Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Hadina Widyasari
"Skripsi ini membahas penelitian dan perancangan sebuah sistem web scraping untuk informasi kursus di Coursera dengan rekomendasi model dan metrik untuk pencarian kursus. Telah banyak tersedia layanan kursus online yang bisa dicari dan diakses sesuai dengan ketersediaan dan kebutuhan, seperti Coursera. Namun, ketika pengguna hendak mencari kursus dengan memasukkan teks ke dalam section penelusuran kursus Coursera, hasil pengurutan penelusuran bisa saja kurang sesuai dengan apa yang sebenarnya diharapkan atau dituju pengguna dengan keyword. Tujuan penelitian dan perancangan sistem ini adalah agar pengguna yang ingin mencari kursus di Coursera berdasarkan keyword dapat menggunakan sistem ini sebagai cara alternatif untuk memperoleh dan melihat gambaran urutan hasil penelusuran kursus-kursus yang tersedia di Coursera dengan akurasi kecocokan yang lebih tinggi sehingga diharapkan dapat menemukan kursus-kursus yang lebih sesuai dengan yang dicari melalui keyword atau teks. Penelitian dan perancangan sistem ini secara garis besar terdiri dari program scraper, database, pengujian model dan metrik, dan program pencarian kursus menggunakan perhitungan kemiripan antara teks dalam database dengan teks input dari user. Hasilnya, jika dibandingkan dengan metode yang digunakan Coursera untuk menampilkan hasil pengurutan kursus dengan pilihan sorting sudah berdasarkan “Best Match”, ternyata program pencarian kursus menggunakan soft cosine similarity dan cosine similarity yang dikombinasikan dengan all-MiniLM-L6-v2 telah menunjukkan peningkatan akurasi sebesar 33.33%.
This thesis discusses the research and design of a web scraping system for course information on Coursera with models and metrics recommendation for course search. Many online course services are available that can be searched and accessed according to availability and needs, such as Coursera. However, when users want to search for courses by entering text into the Coursera course search section, the search sorting results may not match what users actually expect or aim for with the keyword. The aim of this research and system design is for users who want to search for courses on Coursera based on keywords to use this system as an alternative way to obtain and see an overview of the order of search results for courses available on Coursera with higher accuracy of match so that it is expected to find more suitable courses through the keyword or text. This research and system design consists of a scraper program, a database, model and metric testing, and a course search program using similarity calculations between text in the database and user input text. As a result, compared to the method used by Coursera to display course sorting results with the sorting option already based on “Best Match”, it turns out that the course search program using soft cosine similarity and cosine similarity combined with all-MiniLM-L6-v2 has shown an accuracy increase of 33.33%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Firriyal Bin Yahya
"Zaman sekarang banyak orang yang memiliki minat di bidang pemrograman. Adanya perkembangan aplikasi-aplikasi kursus online atau e-learning saat ini membuat mereka beramai-ramai mencari ilmu disana. Meskipun begitu, masih banyak pula ditemukan orang- orang yang memiliki berbagai kendala dan kesulitan dalam memahami materi pemrograman. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meninjau desain interaksi aplikasi e-learning di bidang pemrograman studi kasus Codecademy, W3Schools, dan Coursera dan mengetahui pengaruhnya terhadap pembelajaran pemrograman mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Dilakukan pelaksanaan kuesioner daring untuk mendapatkan data kuantitatif dan kualitatif serta usability testing untuk mendapatkan data kualitatif. Selain itu, pada penelitian ini diterapkan prinsip-prinsip dari Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil menunjukkan bahwa dari segi kuantitatif perhitungan SUS, Codecademy dan W3Schools berada pada rentang “OK” dan Coursera berada pada rentang “GOOD”. Tetapi hasil dari segi kualitatif masih perlu dilakukan perbaikan untuk ketiga aplikasi tersebut.
Today many people have an interest in programming. The development of online course applications or e-learning at this time makes them flock to seek knowledge there. Even so, there are still many people who have various obstacles and difficulties in understanding programming material. Therefore, this study aims to review the interaction design of e-learning applications in the field of Codecademy, W3Schools, and Coursera case study programming and determine its effect on their programming learning. This study uses a mixed methods approach. An online questionnaire was conducted to obtain quantitative and qualitative data as well as usability testing to obtain qualitative data. In addition, this research applies the principles of Shneiderman's Eight Golden Rules of Interface Design. The results show that in terms of quantitative calculations, SUS, Codecademy and W3Schools are in the “OK” range and Coursera is in the “GOOD” range. However, the results in terms of qualitative still need to be improved for the three applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library