Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rafif Ghony Rahman
Abstrak :
Latar Belakang: Pada akhir Desember 2019, wabah pneumonia yang ditandai dengan demam, batuk kering dan kelelahan serta gejala gastrointestinal terjadi di pasar grosir makanan laut, Huanan, di wuhan, hubei, cina. organisasi Kesehatan Dunia menyatakan sebagai pandemi COVID-19 Pada 11 Maret 2020 (WHO,2020). Untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih lanjut, banyak negara telah menerapkan sejumlah protokol pencegahan, salah satunya social distancing dan kampanye stay at home. Hal tersebut berdampak terhadap sejumlah aspek tidak hanya terhadap bidang ekonomi, tetapi juga terhadap bidang pendidikan. Tujuan: Untuk Mengetahui hubungan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi saat masa pandemi COVID-19 di Indonesia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian Analitik untuk mengetahui tentang hubungan pembelajaran jarak jauh terhadap motivasi belajar mahasiswa FKG saat pandemi COVID-19 di Indonesia dengan desain studi potong lintang (cross-sectional) untuk menjawab rumusan masalah serta mencapai tujuan dari penelitian. Kuesioner terdiri dari 48 pertanyaan. Digunakan uji korelasi melalui uji kendall’s taudengan melihat nilai p-value dan r (Koefisien korelasi) untuk analisis statistik. Hasil: Berdasarkan uji kendall's tau terdapat hubungan yang signifikan (p<0,05) antara pembelajaran jarak jauh dengan akademik motivasi dan sosiodemografi. Kesimpulan: Semakin baik tingkat pembelajaran jarak jauh maka semakin tinggi tingkat motivasi mahasiswa FKG selama masa pandemi COVID-19 di Indonesia. ......Background: At the end of December 2019, an outbreak of pneumonia characterized by fever, dry cough and fatigue as well as gastrointestinal symptoms occurred at the seafood wholesale market, Huanan, in wuhan, hubei, China. The World Health Organization declared a pandemic COVID-19 On March 11, 2020 (WHO,2020). To prevent the further spread of COVID-19, many countries have implemented a number of prevention protocols, one of which is social distancing and stay-at-home campaigns. This has an impact on a number of aspects not only in the economic field, but also in the education sector. Objective: To determine the relationship between distance learning and the learning motivation of Faculty of Dentistry students during the COVID-19 pandemic in Indonesia. Methods: This study used a analytic research design to determine the relationship between distance learning and learning motivation of FKG students during the COVID-19 pandemic in Indonesia with a cross-sectional study design to answer the problem formulation and achieve the objectives of the study. The questionnaire consists of 48 questions. kendall’s tau correlation test was used by looking at the p-value and r (correlation coefficient) for statistical analysis. Results: Based on the Spartan test, there was a significant relationship (p<0.05) between distance learning and academic motivation and sociodemography. Conclusion: The better the level of distance learning, the higher the motivation level of FKG students during the COVID-19 pandemic in Indonesia.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuriko Yeshi Sangtoki
Abstrak :
Latar Belakang: Mahasiswa kedokteran gigi sudah selayaknya memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mumpuni terkait Ilmu Kedokteran Gigi Anak, sehingga ketika menjadi dokter gigi dapat menangani permasalahan gigi dan mulut anak secara komprehensif. Kegiatan belajar mengajar di FKG UI dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh ketika pandemi COVID-19. Perubahan metode pembelajaran yang terjadi mungkin mempengaruhi kemampuan mahasiswa untuk memahami materi pembelajaran serta keterampilan klinis akibat tidak adanya interaksi langsung. Tujuan: Untuk mengetahui gambaran tingkat pemahaman dan tingkat keterampilan mahasiswa preklinik FKG UI yang menerima materi pembelajaran Ilmu Kedokteran Gigi Anak dengan pembelajaran jarak jauh. Metode: Penelitian deskriptif potong lintang pada 92 mahasiswa preklinik FKG UI angkatan 2019 dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya (Cronbach’s alpha > 0,9). Data dianalisis menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil: Tingkat pemahaman mahasiswa preklinik FKG UI mengenai teori IKGA tergolong dalam kategori paham (78,3% responden), dimana pemahaman dengan rata-rata tertinggi adalah terkait topik faktor risiko Early Childhood Caries (ECC) (X=4,00) dan yang terendah adalah terkait topik prosedur restorasi Celluloid Strip Crowns (X=3,13). Tingkat keterampilan mahasiswa preklinik FKG UI mengenai skills lab IKGA tergolong dalam kategori terampil (60,9% responden) dengan rata-rata tertinggi adalah terkait dengan topik perawatan pit and fissure sealant pada pasien anak (X=4,00) dan yang terendah adalah terkait dengan topik terapi pulpa pada pasien anak, yaitu Direct Pulp Therapy (X=2,80). Kesimpulan: Tingkat pemahaman dan keterampilan responden terkait materi Ilmu Kedokteran Gigi Anak yang diberikan dengan pembelajaran jarak jauh termasuk dalam kategori paham dan terampil. ......Background: Dental students should have qualified knowledge and understanding related to Pediatric Dentistry so that when they become a dentist, they can deal with children's dental and oral problems comprehensively. Teaching and learning activities at FKG UI were transferred to distance learning during the COVID-19 pandemic. Changes in learning methods that occur may affect students' ability to understand the learning material as well as clinical skills due to the absence of direct interaction. Objective: To identify the level of understanding and skill level of FKG UI preclinical students who receive Pediatric Dentistry learning materials with distance learning. Methods: A cross-sectional descriptive study was conducted on 92 preclinical dental students of the Faculty of Dentistry, Universitas Indonesia, class of 2019, using a questionnaire that had been tested for validity and reliability (Cronbach's alpha > 0.9). Data were analyzed using SPSS version 25. Result: The level of understanding of preclinical students of FKG UI regarding Pediatric Dentistry theory was classified in the category of understanding (78.3% of respondents), where the highest average understanding was related to the topic of risk factors for Early Childhood Caries (ECC) (X=4.00) and the lowest was related to the topic of Celluloid Strip Crowns restoration procedures (X=3.13). The skill level of FKG UI preclinical students regarding IKGA lab skills was classified in the skilled category (60.9% of respondents) with the highest average related to the topic of pit and fissure sealant treatment in pediatric patients (X=4.00) and the lowest related to the topic of pulp therapy in pediatric patients, namely Direct Pulp Therapy (X=2.80). Conclusion: The level of understanding and skills of respondents related to Pediatric Dentistry materials provided by distance learning are included in the category of understanding and skilled.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover