Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Andi Misbahul Pratiwi
"Secara global dilaporkan kurang dari 30 perempuan terlibat dalam bidang Science, Technology, Engineering and Mathematics STEM , baik dalam pendidikan maupun karier. Studi ilmu pengetahuan dan teknologi feminis berpendapat bahwa kurangnya representasi perempuan dalam sains dan teknologi disebabkan oleh konstruksi gender bias dalam sains. Ilmuwan feminis menduga bahwa ada bias sains, jauh sebelum sains hadir, dalam proses dan dalam implementasi sains. Implikasi dari kurangnya perempuan di bidang STEM adalah bahwa perempuan jauh dari akses pekerjaan yang baik dan posisi strategis di bidang STEM dan produksi teknologi.
Penelitian ini bertujuan untuk melacak kompleksitas situasi yang dialami oleh siswa perempuan di STEM, studi kasus di Departemen Metalurgi dan Teknik Material, Universitas Indonesia. Penelitian kualitatif ini mewawancarai enam perempuan di Jurusan Metalurgi dan Teknik Material, Universitas Indonesia fokus pada pengalaman mereka sebagai siswa dan guru dalam pendidikan STEM. Studi ini menunjukkan bahwa teknologi telah lama dijauhkan yang kemudian mempengaruhi kurangnya representasi perempuan dalam pendidikan STEM. Penelitian ini menggunakan teori ilmu pengetahuan feminis dan studi teknologi, teori diri dari Diana Meyers dan konsep kesadaran palsu yang ditawarkan Simone de Beauvoir.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1 stereotip gender mempengaruhi persepsi dan pilihan studi pembawa siswa perempuan. Bidang STEM sering disematkan dengan gambar maskulin; 2 Pembagian kerja seksual yang sistematis di laboratorium. Nilai dualisme keterampilan maskulin-feminin, keterampilan keras-lunak, teknis-administratif, telah diinternalisasi dalam subjek; 3 Siswa perempuan mengubah diri mereka, untuk bertahan hidup, untuk bersaing di lingkungan yang dianggap 39;netral 39; dengan memainkan konstruksi gender.

Globally less than 30 of women are involved in the Science, Technology, Engineering and Mathematics STEM field, both in education and careers. Feminist science and technology studies argue that the lack of women 39 s representation in science and technology are caused of gender construction bias in science. Feminist scholarship suspect that there is a bias of science, well before the science is present, in the process and in the implementation of science. The implication of the lack of women in the STEM field is that women are far from good job access and strategic position in the STEM field and technology production.
This study aims to track the complexity of the situation experienced by female students in the STEM, case studies in Department of Metallurgy and Material Engineering, University of Indonesia. This qualitative research conduct six women in Metallurgy and Material Engineering, University of Indonesia focus on their experiences as a student and teacher in STEM Education. This study show the correlation between women and technology has long been kept away which affects the lack of women 39 s representation in STEM education. This study uses the theory of feminist science and technology studies, the theory of self from Diana Meyers and the concept of false consciousness offered Simone de Beauvoir Pheterson.
The results of this study show that 1 There is a gender stereotype of certain education field that affecting the perception and choice of study carrier of female students. The STEM field is often embedded with a masculine image 2 There is a systematic division of sexual labor in the laboratory. The dualism values of masculine feminine, hard skill soft skill, technical administrative, have been internalized within the subject.
"
Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2018
T51123
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Karina Akbar
"Pada masa pandemi COVID-19, banyak perusahaan yang kesulitan dalam mempertahankan kinerja perusahaannya—tidak terkecuali pada perusahaan rintisan. Adanya Pemutusan Hubungan Kerja, perubahan cara bekerja, dan tekanan lebih besar untuk meningkatkan kinerja perusahaan, mempengaruhi kesejahteraan psikologis karyawan. Sedangkan, kesejahteraan karyawan juga memiliki dampak terhadap kinerja karyawan yang akhirnya berdampak juga pada kinerja perusahaan. Salah satu solusi adalah melalui implementasi praktik manajemen sumber daya manusia (SDM) berdasarkan teori AMO (ability-motivation-opportunity) yang mampu menjadi prediktor kesejahteraan psikologis karyawan. Teori Determinasi Diri digunakan untuk menyediakan penjelasan lebih lanjut atas dinamika internal karyawan pada praktik manajemen SDM serta korelasinya dengan kesejahteraan psikologis karyawan. Dalam mengukur persepsi praktik manajemen SDM, penelitian ini menggunakan adaptasi dari alat ukur Gardner (2011). Sedangkan, adaptasi alat ukur Ryff (1989) untuk mengukur kesejahteraan psikologis karyawan. Responden berupa 200 karyawan perusahaan rintisan di wilayah Jakarta. Desain penelitian ini yaitu kuantitatif dan korelasional yang dianalisis menggunakan Pearson Correlation. Hasil menunjukkan adanya hubungan antara praktik manajemen SDM dan kesejahteraan psikologis karyawan perusahaan rintisan Jakarta. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan melibatkan variabel mediasi atau moderasi serta melakukan penelitian longitudinal untuk menjelaskan lebih lanjut dinamika dalam jangka panjang.

During the COVID-19 pandemic, many companies struggled to maintain good performance in their business—including startup companies. The sudden employment termination and change in working arrangement caused bigger pressure to boost the company’s performance that affected employees’ psychological well-being (PWB). Whereas, employees’ PWB affected employees’ performance (and in the long run, the company’s performance). One of the solutions is through the implementation of human resource management practices (HRMP) based on the ability-motivation-opportunity theory which can be a predictor of psychological well-being. The Self-Determination theory used to provide further explanation of employees’ internal correlation between HRMP with employees’ PWB. This study used instruments from Gardner (2011) to measure the perception of HRMP. Meanwhile, Ryff's (1989) instrument was used to measure the employees' PWB. Respondents were 200 Jakarta-based startup companies’ employees. The research design that is used was quantitative and correlational methods analyzed with Pearson Correlation. Results showed there was a correlation between HRMP and startup companies’ employees’ PWB. Further research needs to be done by mediation or moderation variables. Longitudinal research can be considered to describe the dynamics in the long term further."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Stella Gabriella Apriliani
"Perkembangan ekonomi digital di Indonesia semakin berkembang pesat. Jumlah pengguna Electronic Commerce (e-commerce) di Indonesia juga diproyeksikan meningkat terus menerus. Terdapat berbagai alasan pendorong customer berbelanja di e-commerce. Ulasan online konsumen mempunyai pengaruh yang cukup signifikan terhadap perilaku pembelian konsumen dan telah menjadi sumber informasi penting bagi konsumen, memengaruhi sekitar 20–50% keputusan pembelian online. Kondisi saat ini, E-commerce XYZ belum melakukan research atau investigasi lebih lanjut terkait faktor-faktor apa saja yang dapat membuat customer memberikan ulasan. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis beberapa faktor yang memengaruhi niat pelanggan memberikan ulasan online / electronic word of mouth (EWOM). Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pembelajaran untuk meningkatkan product review rate, yang erat kaitannya dengan kepuasan pelanggan dan akan berpengaruh terhadap kenaikan add to cart rate. Penelitian dilakukan dengan metode campuran, yaitu secara kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner dan secara kualitatif dengan melakukan wawancara. Dalam penelitian ini, beberapa kerangka model yang dipilih berdasarkan analisis faktor dan adopsi dari studi-studi sebelumnya yaitu model kesuksesan sistem informasi dari DeLone &McLean yang mengintegrasikan teori kualitas e-service, serta teori determinasi diri dan social influence yang diadopsi dari teori UTAUT.
Kuesioner disebar secara online melalui google form. Pengolahan analisis statistik yang digunakan adalah Partial Least Square (PLS) dengan tools SmartPLS v.4. Hasil dari penelitian memberikan kesimpulan bahwa e-service quality, attitude & customer satisfaction memengaruhi niat pelanggan memberikan ulasan online secara positif. Hipotesis bahwa delivery condition memengaruhi e-service quality secara positif, ditolak. Kemudian dilakukan wawancara dan analisis tematik untuk eksplorasi masalah dan pemberian rekomendasi yang difokuskan kepada hasil hipotesis yang diterima.

The digital economy in Indonesia is growing rapidly. The number of Electronic Commerce (e-commerce) users in Indonesia is also projected to continuously increase. There are various motivating reasons for customers to shop on e-commerce platforms. Online consumer reviews have a significant influence on consumer buying behavior and have become a crucial source of information for consumers, affecting about 20–50% of online purchase decisions. Currently, E-commerce XYZ has not conducted further research or investigation into the factors that can prompt customers to leave reviews. The purpose of this study is to analyze several factors that influence customers' intentions to provide online reviews, or electronic word of mouth (EWOM). This research is expected to provide insights to enhance the product review rate, which is closely related to customer satisfaction and is likely to impact the increase in the add-to-cart rate. The research was conducted using mixed methods, namely quantitatively by distributing online questionnaires and qualitatively by conducting interviews. In this study, selected frameworks are based on factor analysis and adoption from previous studies, including the DeLone & McLean information system success model that integrates the theory of e-service quality, as well as self-determination theory and social influence adopted from the UTAUT theory.
Questionnaires were distributed online via Google Forms. The statistical analysis method used is Partial Least Square (PLS) with SmartPLS v.4 tools. The findings of the study conclude that e-service quality, attitude, and customer satisfaction positively influence the customers' intention to provide online reviews. The hypothesis that delivery condition positively affects e-service quality was rejected. Subsequently, interviews and thematic analysis were conducted to explore issues and provide recommendations focused on the accepted hypothesis results.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library