademik (BPMA) UI ingin memiliki suatu sistem terpusat yang dapat dimanfaatkan oleh tiap fakultas termasuk BPMA UI itu sendiri. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dan pengembangan dengan alur yang dimulai dari requirements gathering dengan wawancara pengguna, requirements analysis dengan pembuatan persona, user journey, use case diagram (UCD), dan arsitektur informasi. Kemudian dari hasil analisis, dirancang desain low-fidelity prototype berupa wireframe dan desain high-fidelity prototype. Setelah itu, aplikasi dikembangkan dengan teknologi Python, Django, dan Django REST Framework untuk aplikasi back-end dan TypeScript, React, dan Next.js untuk aplikasi front-end. Aplikasi SPMI UI yang sudah selesai dikembangkan kemudian diuji dengan tiga metode evaluasi, yaitu User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), dan System Usability Scale (SUS). Hasil evaluasi yang didapat dari ketiga metode evaluasi menyatakan bahwa sistem telah layak untuk digunakan meski masih terdapat beberapa bagian yang perlu diperbaiki. ......The quality of each study program must be continuously improved. Therefore, each study program must make an effort for the development of a comprehensive and structured study program. The Ministry of Education, Culture, Research and Technology has created an Internal Quality Assurance System (SPMI), which is a systemic activity of quality assurance in higher education by each university autonomously. The SPMI mechanism is carried out by following the cycle of Establishment (Penetapan), Implementation (Pelaksanaan), Evaluation (Evaluasi), Control (Pengendalian), and Improvement (Peningkatan), abbreviated as PPEPP. Even so, the implementation of SPMI at the University of Indonesia (UI) is still experiencing many obstacles. One of them is the absence of data integration for SPMI needs from each faculty. Therefore, UI’s Academic Quality Assurance Agency (BPMA) wants a centralized system that each faculty can utilize, including BPMA UI itself. In order to achieve that, research and development are done by adhering to the flow that started from requirements gathering through user interview, requirements analysis by creating personas, user journey, use case diagram, and information architecture. Based on the outcome of the analysis, low-fidelity prototype (wireframe) and high-fidelity prototype are made. From then on, the application was developed using Python, Django, and Django REST Framework for the back-end, and TypeScript, React, and Next.js for the front-end. The finished SPMI UI app was then tested and evaluated using three different methods: User Acceptance Test (UAT), Usability Testing (UT), and System Usability Scale (SUS). Based on all the tests conducted, it can be concluded that SPMI UI is production-ready, although it still has some parts that could be improved.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naufal Sani
Abstrak :
Kehadiran antrian panjang di toko dan pusat layanan seringkali menimbulkan rasa frustrasi dan ketidakpuasan di antara pelanggan, mengakibatkan pengalaman yang buruk dan mengurangi loyalitas terhadap bisnis. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan aplikasi Point of Sale (PoS) interaktif yang tidak hanya memberikan sistem penomoran antrian, tetapi juga memungkinkan pelanggan untuk memesan melalui ponsel mereka sambil menunggu. Pengembangan aplikasi PoS dilakukan dengan menggunakan metode Scrum yang memungkinkan adaptasi perubahan yang diajukan oleh product owner. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi teoritis dengan memperkaya literatur tentang sistem PoS interaktif yang mencakup sistem penomoran antrian dan pemesanan melalui ponsel dalam konteks pengembangan menggunakan metode Scrum. Secara praktis, aplikasi yang dihasilkan memberikan manfaat dalam memberikan pendekatan antrian yang lebih efektif dan efisien, yang menguntungkan pelanggan dan bisnis. Pada evaluasi fungsionalitas aplikasi, semua skenario dalam usability testing dan user acceptance testing berhasil dilalui dengan sukses. ......The presence of long queues at stores and service centers often creates frustration and dissatisfaction among customers, resulting in a bad experience and reducing business loyalty. To solve this problem, an interactive Point of Sale (PoS) application was developed which not only provides a queue numbering system, but also allows customers to order via their mobile phones while waiting. PoS application development is carried out using the Scrum method which allows adaptation of changes proposed by the product owner. The results of this study provide a theoretical contribution by enriching the literature on interactive PoS systems which include queue numbering systems and mobile ordering in the context of developing using the Scrum method. Practically, the resulting application provides benefits in providing a more effective and efficient queuing approach, which benefits customers and businesses. In evaluating application functionality, all scenarios in usability testing and user acceptance testing were successfully passed.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budiman Arbenta
Abstrak :
Pengelolaan proposal tugas akhir untuk program sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) masih menggunakan media eksternal, seperti Excel, forum Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI, Google Form, dan sebagainya. Dengan demikian, pengelolaan proposal menjadi tidak terstruktur dan tidak terintegrasi. Untuk menangani masalah ini, sudah ada inisiatif pengembangan sistem informasi untuk mengelola tugas akhir yang dinamakan SISKRIPSI. Namun, fitur SISKRIPSI ini perlu dievaluasi dan dikembangkan lebih lanjut dengan melakukan requirements gathering bersama tim dosen tugas akhir Fasilkom UI agar fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan. Selain dari segi fitur, desain antarmuka dari SISKRIPSI juga perlu dievaluasi agar dapat memenuhi standar desain aplikasi. Hasil aplikasi yang telah dikembangkan ini dinamakan Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Pengembangan SIPETA menerapkan metode User Centered Design dan Feature Driven Development. Aplikasi SIPETA dibangun dengan arsitektur decoupled, frontend dikembangkan menggunakan framework React JS sedangkan backend dikembangkan menggunakan framework Django Rest Framework. Selain itu, SIPETA diintegrasi dengan Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). Setelah dilakukan pengembangan, aplikasi dievaluasi dengan metode Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test dan Lighthouse Testing. Hasil evaluasi dari SIPETA menyatakan SIPETA sudah layak untuk digunakan. ......The management of final year project proposals of the undergraduate study programs at the Faculty of Computer Science, Universitas Indonesia (Fasilkom UI) still uses external media, such as Excel, Student Centered E-Learning Environment (SCELE) Fasilkom UI’s forum, Google Form, etc. Thus, proposal management becomes unstructured and unintegrated. To handle this problem, there was already an inisiative to develop an information system to manage final year projects named SISKRIPSI. However, the features of SISKRIPSI needs to be evaluated and developed further by conducting a requirements gathering with the Fasilkom UI final year project committee so that the application features match the needs. Apart from the features, the interface design of SISKRIPSI also needs to be evaluated so that it can fulfill the application design standards. The result of the developed application is called Sistem Pengelolaan Tugas Akhir (SIPETA). Development of SIPETA applies User Centered Design and Feature Driven Development method. SIPETA was build on decoupled architecture, frontend was build using React JS framework and backend was build using Django Rest Framework. Besides that, SIPETA was also integrated with Sistem Informasi Sidang Tugas Akhir (SISIDANG). After the development process, the application was evaluated using Usability Testing, System Usability Scale, User Acceptance Test and Lighthouse Testing methods. The evaluation results of SIPETA states that SIPETA is ready to use.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>