Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Raden Hendra Ariyapijati
"Faktor luar yang mempengaruhi struktur perkerasan jalan adalah volume dan beban lalulintas serta lingkungan (temperatur, cuaca). Kerusakan jalan yang utama berupa deformasi permanen dan fatigue. Peningkatan mutu aspal dilakukan memodifikasi aspal dengan additive. Untuk mendapatkan aspal modifikasi dengan nilai PG (performance grade) bervariasi dilakukan dengan penambahan additive (crumb rubber dan aspal buton) pada aspal dasar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi reologi mekanistik aspal, menyelidiki modulus resilien bahan perkerasan, menyelidiki karakterisik deformasi permanen dan fatigue berdasarkan kajian temperatur dan reologi mekanistik aspal dan pengembangan model fatigue Monismith. Perubahan Performance Prade (PG) aspal modifikasi dibentuk dari hasil uji dynamic shear reometer yang menunjukkan kinerja mekanistik aspal dan indikasi deformasi permanen dan fatigue. Modulus kompleks (G)* dengan perubahan temperatur telah memberikan gambaran sifat viskoelastis aspal dan berindikasi pada campuran aspal agregat. Kenaikan nilai modulus kompleks (G)* berpengaruh terhadap nilai Modulus Resilien (MR). Deformasi permanen pada perkerasan aspal terjadi pada temperatur tinggi. Campuran aspal modifikasi yang terbaik yaitu campuran aspal dengan PG 68-24, dengan alur yang terjadi paling kecil dengan laju deformasi 0,05 mm/menit dan stabilitas dinamis 840 lintasan/mm. Pengembangan model deformasi pada penelitian ini merupakan pengembangan dari model Vesys. Pengembangan model Monismith dengan pendekatan temperatur kritis performance grade dari reologi mekanistik aspal modifikasi telah dihasilkan dari penelitian ini.

External factors that affect the structure of the road pavement are the volume and load of traffic and the environment (temperature, weather). The main road damage is permanent deformation and fatigue. Asphalt quality improvement has been carried out by modifying asphalt with additives. To get modified asphalt with varying PG (performance grade) values, it is done by adding crumb rubber and buton asphalt to the base asphalt. This study aims to identify the mechanistic rheology of asphalt, investigate the pavement resilient modulus, investigate the characteristics of permanent deformation and fatigue based on the study of temperature and mechanistic rheology of asphalt and the development of the Monismith fatigue model. Changes in Performance Grade (PG) of modified asphalt were formed from the results of dynamic shear rheometer test which showed the mechanistic performance of asphalt and indicated permanent deformation and fatigue. The complex modulus (G)* with temperature change has given an overview of the viscoelastic properties of asphalt. The increase in the value of complex modulus (G)* affects the value of the Resilience Modulus (MR). Permanent deformation of asphalt pavement occurs at high temperatures. The best modified asphalt mixture is asphalt mixture with PG 68-24, with the smallest grooves with a deformation rate of 0.05 mm/minute and dynamic stability of 840 tracks/mm. The development of the deformation model in this study is the development of the Vesys model. The development of the Monismith model with a performance grade critical temperature approach of modified asphalt mechanistic rheology has resulted from this research."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tjut Fadluna Paramita
"ABSTRAK
Saat ini beredar di Indonesia berbagai jenis kawat ortodonti, antara lain kawat nickel
titanium. Kawat ini menjadi banyak penggunaannya karena memiliki sifat unik yaitu
superelastis dan memory shape. Setiap kawat memiliki karakteristik, komponen alloy
pembentuk, dan proses pembuatan yang berbeda-beda. Karakteristik yang dimiliki
kawat termasuk sifat deformasinya setelah kawat diberi beban gaya. Pada kawat nickel
titanium, apabila kawat mengalami deformasi permanen, maka berkurang juga gaya
deaktivasi dari kawat untuk menggerakkan gigi geligi. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui berapa besar deformasi permanen pada kelima produk kawat nickel
titanium superelastis diameter 0.014 inci yaitu dari produk Ormco, 3M Unitek,
Versaden, Ortho Organizer dan IMD Orthoshaped. Penelitian juga bertujuan untuk
membandingkan deformasi permanen yang terjadi antar produk kawat dan apabila
diaplikasi pada waktu yang berbeda. Digunakan 25 sampel penelitian, yang terbagi
menjadi 5 kelompok kawat (masing-masing memiliki 5 sampel). Semua kawat
dipasang pada prototipe penelitian yang didesain agar terjadi defleksi sebesar 7 mm
pada bagian tertentu dari kawat. Kawat diaplikasikan selama 336 dan 504 jam.
Deformasi kawat diukur menggunakan kaliper digital dengan cara membandingkan
defleksi antara kawat baru dengan kawat yang telah diaplikasi (dari produk yang sama).
Diperoleh hasil terdapat perbedaan bermakna deformasi permanen antara kelima
produk kawat NiTi SE saat dibandingkan satu sama lain dan lamanya aplikasi kawat
dapat memperbesar deformasi yang terjadi. Urutan nilai deformasi permanen pada
beberapa produk kawat berdasarkan nilai yang paling kecil adalah Ormco, 3M Unitek,
Versaden, Ortho Organizer and IMD Orthoshaped.

Abstract
There are many kinds of orthodontic wires in Indonesia, including the nickel titanium
one. This wire become popular since founded because of its unique characteristic
(super elastic and shape memory). Each wire has different characters, contains of alloy
and manufacturing procedure. Wire deformity is part of wire?s characteristic that need
to be consider. In nickel titanium wire, when permanent deformity happened on it, the
unloading forces to move the teeth become less. The aim of this research is to
acknowledge the value of permanent deformity in 0.014 inch super elastic nickel
titanium arch wire from five different products and comparing each other on a different
time of application. This research used 25 samples, consist of 5 group (each group
owns 5 samples). All wires were applied on self made prototype which was designated
to make a 7 mm deflection on each side of the wire. Those were applied for 336 and
504 hours. After being deflected on the estimated time, the wire was removed from the
prototype and then placed in superimposition mode with the new wire from the same
product. The gap between those wires is measured by a digital caliper and defined as
the value of wire permanent deformity. As the result, statistically significant, there is a
different value of permanent deformity between each products and long term
application could make the wire?s permanent deformity become worse. The list of
wires from the smallest value of permanent deformity is Ormco, 3M Unitek, Versaden,
Ortho Organizer and IMD Orthoshaped."
2012
T31179
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Aldila Kurnia
"Penggunaan Warm Mix Asphalt (WMA) sebagai alternatif penggunaan pada perkerasan telah dilakukan di beberapa negara. Mengurangi efek rumah kaca, pengurangan penggunaan energi dan biaya yang dikeluarkan merupakan keuntungan lain penggunaan WMA. Pengurangan suhu berkisar antara 20-40⁰ C. Penggunaan BNA-R (Button Natural Asphalt Rubber) sebagai bahan tambah dapat memberi kontribusi peningkatan kekuatan campuran aspal hangat.
Studi penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi BNA-R terhadap aspal dan campuran aspal hangat. Pengujian yang dilakukan adalah uji properties aspal, uji Marshall dan Marshall Immersion, serta uji Wheel Tracking siklus panjang dengan perubahan suhu.
Hasil penelitian ini mengindikasi adanya kontribusi BNA-R terhadap campuran hangat dengan penambahan kadar terbaik sebesar 10%. Kontribusi BNA-R dapat menaikkan nilai Indeks Penetrasi sebesar 76%, menurunkan nilai penetrasi sebesar 30% dan menaikkan titik lembek sebesar 8%, serta memperbaiki sifat-sifat campuran aspal. Campuran aspal dengan BNA-R dapat menaikkan nilai stabilitas dinamis sebesar 29%.

The use of Warm Mix Asphalt (WMA) as an alternative way in the use of pavement has been conducted in several countries. Reducing the greenhouse gas effect, energy use and costs are several other advantages in using WMA. Temperature reduction is in approximate range between 20-40⁰ C. The use of BNA-R (Button Natural Asphalt Rubber) as an additive material which can give the contribution; such as increasing the strength of warm mix asphalt.
The study of this research is conducted to determine the contribution of BNA-R on asphalt and warm mix asphalt. This research uses the properties of asphalt, Marshall and Marshall Immersion tests, as well as the Wheel Tracking test on long cycle with temperature changes.
The results of this study indicate that there are several contributions of BNA-R to the warm mixture by adding BNA-R at 10%. Those contributions of BNA-R can increase 76% of Penetration Index value, reduce 30% of penetration value, increase 8% of softening point and also elevate the characteristics of the asphalt mixture. Moreover, the warm mix asphalt with BNA-R can increase the value of dynamic stability by 29%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S60270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library