Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Atwi Suparman
Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud , 1991
371.1 ATW d (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Rosa Nur Rizky Febrianty Tamarindus
"Adanya kursus pemrograman daring diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan kompetensi orang-orang yang memiliki minat terhadap pemrograman sehingga bisa memenuhi kebutuhan ahli di sektor digital terutama programmer yang saat ini jumlah antara kebutuhan dan permintaan masih tidak sebanding. Meskipun banyak orang yang memiliki minat pemrograman dan kursus pemrograman daring sudah mulai menjamur, masih ditemukan berbagai kendala seperti kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Tujuan dari penelitian ini ialah merumuskan kebutuhan untuk menerapkan desain instruksional dan mengembangkan desain antarmuka bagi sasaran utama penelitian ini serta berdasarkan hasil analisis dan rancangan umum yang telah ditentukan dengan studi kasus Skydu Academy. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Dilakukan penyebaran kuesioner untuk mendapatkan data kualitatif dan pelaksanaan evaluasi usability testing untuk mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif. Selain itu, dilakukan juga analisis terhadap prinsip-prinsip dari Gagne’s Nine Events of Instruction, Chickering and Gamson’s Seven Principles of Good Practice in Online Teaching, dan Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil menunjukkan bahwa evaluasi usability testing dari segi kuantitatif memiliki task success rate sebanyak 93.32% dan dari segi kualitatif mayoritas partisipan menyatakan ekspektasi belajar pemrograman menggunakan aplikasi ini sudah terpenuhi.

The existence of an online programming course is expected to help in increasing the competence of people who have an interest in programming so that they can meet the needs of experts in the digital sector, especially programmers, which currently there are a shortage of programmers. Although there is many people interested in programming and many online programming courses, there are still many obstacles such as difficulties in understanding programming material. The purpose of this research is to formulate the need to implement instructional design and develop interface design for the main objectives of this study and based on the results of analysis and general design that has been determined by the Skydu Academy case study. This research uses a mixed-methods approach. Questionnaires were distributed to obtain qualitative data and the evaluation of usability testing was carried out to collect quantitative and qualitative data. Also, the analysis of the principles of Gagne’s Nine Events of Instruction, Chickering and Gamson's Seven Principles of Good Practice in Online Teaching, and Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design has been conducted. The overall results showed that the evaluation of usability testing has a task success rate of 93.32% in quantitative and expressing the participant's expectation to learn programming has been fulfilled in qualitative."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dzulfikar Rachman
"

Kemudahan akses internet di Indonesia memperluas kesempatan masyarakat untuk mengakses informasi di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Namun, dominasi konten singkat berdampak pada menurunnya kemampuan fokus pelajar. Microlearning hadir sebagai solusi pembelajaran digital yang sesuai dengan pola belajar instan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi desain instruksional dan desain antarmuka untuk menyajikan microlearning yang efektif pada platform pembelajaran digital. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian mixed methods. Data kuantitatif dikumpulkan dari 103 responden kuesioner untuk mengetahui pengalaman pengguna saat menggunakan platform pembelajaran digital. Data kualitatif yang digunakan oleh penelitian ini berasal dari hasil observasi tiga platform pembelajaran digital, yaitu Udemy, Khan Academy, dan edX. Data kualitatif lainnya adalah data hasil wawancara dengan pakar desain instruksional dan data open-ended question. Pengolahan data dilakukan dengan metode statistik deskriptif untuk data kuantitatif dan analisis tematik untuk data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah rekomendasi prinsip desain instruksional dan desain antarmuka yang efektif untuk menyajikan microlearning pada platform pembelajaran digital. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe untuk membantu melakukan visualisasi hasil rekomendasi prinsip desain yang telah dibuat. Wawancara kontekstual yang dilakukan menunjukkan bahwa rancangan prototipe yang menerapkan rekomendasi prinsip desain dapat meningkatkan pengalaman belajar pengguna. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi bagi pengembang platform pembelajaran digital agar bisa mengembangkan platform yang lebih efektif untuk menyajikan konten microlearning.


The widespread accessibility of the internet in Indonesia has broadened opportunities for individuals to access information across various domains, including education. However, the prevalence of short-form content has led to a decline in the ability to maintain prolonged focus. Microlearning serves as a digital learning approach that aligns with rapid and instant learning tendencies. This study aims to analyze and provide recommendations for instructional design and interface design to effectively present microlearning on digital learning platforms. The research utilized a mixed-methods approach, combining quantitative and qualitative data. Quantitative data were collected from a questionnaire completed by 103 respondents to understand their experiences with digital learning platforms. The first set of qualitative data came from observations of three digital learning platforms: Udemy, Khan Academy, and edX. Additional qualitative data came from interviews with instructional design experts and open-ended questions. The quantitative and qualitative data were then processed using appropriate methods, namely descriptive statistics for the quantitative data and thematic analysis for the qualitative data. The study's results include recommendations for effective instructional and interface design principles to present microlearning on digital platforms. Furthermore, the study produced a prototype to help visualize the recommended design principles. Contextual interviews suggested that the prototype design, which implements these recommendations, can enhance users' learning experiences. This research is expected to contribute to the development of digital learning platforms, enabling them to more effectively present microlearning content.

"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library