Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Ibnu Edy Wiyono
Abstrak :
Diskusi mengenai pasar oligopoli pada umumnya selalu bermuara pada pembahasan mengenai bentuk prilaku persaingan usaha (mode of competition) dan prilaku kolusi (collusive behavior) perusahaan-perusahaan yang yang ada didalamnya.
Mengikuti arus besar tersebut, tesis ini mencoba untuk mengestimasi bentuk prilaku persaingan usaha dan prilaku kolusi perusahaan-perusahaan pembibitan ayam pedaging di Indonesia. Ketersediaan data dan posisi strategis dari output (Day Old Chicks/bibit ayam) yang dihasilkan oleh perusahaan pembibitan ayam pedaging bagi kelangsungan usaha peternak ayam pedaging menjadi dua alasan utama dipilihnya industri ini.
Bentuk pasar yang oligopolistis sebagaimana yang ditunjukkan oleh tingginya tingkat penguasaan pasar oleh empat perusahaan pembibit utama dan adanya perbedaan skala usaha yang cukup tajam antara perusahaan pembibit besar dengan perusahaan pembibit kecil menjadi alasan lain dipilihnya industri pembibitan ayam pedaging Indonesia sebagai studi kasus penelitian ini.
Pendekatan conjectural variation yang digunakan dalam penelitian ini menyimpulkan bahwa perusahaan pembibitan ayam pedaging di Indonesia dalam menentukan tingkat produksi yang memaksimalkan keuntungannya selalu memperhilungkan tingkat produksi output perusahaan pembibit lainnya. Dengan kata lain prilaku persaingan usaha di industri ini cenderung mengikuti model persaingan ala Cournot. Perusahaan-perusahaan pembibit pun cenderung lidak saling melakukan koordinasi (independen) dalam proses penentuan output yang memaksimalkan keuntungannya.
Tidak ditemukannya kolusi yang permanen dalam jangka panjang di industri ini berimplikasi pada perlu adanya perubahan fokus pengawasan industry regulator dari isu kolusi ke isu kemungkinan dilakukannya predatory pricing oleh perusahaan-perusahaan pembibit berskala besar terhadap perusahaan-perusahaan pembibit berskala kecil. Isu predatory pricing menjadi penting karena akan sangat sulit untuk dideteksi jika hal ini dilakukan pada saat pasar mengalami kelebihan produksi dimana pada kondisi ini price cut mendapatkan legitimasi bisnisnya.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T17203
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sri Mulyani Agustina
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan timbal balik antara struktur
modal dan posisi persaingan berdasarkan strategi yang tepat untuk diterapkan
dalam perusahaan manufaktur sub sektor food and drug retailers yang terdaftar di
BEI tahun 2007-2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini
mempertimbangkan persaingan dalam kondisi cournot ataupun bertrand. Analisis
yang dilakukan dibedakan dalam tiga hal yaitu perusahaan yang dianggap tidak
berada dalam kondisi persaingan apapun, perusahaan yang berada dalam
persaingan kondisi cournot dan perusahaan yang berada dalam persaingan kondisi
bertrand, kemudian pengukuran struktur modal dibedakan dalam dua proksi yaitu
leverage TDA dan leverage TDM. Metode yang digunakan 2 SLS karena
persamaan yang digunakan simultan, terdapat exogeneous dan endogeneous
variabel sehingga hasil OLS bias. Data diperoleh dari datastream FEUI, hasil
penelitian menunjukan bahwa pengaruh antara pangsa pasar terhadap struktur
modal adalah signifikan dan positif terjadi pada perusahaan yang berada dalam
persaingan kondisi bertrand.
ABSTRACT
This study aims is to determine the mutual relationship between capital structure
and competitive position based on an appropriate strategy to be applied in the
manufacturing sub-sectors of food and drug retailers listed on the Stock Exchange
in 2007-2014. The sample used in this study considering the conditions of
competition in cournot or bertrand. Analysis conducted differentiated in three
things: Companies that are considered not to be in any competitive conditions,
companies that are in competition conditions cournot and companies that are in
competition bertrand condition, then the measurement of capital structure is
divided into two proxy leverage TDA and leverage TDM. 2 SLS method used for
equations that are used simultaneously, there is exogeneous and endogeneous
variables so that the OLS bias. Data obtained from the datastream FEUI, research
shows that the influence of the market share on the capital structure is a
significant and positive happens to companies that are in competition conditions
bertrand.
2016
S63893
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
BEMP 9(1-2) 2006
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library