Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
McDonough, Brian
New York: Wiley, 2001
728.5 BUI
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hodges, Peter
Warminster: Aris & Phillips, 1993
R 690 HOD h
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Parks, T.W.
New York: Wiley, 1987
621.3815 PAR d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Radeta Effendi
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai Implementasi BIM pada tahap perancangan desain konstruksi pada Developer. Penggunaan BIM ini diharapkan dapat mempermudah pekerjaan konstruksi dan meminimalisir kesalahan pada tahap konstruksi serta agar perencanaan proyek lebih efisien lagi. Penelitian ini dilihat dari sudut pandang Developer pada proyek yang mengimplementasikan BIM dan proyek yang tidak mengimplementasikan BIM dengan cara wawancara mendalam. Setelah dilakukan penelitian; didapatkan bahwa banyak sekali perbedaan pada proses perancangan desain dimulai dari tahap pre-design, schematic design dan design development.
ABSTRACT
This Skripsi discusses the implementation of BIM in the design stage to the construction design Developer. The use of BIM is expected to facilitate construction and minimize errors during the construction phase as well as in order to more efficient project planning. This study from the standpoint of Developer on projects that implement BIM and BIM projects that are not implemented by way of in-depth interviews. After doing research; found that many differences in the design process starting from the design stage of pre-design, schematic design and design development.
2016
S63425
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Damian Nicolas
Abstrak :
Universitas Indonesia akan mengikuti perlombaan Formula Student pada September 2018 di Jepang. Perlombaan Formula Student merupakan kompetisi antara Universitas yang telah membuat kendaraan sesuai dengan peraturan Formula SAE. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mendesain geometri serta konstruksi a-arm dan pushrod pada sistem suspensi mobil balap Formula Student dan mencari kondisi kendaraan pada variasi gaya sentrifugal saat melewati berbagai jalur lintasan dan kecepatan. Data karakteristik ini dapat digunakan untuk strategi dalam balapan maupun bahan dalam ajang presentasi perlombaan. Desain yang dibuat pada penelitian ini dibatasi oleh peraturan yang sudah ditetapkan oleh FSAE. Pembuatan dan simulasi desain dilakukann dengan perangkat lunak Optimum Dinamik dan Kinematik untuk simulasi kinematik dan dinamik kendaraan serta Autodesk inventor yang digunakan untuk desain tiga dimensi dan simulasi kekuatan konstruksi. Hasil penelitian menunjukan kekerasan pegas yang dibutuhkan oleh kendaraan sebesar 23,65 N/mm pada pegas depan dan 24,04 N/mm pada pegas belakang dengan gerak vertikal roda yang tersedia ketika kendaraan sedang dikendarai sudah sesuai dengan peraturan antara lain sebesar 25,4mm naik dan 25,4mm turun. Gaya sentrifugal terbesar yang dapat ditumpu kendaraan sebelum terguling sebesar 5.935 newton atau setara dengan 1,71 G dan derajat kemiringan sasis sebesar 2,072 derajat. Hasil ini menunjukan bahwa desain kendaraan sesaui dengan peraturan perlombaan. ...... University of Indonesia will follow the Formula Student race in September 2018 in Japan. The Formula Student race is a competition between universities that have made vehicles according to the SAE Formula rules. The purpose of this thesis is to design the geometry and construction of a arm and pushrod on the Formula Student racing suspension system and to search for vehicle conditions on variations of centrifugal force as it passes through various pathways and speeds. This characteristic data can be used for strategy in races and materials in the event of race presentations. The designs made in this study are limited by the rules set by the FSAE. Preparation and design simulations were performed with Optimum Dynamic and Kinematic software for kinematic and dynamic simulation of vehicles and Autodesk inventors used for three dimensional design and construction strength simulations. The results showed the spring hardness required by the vehicle of 23.65 N mm at the front and 24.04 N mm springs in the rear springs with wheel motion available when the vehicle is being ridden is in accordance with the rules, among others, 25.4mm up and 25.4mm down. The largest centrifugal force that a vehicle can support before it rolls is 5935 newtons or equal to 1.71 G and the degree of slope of the chassis is 2.072 degrees. These results show that the design of the vehicle is complies with the rules of the race.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aggie Farkhantiansyah
Abstrak :
Jakarta, kota metropolitan dengan kepadatan 16.158 orang per km² (BPS, 2022), membutuhkan solusi transportasi yang efisien seperti Mass Rapid Transit (MRT) berbasis rel. MRT dinilai aman, nyaman, ramah lingkungan, dan tepat waktu. Pembangunan stasiun kereta bawah tanah yang baru dimulai di Indonesia memerlukan dinding diafragma (D-wall) sebagai struktur penahan tanah. Proses desain dan konstruksi D-wall ini membutuhkan insinyur dengan etika dan profesionalisme tinggi untuk mengatasi tantangan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tahapan dan tantangan desain serta konstruksi dinding diafragma stasiun bawah tanah, dan mengkaji penerapan K3, kode etik, serta etika profesi insinyur dalam proses tersebut. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan mendalam mengenai kompleksitas pembangunan D-wall pada proyek MRT Jakarta Fase 2 dan menekankan pentingnya etika profesi serta standar K3 dalam industri konstruksi. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas desain dan konstruksi infrastruktur transportasi bawah tanah di Indonesia. ...... Jakarta, a metropolitan city with a population density of 16,158 people per km² (BPS, 2022), requires efficient transportation solutions such as Mass Rapid Transit (MRT) based on railways. MRT is considered safe, comfortable, environmentally friendly, and punctual. The construction of underground train stations, newly initiated in Indonesia, necessitates the use of diaphragm walls (D-walls) as soil retaining structures. The design and construction process of these D-walls require engineers with high ethics and professionalism to address the existing challenges. This study aims to understand the stages and challenges of designing and constructing diaphragm walls for underground train stations, and to examine the implementation of occupational safety and health (K3), ethical codes, and professional ethics among engineers in this process. The research results are expected to provide in-depth insights into the complexity of D-wall construction in the MRT Jakarta Phase 2 project and emphasize the importance of professional ethics and K3 standards in the construction industry. Thus, this research contributes to improving the quality of design and construction of underground transportation infrastructure in Indonesia.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library