Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Edi Sukamto
"Sambungan Langsung Internasional (SLI) merupakan salah satu layanan TELKOM berbasiskan akses clear channel maupun Voice over IP (VoIP). Dalam menjalankan bisnis ini, TELKOM menghadapi Grey Operator yang melakukan praktek ilegal by passing trafik incoming internasional call tanpa melalui jalur penyelenggara jasa internasional resmi yang disebut Fraud SIMBOX. Selain berdampak terhadap penurunan pendapatan TELKOM, SIMBOX juga memberikan image layanan kurang baik bagi operator karena rendahnya kualitas layanan. TELKOM telah melakukan upaya mitigasi dengan mengimplementasikan sistem deteksi fraud trafik SIMBOX.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil deteksi trafik fraud dan menjaga kualitas layanan TELKOM. Penelitian ini mendesain sistem deteksi fraud SIMBOX yang telah ada menjadi sistem deteksi yang dinamis dengan menambahkan algoritma kontrol dinamis dan disimulasikan menggunakan pendekatan simulasi Matlab. Sistem yang dinamis sangat diperlukan karena adanya berbagai profil aliran trafik fraud yang selalu berubah dan tidak bisa diprediksi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa deteksi fraud SIMBOX mampu ditingkatkan sampai 5000% dan menambah potensi pendapatan sampai Rp 2 milyar per bulan. Dengan demikian sistem dinamis deteksi fraud SIMBOX akan memberikan hasil deteksi yang lebih besar dari sistem sebelumnya.

International Direct Dialing (IDD) is one of the interconnection services owned by TELKOM that is based on clear channel access and Voice over IP (VoIP). In running this business, TELKOM is facing Grey Operators that are doing illegal practice by passing incoming international call traffic without going through the official routes for international service operators, which is known as Fraud SIMBOX. In addition to contributing in TELKOM's revenue decline, SIMBOX also gives negative image for operators because it results in low quality services. TELKOM has taken a mitigation action by implementating fraud traffic SYMBOX detection system.
This research aims to increase the number of the fraud traffic detection and to mantain TELKOM?S service quality. This research involves designing the existing fraud traffic SIMBOX detection system to become a dynamic detection system by adding dynamic control algorithm and simulated with Matlab simulation approach. The dynamic system is indispensable because there are various everchanging and unpredictable fraud traffic profiles.
The results of this research indicate that the fraud traffic SIMBOX detection can be increased by 5000% and increase potential revenue to Rp 2 billion per month. Thus, the dynamic fraud traffic SIMBOX detection system will provide greater detection results than the previous system.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T46070
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noperida Damanik
"Bank adalah salah satu industri keuangan. Sebagai industri keuangan yang melayani
nasabah, ada risiko yang terjadi pada bank. Salah satu risiko yang sering terjadi dan
menyebabkan kerugian di bank adalah fraud dalam bentuk skimming pada transaksi tarik
tunai ATM. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pemodelan data mining yang
dapat digunakan untuk mendeteksi fraud skimming di salah satu bank. Tujuan dari
penelitian ini adalah memberikan referensi dalam mencari pemodelan deteksi fraud.
Karakteristik data yang digunakan adalah imbalanced data karena data transaksi fraud
sangat kecil dibandingkan dengan data transaksi normal. Metode yang digunakan pada
penelitian ini adalah tinjauan pustaka, wawancara dan eksperimen terhadap teknik
machine learning. Pembentukan model pada penelitian ini dilakukan dengan
mengimplementasikan kombinasi dari penggunaan feature selection dan tanpa feature
selection, penggunaan SMOTE dan tanpa SMOTE, serta penggunaan feature engineering
dan tanpa feature engineering dengan jarak dan jeda transaksi sehingga diperoleh delapan
scenario dari hasil kombinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari seluruh
skenario yang diuji coba, algoritma Extreme Gradient Boosting merupakan algoritma
terbaik dalam menghasilkan model deteksi fraud. Skenario terbaik yang dihasilkan adalah
skenario dengan mengimplementasikan ketiga teknik sekaligus yaitu feature selection,
SMOTE dan feature engineering dengan jarak dan jeda transaksi. Berdasarkan hasil
evaluasi model, pembentukan model dengan feature engineering dengan jarak dan jeda
transaksi dapat meningkatkan performa model klasifikasi.

Bank is one of financial industry. As a financial industry that serve customers, bank is
potentially exposed to risk. One of potentially risk that making loss in bank is fraud in
form of skimming on ATM transaction. This study is conducted to know data mining
modelling that can be used to detect skimming fraud in a bank. The purpose of this study
is to provide reference in looking for fraud detection modelling. The characteristics of the
data used in this study is imbalanced data since fraud transaction data is very small
compared to normal transaction data. The method used in this study is the literature
review, semi-structured interviews, and experiments on machine learning techniques.
Creating model on this study is conducted by implementing combination of three used
techniques namely feature selection, SMOTE, and feature engineering with distance and
transaction lag. There are eight scenarios used in this study that were tested and analyzed
the results according to the needs of the case study research. The results of this study
indicate that the Extreme Gradient Boosting algorithm can identify fraudulent
transactions. The best scenario is a scenario by creating a model that implements feature
selection, SMOTE to handle imbalanced data, and feature engineering with distance and
transaction lag. Based on model evaluation, model generation by implementing feature
engineering with distance and transaction lag can improve performance of classification
model.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Saribu, Febriyandi Dolok
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan praktik whistleblowing system yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan. Whistleblowing System merupakan salah satu alat deteksi yang dapat mengungkap tindakan kecurangan di Badan Pemeriksa Keuangan. Penelitian ini berfokus pada 8 aspek utama, yaitu perlindungan kepada whistleblower, regulasi terkait pengaduan pelanggaran, sistem pelaporan dan mekanisme tindak lanjut laporan pelanggaran, penyusunan ketentuan whistleblowing, reward, sikap organisasi, ketersediaan akses pelaporan eksternal, serta karakteristik whistleblower. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa secara garis besar Whistleblowing System yang telah ditetapkan BPK hampir memenuhi semua aspek utama namun pelaksanaannya masih belum sepenuhnya sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

This study aims to analyze the implementation of whistle blowing system which operated by the Audit Board of The Republic of Indonesia. Whistleblowing system is one of fraud detection tools in Audit Board of The Republic of Indonesia. Focus of this study are whistle blower's protection law, fraud regulation, the mechanism of fraud reporting system, whistle blowing requirement, reward, organization's support, access of external fraud reporting, and whistle blower characteristics. This study finds that roughly Whistleblowing System that has been set by the Institution almost meet all major aspects but its implementation is still not fully in accordance with the conditions set.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S58381
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library