Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratu Fathia Adhawiyahasni
"ABSTRAK
Corporate Social Marketing (CSM) sudah lama digunakan sebagai salah satu strategi pemasaran oleh lembaga pemerintah dan organisasi nirlaba, akhir-akhir ini konsep tersebut diperluas ke konteks perusahaan dimana CSM digunakan dalam strategi pemasaran CSR mereka. Dengan menggunakan CSM, perusahaan dapat mempengaruhi perilaku konsumen dalam hal manfaat sosial dan bisnis, namun sayangnya masih belum banyak penelitian yang meneliti lebih dalam mengenai CSM, sehingga dalam penelitian ini peneliti memilih PT. Paragon Technology and Innovation sebagai perusahaan yang menggunakan strategi CSM dengan tujuan untuk menyelidiki efektivitas strategi pemasaran CSM dan pengaruhnya terhadap loyalitas serta perilaku prososial pada konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner kepada 265 konsumen muslim di Indonesia dan data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) di software Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi CSM memberikan pengaruh positif terhadap perilaku prososial dan loyalitas konsumen terhadap merek PTI Paragon.

ABSTRACT
Corporate Social Marketing (CSM) has long been used as one of the marketing strategies by government institutions and non-profit organizations, these concepts have recently been extended to the corporate context where CSM is used in the marketing strategy of their CSR. By using CSM, companies can influence consumer behavior in terms of social and business benefits, but unfortunately there are still not many studies that examine deeper about CSM, so in this study researchers chose PT. Paragon Technology and Innovation as a company that uses CSM strategy with the aim to investigate the effectiveness of CSM marketing strategies and their effect on loyalty and prosocial behavior on consumers. The method used in this study is to distribute questionnaires to 265 Muslim consumers in Indonesia and the data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in Lisrel 8.8 software. The results showed that the CSM strategy had a positive influence on prosocial behavior and consumer loyalty to the PTI Paragon brand."
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Isti Aprillani
"Perkembangan konsumen dengan gaya hidup pro lingkungan semakin meningkat di dunia, khususnya di Indonesia. Banyak perusahaan dan organisasi memanfaatkan hal tersebut dengan menerapkan corporate social marketing (CSM) untuk mengubah perilaku konsumennya. Seperti yang telah dilakukan oleh The Coca Cola Company dalam program "Break the Bottle" pada produk Ades. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh penggunaan stimulasi sensori dalam suatu program sosial terkait dengan branding behavior yang diterapkan. Data diperoleh dengan melakukan eksperimen dan survey menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa dengan memberikan stimulasi sensori tinggi dengan meremukkan botol plastik menggunakan tangan akan berpengaruh signfikan terhadap penerimaan pesan melalui penerapan branding behavior. Namun hal tersebut hanya akan berpengaruh pada konsumen yang pro lingkungan. Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyarankan perusahaan perlu menekankan pelaksanaan program sosial pada penyampaian inti dari pesan sosialnya. Selain itu, perusahaan juga sebaiknya menyediakan informasi dan fasilitas yang mendukung kemudahan audiens untuk melakukan perilaku agar dapat meningkatkan keterlibatan dan partisipasi audiens sesuai dengan tujuan program sosial.

Pro-environmental consumer's lifestyle is increasing all over the world, particularly in Indonesia. Many companies and organizations take advantage of this by applying corporate social marketing (CSM) to change their consumer behavior. As performed by The Coca Cola Company within its program entitled "Break the Bottle" for Ades. This study was conducted to see how it affects the use of sensory stimulation within a social program related to branding behavior activity applied. Data was obtained by performing experimental research and surveys using questionnaires.
The results of this study found that high sensory stimulation will have a significant influence on the acceptance of branding message through the implementation of branding behavior. However, it will only affect the pro-environmental consumer. Threfore, results of this study suggest that companies need to emphasize the implementation of social programs in the delivery of the core of the social message. In addition, the company should also provide information and facilitate the audience to perform the behavior in order to increase the involvement and participation of the audience according by objectives of social programs.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library