Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Audrey Gabriella Titaley
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh balikan sesama pemelajar terhadap peningkatan kualitas tulisan pemelajar dan persepsi pemelajar terhadap penggunaannya di kelas kemahiran menulis pada tingkat bahasa B2. Data utama penelitian ini adalah tulisan pemelajar dan hasil kuesioner dari 18 pemelajar bahasa Jerman di suatu perguruan tinggi, yang telah dilatih sebanyak 3 pertemuan untuk memberikan balikan isi dan kebahasaan. Temuan penelitian ini menunjukkan signifikasi pengaruh pemberian balikan sesama pemelajar yang berlangsung di kelas kemahiran menulis pada tingkat bahasa B2 terhadap peningkatan kualitas tulisan pemelajar. Pemberian balikan sesama pemelajar juga berperan pada peningkatan nilai tulisan pada tingkat bahasa B2 pada keempat kriteria penilaian tulisan yang dgunakan Goethe-Institut 2007 . Perbedaan kualitas buram pertama dan buram ketiga secara signifikan terlihat dari satu kriteria aspek isi yaitu pengaturan teks dan juga satu kriteria aspek kebahasaan yaitu kemampuan mengungkapkan makna. Kualitas tulisan dapat meningkat berkat adanya interaksi antarpemelajar yang berlangsung selama proses pemberian 162 balikan fasilitatif dan 190 balikan korektif. Kedua bentuk balikan tersebut mengarahkan pemelajar untuk memperbaiki tulisan mereka. Temuan penelitian ini mendukung pernyataan Hyland 2004 terkait peran positif BSP dalam peningkatan kualitas tulisan pemelajar dan interaksi antarpemelajar yang komunikatif. Hasil penelitian ini juga mendukung perlunya pemelajar dilatih untuk memberikan balikan yang efektif. Selain itu, hasil kuesioner yang dibagikan untuk mengkaji persepsi penggunaan balikan sesama pemelajar menunjukkan persepsi positif terhadap penggunaan dan manfaat balikan sesama pemelajar.
ABSTRACT
The research aims at studying the influence of peer feedback to improve the quality of students rsquo writing and the perception of the usage of peer feedback in the writing class in the B2 language level. The primary data of this research are student writings and the questionnaires given to 18 German learners in a university, that have been trained in three meetings to give content and language feedback. The research findings show the significant impact of peer feedback that was given during the writing class on the quality improvement of students rsquo writing. The peer feedback plays also a role in score increase completely in 4 criteria of Goethe Institut rsquo s writings measure for B2 level 2007 . The different quality of first and third draft can be seen significantly in a criterion of content aspect, namely text organization and also in a criterion of language aspect, namely vocabulary complexity. The writings quality improves with the help of student student interaction while giving 162 facilitative feedbacks and 190 language feedbacks. Both feedbacks facilitate students during revising their writing. These research findings support Hyland rsquo s 2004 statements about the positive roles of peer feedback to increase students rsquo writing quality and communicative stundent student interaction. That is why, these research findings emphasize that the learner need to be trained to give effective feedback. Moreover, the questionnaire distributed to investigate the students rsquo perception toward peer feedback in the writing class shows positive perception supporting peer feedback in the writing class.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T51345
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Sarah Aslamiyah
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing untuk mengevaluasi tulisan akademik mahasiswa. Selain itu, persepsi pemelajar juga diteliti untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang persepsi yang mereka miliki terkait penggabungan penggunaan corrective feedback dari Grammarly dengan kegiatan noticing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah akurasi tata bahasa dalam tulisan akademik dalam bahasa Inggris di tingkat mahasiswa yang masih banyak terjadi. Penelitian ini menggunakan metode campuran atau mixed method dengan desain penelitian kuantitatif quasi-experimental untuk menganalis hasil tulisan mahasiswa dan desain kualitatif untuk menganalisis dan menjabarkan hasil dari kuesioner. Data penelitian ini adalah tulisan mahasiswa semester empat jurusan Pendidikan bahasa Inggris sebuah universitas swasta di Sidoarjo, dan hasil pengisian kuesioner tentang persepsi mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan nilai post-test baik di kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Meskipun demikian, melalui uji t-test diketahui bahwa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini sejalan dengan adanya penurunan yang signifikan pada kesalahan tata bahasa dalam tulisan akademik pemelajar di kelas eksperimen. Ini membuktikan bahwa penggunaan corrective feedback dari Grammarly yang digabung dengan kegiatan noticing berhasil dalam menurunkan kesalahan tata bahasa pada tulisan akademik pemelajar. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan penggunaan Grammarly dan kegiatan noticing dapat diterapkan pada pengajaran keterampilan menulis di kelas. Hal ini untuk membantu pembelajar dalam mengevaluasi tulisan pemelajar. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan mengintegrasikan kegiatan noticing dengan aplikasi grammar checker lainnya yang tersedia di internet agar dapat dibandingkan keefektifitasannya dengan penggunaan Grammarly dalam mengajar keterampilan menulis.
......
The aim of the research is to investigate the effectiveness of direct corrective feedback in Grammarly which was combined with noticing activities to evaluate the accuracy of students’ academic writing. In addition, students’ perception was also studied to get a better understanding of the students’ perception for the combined use of noticing activity and Grammarly in the classroom. This study was carried out because of the accuracy problem in applying grammatical rules when students write an academic paper. This research used mixed methods with a quantitative method to analyse the results of students’ writing from experimental-research-design and a qualitative method to analyse and describe the result of the questionnaire. The data taken for this research is the writing of the students in the 4th semester from the department of English Education in a private university in Sidoarjo, and the result of the questionnaire on students’ perception. The results of the research indicated that there was an increment of students’ post-test mean scores in both experimental and control classes. However, through the t-test, the post- test mean score of the experimental class is higher than the post-test mean score the of control class. Moreover, it was revealed that there was a significant reduction of grammatical errors in the students’ papers both during the daily tasks and during the post-test. The result from the questionnaire also showed that the students found it helpful for having noticing activities after using Grammarly to evaluate the grammatical errors in their writing. Therefore, it is expected that the combined use of Grammarly and noticing activities can be implemented to improve and evaluate the accuracy of students’ academic writing. For further research, integrating noticing activities with other grammatical checkers available on the Internet is necessary to be conducted. Then, we can compare the effectiveness of the use of Grammarly in teaching writing.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library