Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dian Anggraeni Mardianti
"ABSTRAK
Praktik diplomasi Amerika Serikat kepada Indonesia salah satunya
berbentuk diplomasi digital (eDiplomacy) yang terwujud melalui Twitter
atamerica. eDiplomacy yang Amerika Serikat lakukan menyasar generasi muda
pengguna media sosial karena berada dalam usia produktif dalam melakukan
kehidupan bernegara. Dalam praktik eDiplomacy terdapat penyampaian nilai-nilai Amerika (American values) dan nation branding yang Amerika Serikat lakukan kepada masyarakat Indonesia. Penelitian ini fokus pada pertanyaan (1) bagaimana eDiplomacy sebagai bentuk konsep nation branding diterapkan oleh america di Indonesia sejalan dengan poin nilai-nilai Amerika (American values) dan (2) bagaimanakah nation branding @atamerica hadir dalam bentuk citra yang ingin disampaikan oleh Amerika Serikat kepada masyarakat Indonesia? Dalam upaya menjawab pertanyaan penelitian digunakan teori diplomasi publik oleh Joseph Nye, teori diplomasi digital oleh Wilson Dizard Jr., dan konsep nation branding oleh Leslie de Chernatory. Teori diplomasi publik digunakan untuk memahami konsep masuknya lembaga perwakilan Amerika Serikat di tengah masyarakat Jakarta, Indonesia. Teori diplomasi digital membantu penulis untuk memahami praktik diplomasi dalam media sosial, dan konsep nation branding berguna untuk memahami citra apa yang ingin disampaikan oleh Amerika Serikat melalui akun atamerica. Metode penelitian adalah kualitatif dengan acuan kepada Twitter milik america, dokumen resmi, dan situs berita internet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Twitter atamerica mengandung nilai-nilai Amerika (American values) dalam kontennya dan nation branding hadir untuk mempertahankan persepsi dan citra baik di masyarakat Indonesia atas Amerika Serikat

ABSTRACT
One of the form United States of Americas diplomacy practice for
Indonesia, digital diplomacy (eDiplomacy), was realized through Twitter
atamerica. eDiplomacy conducted by the United States targeting the young
generation of social media users because they are in a productive age. In practice, eDiplomacy is the delivery of American values and American nation branding to the Indonesian people. This study focuses on the question (1) how eDiplomacy as a form of the concept of nation branding applied by atamerica in Indonesia is in line with the points of American Values and (2) how does atamericas nation branding come in the form of the image that the United States wants to convey to Indonesian society. To answer the research questions, I public diplomacy theory by Joseph Nye, digital diplomacy theory by Wilson Dizard Jr., and the concept of nation branding by Leslie de Chernatory. Public diplomacy theory is used to determine the concept of the entry of representative institutions in the United States of Jakarta, Indonesia. The digital diplomacy theory will facilitate the practice of diplomacy on social media, and the concept of nation branding is useful for understanding what images the United States wants to convey through the atamerica account.
The research method is qualitative and take americas Twitter as the main
source, official documents, and internet news sites. The results of the study show that the atamerica Twitter account contains American values in its content and presents the United States good image and improve positive perceptions about the State itself in Indonesian society"
2019
T52283
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Halmar Said Abdul Basir Polanunu
"Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemerintahan Israel menerapkan strategi dan taktik dalam berkomunikasi dengan publik internasional melalui melalui media sosial X/Twitter. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori Self-Presentation untuk menjelaskan frekuensi penggunaan strategi dan taktik tertentu dalam konflik selama periode 7 Oktober 2023 hingga 7 Oktober 2024.Tesis ini menggunakan metode analisis konten untuk mengolah 1.015 konten yang diunggah oleh akun resmi Israel Defence Force, Kementerian Luar Negeri Israel, dan Perdana Menteri Israel. Ketiga akun menerapkan gabungan strategi dan taktik seperti deligitimasi dan asosiasi dalam rangka memperkuat dukungan bagi kepentingan Pemerintahan Israel dalam konflik. Meskipun strategi ini terlihat efektif membangkitkan persepsi dukungan di X/Twitter, tanggapan global menunjukkan dukungan publik yang kuat terhadap Palestina, dengan lebih dari 32.000 demonstrasi di berbagai negara. Kritik internasional dan jurang persepsi global menjadi tantangan utama diplomasi digital Israel, meskipun dukungan dari sekutu strategis seperti Amerika Serikat tetap signifikan.

This study aims to explain how the Israeli government implemented strategies and tactics to communicate with the international public through the social media platform X/Twitter. The analysis in this research applies the Self-Presentation theory to explain the frequency of using specific strategies and tactics during the conflict from 7 October 2023 to 7 October 2024. This thesis employs content analysis methods to examine 1,015 posts uploaded by the official accounts of the Israel Defense Forces, the Israeli Ministry of Foreign Affairs, and the Israeli Prime Minister. These accounts utilized a combination of strategies and tactics, such as delegitimization and association, to bolster support for the Israeli government's interests in the conflict. While these strategies appeared effective in generating perceptions of support on X/Twitter, global responses demonstrated strong public backing for Palestine, with over 32,000 demonstrations held in various countries. International criticism and the global perception gap pose significant challenges to Israel's digital diplomacy, despite substantial support from strategic allies such as the United States."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Punjul Setya Nugraha
"Tesis ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas diplomasi digital dengan menggunakan Twitter yang dilakukan dalam lingkup Kemenlu selama periode keanggotaan Indonesia pada DK PBB tahun 2019-2020. Sebagai Anggota Tidak Tetap DK PBB, Indonesia memiliki kesempatan yang besar untuk dapat mempengaruhi dan membentuk agenda dalam ranah internasional, termasuk mengarusutamakan agenda prioritas Indonesia, yaitu perwujudan perdamaian dunia, sinergi PBB dengan organisasi kawasan, keterkaitan antara perdamaian dengan pembangunan berkelanjutan, pemberantasan terorisme dan dukungan terhadap Palestina. Penelitian kualitatif ini dilaksanakan dengan memadukan computational content analysis dengan analisis isi manual untuk menganalisis dataset berupa twit yang diunggah oleh akun @kemlu_ri dan @indonesiaunny sebagai aktor diplomatik Indonesia. Penelitian dimaksudkan untuk menganalisis secara evaluatif langkah dan strategi diplomasi digital Indonesia dalam kerangka pemikiran agenda building dalam kancah internasional. Dalam mengusung agenda tersebut, penelitian ini mengidentifikasikan bahwa agenda yang diusung melalui aktivitas diplomasi digital melalui Twitter telah selaras dengan agenda pada kancah internasional, yang menunjukkan terpenuhi prinsip agenda building dalam aktivitas diplomasi digital Indonesia.

This thesis aims to analyze digital diplomacy activities using Twitter that was carried out within the Ministry of Foreign Affairs scope during Indonesia's membership in the UN Security Council 2019-2020. As a non-permanent member of the UNSC, Indonesia possesses a great opportunity to influence international agendas. Indonesia also has the chance to mainstream its priority agendas, namely realizing world peace, the synergy between the United Nations and the region, linkages between peace and sustainable development, shaping and supporting Palestine. This qualitative research combined computational content analysis with manual content analysis to analyze tweets collected from the @kemlu_ri and @indonesiaunny accounts. Those two accounts represent Indonesia’s diplomatic actors. This research evaluatively examines Indonesia's digital diplomacy steps and strategies in agenda building in the international arena. In carrying out the agenda, this research identifies that the agenda carried through digital diplomacy activities through Twitter is in line with the agenda on the international scene, which shows the fulfillment of the agenda-building principles in Indonesia's digital diplomacy activities."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library