Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Farhan Atmawinanda
Abstrak :
Skripsi disusun dengan tujuan untuk menganalisis dampak infrastruktur transportasi jalan, kereta, dan udara terhadap output regional serta dampak infrastruktur transportasi jalan dan kereta terhadap migrasi permanen di Pulau Jawa dengan menggunakan data panel 2001 – 2017. Metode penelitian menggunakan alat analisis ekonometrika yaitu: model pertama untuk mengetahui dampak infrastruktur transportasi jalan, kereta, dan udara terhadap output regional dan model kedua untuk mengetahui dampak infrastruktur transportasi jalan dan kereta terhadap migrasi permanen. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa density road dan jumlah penumpang yang bermobilisasi menggunakan kereta dan pesawat memiliki korelasi positif terhadap PDRB per kapita. Signifikansi pengaruh density road dan jumlah penumpang kereta terhadap PDRB per kapita bahkan tergolong kuat. Untuk variabel pendukung, yang memiliki korelasi positif dengan tingkat signifikansi pengaruh yang kuat terhadap PDRB per kapita adalah rasio pekerja yang memiliki pendidikan tinggi. Sebaliknya jumlah kargo kereta dan pesawat dalam penelitian ini justru memiliki korelasi negatif terhadap besaran PDRB per kapita dengan signifikansi yang lemah. Nampaknya pergerakan barang via pesawat maupun kereta tidak terlalu berdampak terhadap pengembangan perekonomian. Selain itu, pada model kedua ditemukan fakta bahwa rasio pengembangan infrastruktur jalan daerah asal dengan daerah tujuan memiliki korelasi positif terhadap jumlah migrasi. Hal ini bisa terjadi karena pengembangan jalan di suatu daerah bisa saja mendorong masyarakat untuk bepergian ke daerah lain. ......The thesis was prepared with the aim of analyzing the impact of road, rail and air transport infrastructure on regional output and the impact of road and rail transportation infrastructure on permanent migration in Java region using the 2001 - 2017 panel data. The research method constructs two models: the first model wants to determine the impact of road, rail and air transport infrastructure on regional output and the second model wants to know the impact of road and rail transportation infrastructure on permanent migration. This research shows that the density road rate, total airline passangers, and total train passangers have positive correlation on GDRP per capita where the strong level of significance are found on the correlation between density road on GDRP per capita and train passangers on GDRP per capita. Moreover, the compliment variable, such as highschooled labour rate also playing a significance role in enhancing the GDRP per capita growth. In other way, this research also found that the amount of train or plane cargo are not having any good significance on boosting the regional output. Maybe the people movement are more impactful than the goods movement in order to increasing the productivity on regional level. Moreover, the second model in this research also found out that the road infrastructure ratio between the origin and destination area is having a positive correlation to increase the number of migration. This can happen because road development in one area can encourage people to travel to other areas.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desty Pratita Mardianingsih
Abstrak :
Meningkatnya jumlah penduduk akan mendorong perubahan penggunaan tanah pertanian ke nonpertanian, sementara itu peningkatan produksi padi harus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perubahan distribusi penduduk dan aktivitas pertanian padi tahun 1989-2009 menurut wilayah ketinggian di Pulau Jawa, dengan variabel jumlah dan pertumbuhan penduduk, jumlah dan perubahan produksi padi, luas dan perubahan luas panen, perubahan luas sawah, produktivitas dan perubahan produktivitas padi, serta ketinggian wilayah. Hasil analisis spasial menunjukkan bahwa perubahan distribusi penduduk dan aktivitas pertanian padi cenderung terjadi pada wilayah dataran rendah dibandingkan wilayah dataran tinggi dan berada pada Jawa bagian barat khususnya di pantai utara dan pantai selatan. ......The increasing population will lead to changes in agricultural land use to non-agriculture , in the meantime the increase in the production of paddy must be increased to satisfy the requirement for food. This research was carried out to know the change in population distribution an paddy agricultural activity in 1989-2009 according to the altitude on the island of Java with a variable number and population growth, the number and rate of rice production, the area and the rate of the harvest of the area, the rate of the change in the paddy-field , productivity and rate of rice productivity and altitude regions. Results of the spatial analysis showed that changes in the distribution of population and paddy agricultural activities tend to occur in the lowlands than the highlands in western Java, especially on the north coast and south coast.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
S783
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library