Pengukuran produktivitas menggunakan metode Ilyas, dengan penghitungan jumlah kunjungan pasien dibagi dengan hari kerja dokter gigi di tahun 2023. Jumlah kunjungan pasien dan kepesertaan menjadi faktor tingginya produktivitas dokter gigi sedangkan faktor umur, jenis kelamin, masa kerja, pelatihan, jumlah dental unit dan tunjangan kinerja tidak ditemukan korelasi yang signifikan.
Untuk produktivitas tertinggi di angka 13,25 dan terendah di angka 0,61, dengan rerata nilai 6,68. Produktivitas dokter gigi PNS sebesar 3,81 kurang dari setengah rasio Non PNS yang mencapai 8,48. Gap produktivitas ini merupakan konsekuensi rangkap jabatan fungsional dokter gigi PNS dan tugas strukturalnya. Untuk menjalankan dua fungsi ini secara seimbang, disarankan untuk membuat standar minimal jumlah pasien gigi harian dan pengukuran produktivitas dokter gigi secara periodik
The measurement of productivity uses the Ilyas method, by calculating the number of patient visits divided by the number of working days of the dentist in 2023. The number of patient visits and participation are factors contributing to the high productivity of dentists, while factors such as age, gender, length of service, training, the number of dental units, and performance allowances were not found to have a significant correlation.
The highest productivity is at 13.25 and the lowest at 0.61 with an average value of 6.68. Civil servant dentist productivity is at 3.81, less then of non-civil servant dentists with 8.48. This gap is a consequence of the multiple functional roles and structural duties especially for civil servant dentists. To balance these two roles, it is recommended to establish minimum standards for daily dental patient numbers and periodically measure dentist productivity."
Hasil penelitian ini adalah (1) dalam ulasan produk lokal untuk perawatan kulit wajah pada aplikasi Female Daily terdapat bentuk evaluasi yang terdiri atas sistem appraisal, yaitu sikap, pemosisian, dan graduasi; (2) setiap fungsi dalam sistem appraisal memiliki kecenderungannya masing-masing. Pada subsistem sikap dalam ulasan terdapat afeksi, penghakiman, dan apresiasi. Dari ketiga subsistem sikap tersebut, ketiganya memiliki kecenderungan positif. Kecenderungan ulasan lebih banyak menggunakan apresiasi daripada afeksi dan penghakiman. Sistem appraisal pemosisian terdapat kecenderungan heteroglos. Hal itu menunjukkan bahwa pengguna melibatkan dirinya dengan produk yang dinilai. Sistem appraisal graduasi memiliki kecenderungan jenis daya (force). Hal itu menunjukkan bahwa pengguna bermaksud untuk meninggikan atau merendahkan nilai produk.
The results of this study are (1) in the local products review for facial skin care in Female Daily application, there is a form of evaluation consisting of the appraisal system, which are attitude, positioning, and graduation; (2) each function in the appraisal system has their tendencies. In the attitude subsystem of a review, there are affection, judgment, and appreciation. From the three attitude subsystems, they all have positive tendencies. The tendency for the reviews uses appreciation more than affection and judgment. The positioning appraisal system has a heteroglossia tendency. It shows that the users involved themselves with the assessed product. Graduation appraisal system has a tendency to force. It shows that the user tends to raise or lower the value of the product."