Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sianipar, Yovanka Gabriella Lydia
Abstrak :
Laporan magang ini membahas audit pembayaran atas beban umum Proyek ASDF pada Yayasan AHA Indonesia yang merupakan sebuah organisasi nirlaba dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat miskin yang berada di Indonesia dan tetap menjaga kelestarian lingkungan yang ada. Proses audit dilakukan oleh KAP XYZ Indonesia untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Laporan ini membahas prosedur audit yang dilakukan atas pengeluaran terkait beban umum dan memberikan analisis atas proses audit tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dibuat, praktik audit yang diterapkan oleh KAP XYZ telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku. Selama proses audit, terdapat temuan yang disebabkan oleh human error dengan nilai dibawah SUM. Namun secara keseluruhan, pengeluaran atas beban umum telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material. ...... The main objective of this internship report is to explore about general expense of ASDF Project by AHA Indonesia Foundation, which is a Non profit Organization. AHA Indonesia Foundation rsquo s main objective is to reduce poverty and improve the welfare of Indonesia 39 s rural population. Furthermore, AHA Indonesia also focuses on preserving Indonesia 39 s natural environment. The auditing process of the project is done by KAP XYZ which ended in December 31st 2016. This report will examine the auditing process of General Expenses and provide analysis of the process. Based on the result of the analysis, the auditing method used by XYZ was found accordant to the valid theory and and auditing standard. During the auditing process, the researcher found audit finding that was caused by human error with a value below SUM had occurred. Overall, the disbursement of General Expense has been presented fairly in all material respects.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Hakim
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk melakukan refleksi diri atas pengalaman magang dan mengevaluasi pengendalian internal PT KS terutama pada proses pembayaran atas persediaan bahan baku yang dilakukan. PT KS adalah salah satu anak perusahaan perusahaan transportasi darat yang bertugas untuk menunjang usaha dari perusahaan induk. Evaluasi pengendalian internal proses pembayaran atas pembelian bahan baku menggunakan komponen aktivitas pengendalian dari kerangka pengendalian internal Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO). Komponen aktivitas pengendalian yang dievaluasi terdiri dari verifikasi, rekonsiliasi, otorisasi dan persetujuan, pemisahan tugas, dan pengendalian supervisi. Dari evaluasi yang dilakukan, PT KS telah menjalankan pengendalian internal dengan baik. Setelah melakukan refleksi diri atas pengalaman magang, hal yang harus ditingkatkan kembali adalah kedisiplinan diri, kemampuan SAP, dan kepercayaan diri. Dengan tindak lanjut untuk melakukan perencanaan jangka panjang, mencari karir di perusahaan yang menggunakan SAP, dan memperkaya pengetahuan ......This internship report discusses the self reflection upon the internship experiences and the evaluation of PT KS internal control for raw material inventories purchases. PT KS is a subsidiary of a land transportation business company in Indonesia that focuses on supporting the parent company’s main business activities. The theory used in the analysis for internal control for raw material inventories purchases was control activity component from Committee of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO) internal control framework. The component of control activity evaluated consists of verification, reconciliations, authorizations and approvals, segregation of duties, and supervisory controls. The result from the evaluation shows that the internal control conducted by PT KS has been well applied. After doing self reflection when the internship ended, the things that must be improved are self discipline, skills in using SAP, and self confidence.With a plan to do long term planning, continuing career in a company that uses SAP system, and enriching knowledge
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nurlaela Amin Awalimah
Abstrak :
Latar belakang penulisan tesis ini adalah tingginya tingkat hutang Iuar negeri Indonesia yang ternyata tidak dibarengi dengan pengelolaan yang efisien dan efektif. Salah satu penyebab pengelolaan yang kurang efisien tersebut adaiah terjadinya low disbursement yang berakibat pada besarnya dana APBN yang digunakan untuk pembayaran kembali rnelebihi perkiraan pembayaran semula. Penelitian difokuskan pada kasus Loan IBRD 4290-IND dan Loan IDB IND-0063/64 yang bertujuan untuk: 1. Mengetahui faktor-faktor penyebab low disbursement sekaligus membandingkan kedua lender beserta cara penarikannya untuk mencari mama yang lebih menguntungkan; 2. Memberikan rekomendasi kebijakan terkait dengan masalah low disbursement. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dalam rangka memperoleh gambaran masalah penyerapan dana pinjaman Iuar negeri dari berbagai sudut pandang, balk dari karakteristik proyek maupun dari indikator lain. Penelusuran dokumen proyek yang dibiayai pinjaman Iuar negeri dilakukan untuk mengetahui faktor apa yang menjadi penyebab terjadinya low disbursement tersebut. Indikator yang digunakan untuk mengukur low disbursement adalah : Progress Varian, yaitu selisih persentase waktu terpakai dan persentase penyerapan kumulatif; backlog, yaitu besarnya dana terpakai yang belum diisi kembali (replenished) oleh pihak lender; dan realisasi disbursement terhadap target disbursement pada tahun anggaran berjalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor rendahnya daya serap penarikan dana PLN adalah sebagai berikut: 1. Kekurangsiapan proyek dalam desain dan manajemen proyek; 2. Keterlambatan penyelesaian dokumen anggaran proyek akibat perubahan sistem maupun faktor manusia; 3. Perubahan kondisi/politik didaerah; 4. Rendahnya kualitas sumber daya manusia sebagai pelaksana proyek; 5. Faktor yang berasal dart lender; 6. Terjadinya backlog. Karena tidak adanya metode yang compatible untuk membandingkan kedua lender yang berbeda karakteristik, penulis tidak dapat menentukan secara pasti lender mana yang lebih balk, namun dapat diambil beberapa kesimpulan perbedaan antara kedua lender tersebut sebagai berikut : 1. Lender IBRD menghitung cost of borrowing sejak effective date dan dikenakan pada dana yang sudah dan belum ditarik sehingga semakin lama low disbursement terjadi, makin besar kerugian yang harus dibayar. Pada lender IDB, cost of borrowing baru diperhitungkan jika sudah ada penarikan dan tidak dikenakan pada dana yang belum ditarik; 2. Jenis kegiatan proyek IDB lebih fieksibel karena borrower driven dan bukan lender driven seperti pada IBRD; 3. Porsi kegiatan 100% pada IDB lebih menguntungkan dibandingkan dengan sharing kegiatan seperti pada IBRD; 4. IDB memerlukan waktu pengusulan proyek yang rata-rata lebih lama dibanding IBRD; 5. Cara penarikan dengan pembayaran langsung yang umumnya digunakan IDB, cenderung lebih aman karena tidak ada backlog dibandingkan Reksus yang umum dikenakan IBRD. Dan temuan-temuan di atas, penulis menyarankan beberapa kebijakan antara lain : A. Kebijakan untuk mengatasi low disbursement : 1. Agar pemerintah lebih memperketat kriteria readiness filter dalam pengusulan proyek baru; 2. Agar Bappenas dan Depkeu dapat duduk bersama untuk mengatasi keterlambatan penerbitan dokumen anggaran; 3. Agar lebih meningkatkan koordinasi antar instansi terkait untuk menghindari kesalahpahaman; 4. Peningkatan kualitas SDM; 5. Perlunya diadakan kesepakatan dengan lender yang dapat mengikat untuk mengantisipasi kerugian sepihak; 6. Agar Depkeu dan proyek lebih intensif dalam melakukan replenishment. B. Kiranya pemerintah perlu melakukan pemilihan lender termasuk Cara pembayaran yang lebih menguntungkan dan memiliki resiko yang lebih kecil atas keterlambatan proyek.
Depok: Universitas Indonesia, 2005
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nindya Farah Dwi P.
Abstrak :
Situasi sesungguhnya pada perusahaan jasa konstruksi PT XYZ berdasarkan laporan pemeriksaan internal memperlihatkan bahwa terdapat beberapa transaksi terkait siklus pengeluaran kas perusahaan yang kurang lazim. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan memerlukan suatu Sistem Pengendalian Internal yang memadai untuk memberikan keyakinan atas transaksi-transaksi pengeluaran kas sehingga laporan atas pengeluaran kas dapat disajikan secara wajar.Selain itu, pengendalian internal jika dirancang dan diterapkan secara tepat, dapat mencegah dan mendeteksi fraudyang dapat merugikan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan usulan perbaikan sistem pengendalian internal atas siklus pengeluaran kas pada PT XYZ dengan menggunakan prinsip-prinsip COSO framework 2013. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi objek penelitian dan wawancara kepada pimpinan dan personil PT XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan pada sistem pengendalian internal pada siklus pengeluaran kas perusahaan, seperti belum terdapat pakta integritas, SOP belum update dan belum menjelaskan peran teknologi dan sistem informasi, belum terdapat dokumen tertulis mengenai identifikasi dan penilaian risiko, metode untuk melakukan penilaian risiko, identifikasi risiko kecurangan,dan identifikasi risiko perubahan, aktivitas pengendalian belum mempertimbangkan mitigasi risiko, sosialisasi terkait pengendalian internal masih perlu ditingkatkan, belum terdapat saluran komunikasi terpisah untuk komunikasi anonim/rahasia, belum terdapat strategi pemantauan, dan belum terdapat dokumen tertulis mengenai rencana cakupan dan frekuensi evaluasi berdasarkan pada risiko. Selain itu penelitian ini juga melakukan penilaian risiko dan analisis fraud sehingga dapat diketahui sistem pengendalian yang tepat dan efektif dalam siklus pengeluaran kas. Lebih lanjut, usulan perbaikan diberikan berdasarkan kelemahan yang teridentifikasi dalam penelitian. ......The real situation of construction company PT XYZ based on the internal audit report shows that there are some unusual transactions related to cash disbursement cycle. This indicates that the company needs an adequate Internal Control System to provide assurance in cash disbursement transactions so that reports on cash disbursements can be fairly presented. Furthermore, if internal control is properly designed and implemented, it can prevent and detect fraud which may harm the company. This research aims to evaluate and propose improvement of internal control system over the cash disbursement cycle of PT XYZ by using the principles of COSO framework 2013. This research is a case study research using descriptive qualitative approach by observing the object of research and interviewing to the senior personnel of PT XYZ. The results show that there are still some weaknesses in the internal control system in cash disbursement cycle, such as there is no integrity pact yet, SOP has not been updated and has not explained the role of technology and information system, there is no written document on risk identification and assessment, risk assessment method, fraud risk identification, and identification risk changes, control activities have not considered risk mitigation yet, socialization related to internal controls needs to be improved, there is no separate communication line for anonymous confidential communication, there is no monitoring strategy, and there is no written document on the coverage and frequency of evaluation plan based on the risk. In addition, this research also conducts self control assessment and fraud analysis so that it can be known the appropriate and effective internal control in the cash disbursement cycle. Furthermore, the proposed improvement is based on the weaknesses identified in the study.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizh Prasetya Muslim
Abstrak :
Penggunaan covernote bisa menimbulkan masalah jika Notaris/PPAT tidak menerapkan prinsip kehati-hatian. Salah satunya yaitu adanya pemalsuan covernote yang dilakukan oleh Pegawai Notaris/PPAT seperti yang terjadi di Kabupaten Karangnanyar. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai akibat hukum atas pembuatan covernote palsu oleh Pegawai Notaris/PPAT terhadap keabsahan pencairan kredit dan tanggung jawab Notaris/PPAT secara perdata, pidana, administrasi, serta berdasarkan kode etik terkait dengan pemalsuan covernote yang dilakukan oleh Pegawainya. Penelitian ini berbentuk yuridis normatif dengan cara penelaahan melalui bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini menunjukkan Adanya pemalsuan covernote tidak mempengaruhi keabsahan pencairan kredit. Hal ini dikarenakan covernote bukanlah merupakan perjanjian, melainkan keterangan yang dibuat oleh Notaris/PPAT untuk kepentingan para pihak saja. Notaris/PPAT bertanggung jawab secara perdata terhadap pemalsuan covernote yang dilakukan oleh Pegawainya berdasarkan Pasal 1367 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Secara pidana, Notaris/PPAT tidak bertanggung jawab dikarenakan pemalsuan covernote dan penggunaan covernote palsu bukan dilakukan oleh Notaris/PPAT melainkan oleh pegawainya. Secara administrasi dan kode etik, Notaris/PPAT harus bertanggung jawab dikarenakan adanya penggunaan cap/stempel oleh pegawainya sebagai akibat dari adanya kelalaian dalam penyimpanan cap/stempel PPAT. ......Covernotes can cause problems if the Notary/PPAT does not apply the precautionary principle. One of them is the forgery of covernotes carried out by Notary/PPAT employees as happened in Karangnanyar Regency. This study raises issues regarding the legal consequences of making fake covernotes by Notary/PPAT Employees on the legitimacy of credit disbursements and Notary/PPAT responsibilities in civil, criminal, administrative, and based on the code of ethics related to covernote falsification by employees. This research is in the form of normative juridical research by examining primary, secondary and tertiary legal materials. The results of this study indicate that forgery covernotes do not affect the legitimacy of credit disbursements. This is because the covernote is not an agreement, but a statement made by the Notary/PPAT for the benefit of the parties only. Notary/PPAT are civilly responsible for forgery of covernotes committed by their employees based on Article 1367 of the Civil Code. Criminally, the Notary/PPAT is not responsible because the forgery of covernotes and the use of fake covernotes is not carried out by the Notary/PPAT but by their employees. In addition, the Notary/PPAT is administratively and ethically responsible due to the use of a stamp by his employees as a result of negligence in the storage of PPAT stamp.
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Felix Prawira
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini menganalisis siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha SOP, Ltd. Utang usaha terjadi akibat pembelian barang atau jasa secara kredit. Analisis mencakup prosedur pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha dan analisa komponen sistem informasi akuntansi. Metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah studi pustaka, wawancara, dan observasi. Hasil dari laporan magang menunjukkan bahwa komponen infrastruktur teknologi informasi, perangkat lunak, basis data, dan pengendalian internal telah memadai. Namun, komponen prosedur dan SDM masih terdapat kekurangan yaitu kesalahan dalam menerapkan three way matching, pembuatan laporan penerimaan barang atau jasa setelah tagihan dari supplier, kelalaian pelaksanaan prosedur dan manajemen waktu yang kurang baik oleh SDM dalam menerapkan seluruh prosedur pada siklus pengeluaran kas atas pembayaran utang usaha.
ABSTRACT
This report analyzes cash disbursement cycle on payment of account payable at SOP, Ltd. Accounts payable arise from the purchase of goods or services on credit. The analysis performed includes an overview of the cash disbursement procedure for the payment of accounts payable and the analysis of accounting information system components. The methodology of writing used in preparing this report is literature study, interview, and observation. The results of this report shows that the information technology infrastructure, software, database, and internal control components are adequate. However, the components of procedures and human resources are still lacking of mistakes in applying three way matching, receving report of goods or services after the invoice from supplier, negligence implementation procedures and poor time management by employee in implementing all procedures on the cash disbursement cycle for payment of account payable.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Marchelina Tivani
Abstrak :

Tugas karya akhir ini berisi evaluasi pelaksanaan pemeriksaan kelengkapan dokumen terhadap utang yang bermasalah pada Perusahaan XYZ. Berdasarkan hasil evaluasi, Perusahaan XYZ masih belum menjalankan prosedur persiapan pembayaran utang yang bermasalah dan prosedur pengeluaran kas yang mana hanya sampai sebelum pembayaran utang pada siklus pengeluaran dengan baik dan benar sesuai dengan teori yang dijelaskan oleh James A. Hall (2013) pada bukunya yang berjudul Introduction to Accounting Information Systems 8th Edition. Aktivitas pengendalian yang dimiliki oleh Perusahaan XYZ juga masih kurang dan Perusahaan XYZ masih belum menerapkan aktivitas pengendalian yang dimilikinya dengan baik sesuai dengan dengan standar yang berlaku yaitu COSO (Committee of Sponsoring Organization of the Tradeway Commission)Kerangka Kerja Terintegrasi seperti yang dijelaskan oleh Arens, Elder, dan Beasley (2014) pada bukunya yang berjudul Auditing and Assurance Services an Integrated Approach 15th Edition. 


Tugas karya akhir ini berisi evaluasi pelaksanaan pemeriksaan kelengkapan dokumen terhadap utang yang bermasalah pada Perusahaan XYZ. Berdasarkan hasil evaluasi, Perusahaan XYZ masih belum menjalankan prosedur persiapan pembayaran utang yang bermasalah dan prosedur pengeluaran kas yang mana hanya sampai sebelum pembayaran utang pada siklus pengeluaran dengan baik dan benar sesuai dengan teori yang dijelaskan oleh James A. Hall (2013) pada bukunya yang berjudul Introduction to Accounting Information Systems 8th Edition. Aktivitas pengendalian yang dimiliki oleh Perusahaan XYZ juga masih kurang dan Perusahaan XYZ masih belum menerapkan aktivitas pengendalian yang dimilikinya dengan baik sesuai dengan dengan standar yang berlaku yaitu COSO (Committee of Sponsoring Organization of the Tradeway Commission)Kerangka Kerja Terintegrasi seperti yang dijelaskan oleh Arens, Elder, dan Beasley (2014) pada bukunya yang berjudul Auditing and Assurance Services an Integrated Approach 15th Edition. 

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muammar Cadillac Sungkar
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur identifikasi utang dan prosedur persiapan verifikasi dokumen pengeluaran kas beserta refleksi diri atas pengalaman magang pada RSUD Lawan Corona yang merupakan salah satu rumah sakit pemerintah yang berada di Aceh. Dari evaluasi yang dilakukan, pencatatan utang yang diakui rumah sakit dapat dikatakan memiliki risiko salah saji yang tinggi serta proses verifikasi dokumen pengeluaran kas yang rumit dapat menyebabkan keterlambatan pembayaran kepada pihak ketiga. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan melibatkan berbagai pihak yang dapat mempengaruhi keefisiensi dan keefektifan dalam melakukan pembayaran. Keterlambatan pembayaran disebabkan juga oleh penerimaan piutang yang telah jatuh tempo dan kebijakan prioritas pembayaran yang diterapkan rumah sakit. ......This internship report aims to evaluate debt identification procedures and preparation procedures for verifying cash disbursements documents as well as self-reflection on the internship experience at the Lawan Corona Hospital which is one of the government hospitals in Aceh. From the evaluation, recording debt admitted to hospitals have a high risk of misstatement and the document verification process cash expenditures is complicated and can lead to late payments to third parties. Documents that must involve various parties that can affect efficiency and effectiveness in making payments. The delay in payment was also caused by long overdue receivables and payment priority policies by the hospital.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fandi Zaenudinsyah
Abstrak :
ABSTRACT
Belanja pemerintah pusat sebagai komponen terbesar belanja negara memiliki peran penting dalam menentukan output nasional dan mempengaruhi alokasi dan efesiensi sumber daya ekonomi. Peningkatan idealnya diikuti dengan pola penyerapan yang responsive. penyerapan anggaran yang masih menumpuk pada akhir tahun mengindikasi kan bahwa pelaksanaan anggaran belum optimal, bahkan dapat menyebabkan kerugian negara secara ekonomis. Penumpukan pencairan dana tersebut juga terjadi pada satuan kerja lingkup kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) jakarta V. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daktor faktor penyebab penumpukan pencairan dana APBN pada akhir tahun anggaran. Penelitian ini menggunakan metode analisis data berupa analisis faktor. Hawsil penelitian menunjukkan bahwa penumpukan pencairan dana APBN pada akhir tahun anggaran pada satuan kerja lingkup KPPN Jakarta V disebabkan oleh delapan faktor yaitu administrasi perbendaharaan, pelaksaan pengadaan, perencanaan anggaran, persyaratan teknis pendukung, jadwal pengadaan, sumber daya manusia, kompetensi dan mutasi pejabat.
Direktorat Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, 2016
336 ITR 1:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Ramadiyansari
Abstrak :
Situasi aktual perusahaan pengelola kawasan industri PT XYZ berdasarkan laporan audit internal menunjukkan aktivitas yang tidak biasa pada proses bisnis pengeluaran kas. Perbaikan diperlukan agar proses bisnis dapat berjalan lebih baik, menghindari penipuan, dan menyajikan laporan keuangan secara adil. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas proses bisnis pengeluaran kas yang berjalan di PT XYZ dan pengendalian internalnya menggunakan kerangka kerja COSO 2013. Penelitian ini adalah metode studi kasus kualitatif yang menekankan pada pendalaman analisis sistem, keadaan, peristiwa dan interaksi untuk menjawab masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi dan ulasan dokumen ilmiah dan perusahaan. Hasilnya menunjukkan adanya kelemahan perusahaan dalam menjalankan proses bisnis pengeluaran kas dan pengendalian internalnya. Penelitian ini menyajikan evaluasi penyebab, faktor kelemahan, identifikasi risiko, dan diagram alur proses bisnis pengeluaran kas yang berkorelasi dengan pengendalian internal untuk menentukan. ......An industrial estate management company PT XYZs actual situation based on internal audit report shows unusual activities in the cash disbursement business process. The improvement is needed in order to be able to run business process properly, avoid fraud, and present financial statements fairly. This research evaluates the effectiveness of current cash disbursement business process and its internal control using COSO 2013 framework. This research is a qualitative case study method that emphasizes the deepening of the analysis of a system, circumstances, events and interactions to answer the research problems. This study uses primary and secondary data obtained from interviews, observations and reviews of scientific and company documents. The result show companys weakness in running cash disbursement business process and its internal control. This research presents the evaluation of causes, weakness, risk identification and cash disbursement business process flowchart, which are correlated with internal controls to determine appropriate and effectiveness activity in cash disbursement business process.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>