Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Damora Rhakasywi
"Perkembangan industri elektronik untuk produk berkinerja tinggi yang ditandai dengan munculnya piranti elektronika berukuran minimalis serta menggunakan daya yang rendah memerlukan sebuah sistem pendinginan yang handal dan efisien sehingga mampu beroperasi secara optimum. Pada penelitian ini teknologi yang digunakan untuk mendinginkan komponen piranti elektronika tersebut menggunakan jet sintetik yang memanfaatkan gerakan membran secara kontinyu dengan menghasilkan cincin vortex untuk mempercepat proses perpindahan panas.
Penelitian yang dilakukan pada study ini bertujuan untuk mencari nilai frekuensi, jenis gelombang eksitasi, serta bentuk orifis jet sintetik yang menghasilkan performa pendinginan yang baik untuk model jet sintetik impinging, mencari pengaruh jarak tumbukan (impact) jet sintetik impinging terhadap laju perpindahan panas konveksi untuk proses pendinginan, mencari model cavity jet sintetik impinging dan jet sintetik cross flow yang memiliki kehandalan dalam proses pendinginan.
Penelitian ini dikerjakan menggunakan pendekatan komputasional dan eksperimental. Pada pendekatan komputasional digunakan software CFD (computational fluid dynamics) yang mendefinisikan kondisi batas jet sintetik dengan asumsi dinding bergerak (moving wall) dan model turbulensi k-omega SST (Shear Stress Transport). Kemudian model uji eksperimental menggunakan model jet sintetik tipe impinging dan model jet sintetik tipe cross flow. Model-model tersebut memiliki perbedaan dalam hal arah aliran jet sintetik terhadap media yang akan didinginkan berupa heatsink. Modus eksitasi yang dipergunakan untuk menghasilkan aliran jet sintetik tersebut menggunakan sinyal listrik berupa gelombang sinusoidal, square dan triangular dengan variasi frekuensi 80 Hz, 120 Hz dan 160 Hz. Sinyal listrik tersebut dihasilkan oleh sweep function generator.
Hasil yang diperoleh dari kajian komputasional dan eksperimental tersebut memberikan informasi bahwa jet sintetik mampu memberikan efek pendinginan pada objek yang akan didinginkan. Parameter dari variasi frekuensi eksitasi jet sintetik dan arah aliran jet sintetik memberikan efek yang beragam dalam hal pendinginan. Dari hasil penelitian yang dilakukan tersebut diperoleh modus eksitasi yang paling baik menggunakan gelombang eksitasi square 120 Hz untuk model jet sintetik impinging kemudian kombinasi gelombang eksitasi sinusoidal 120 Hz dan square 80 Hz memberikan efek pendinginan yang paling optimum untuk tipe jet sintetik cross flow. Konsumsi energi yang dibutuhkan oleh jet sintetik sebanyak 1,78 joule untuk menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C sedangkan kipas menghabiskan konsumsi energi sebanyak 142,2 joule untuk dapat menurunkan temperatur dari 53°C menjadi 48,2°C.

The development of the electronics industry for high performance products are characterized by the emergence of electronic devices minimalist size and low power required to use a cooling system that is reliable and efficient thus able to operate at its optimum. In this study, the technology used to cool electronic devices such components using synthetic jet which utilizes a continuous membrane movement by generating vortek ring to accelerate the process of heat transfer. Research conducted in this study aimed to explore the value of frequency, type of wave excitation, as well as the shape of the synthetic jet orifice produces good cooling performance for the model synthetic jet impinging, collision distance for influence synthetic jet impinging on the rate of convection heat transfer to the cooling process, looking for synthetic jet impinging cavity models and synthetic jet cross flow which has reliability in the process of cooling.
The study is done using the method of using computational and experimental approaches. In the computational approach used CFD (computational fluid dynamics) software which defines the boundary conditions assuming a synthetic jet moving wall model with k-omega SST (Shear Stress Transport) turbulence. Then test the model using the experimental model of type impinging synthetic jet and model of synthetic jet cross flow type. The models differ in terms of synthetic jet flow direction of the media that will be cooled heatsink. Mode excitation is used to produce the synthetic jet flow using electrical signals in the form of waves sinusoidal, square dan triangular with variations in frequency of 80 hz, 120 hz and 160 hz. The electrical signals generated from the tool named sweep function generator.
Results obtained from the computational and experimental information that synthetic jets can provide a cooling effect on the object to be cooled. Parameters of synthetic jet excitation frequency variation and direction of flow of synthetic jet placement varied effects in terms of cooling. From the results of the research conducted most excitation modes obtained using either 120 hz square wave excitation for the type of impinging synthetic jet models then the combination of 120 hz sinusoidal excitation wave and 80 hz square provide the most optimum cooling effect for condition type cross flow model of synthetic jet. Energy consumption required by the synthetic jet 1.78 joules to lower the temperature of 53°C - 48.2°C while fans spend energy consumption 142.2 joule to be able to lower the temperature of 53°C-48.2°C.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
D1899
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Luthfi Setyana
"Penilitian ini membahas tentang retrofit sistem pendingin mesin untuk kapal coaster 1200GT dengan menggunakan sistem keel cooler. Dimana proses untuk mengganti suatu sistem yang sudah ada yang disebut retrofiting. Kapal coaster 1200GT merupakan kapal pengangkut barang untuk pelayaran pantai. Kapal ini memiliki spesifikasi panjang keseluruhan ( ), panjang diantara garis tegak lurus ( ), lebar kapal ( ), tinggi kapal ( ), sarat kapal ( ), tenaga mesin utama ( ), kecepatan maksimum kapal ( ) dan dapat menampung penumpang sebanyak 400 orang. Tujuan penelitian ini adalah merancang kebutuhan keel cooler untuk kapal coaster 1200GT. Langkah-langkah kegiatan perancangan dan perhitungan keel cooler ini adalah sebagai berikut: menghitung kebutuhan keel cooler dengan variasi diameter ½ - 2 ½ inch untuk mengetahui berapa panjang (L) minimal dan nilai optimal dari nilai pelepasan panas (q). Variasi diameter menghasilkan beberapa nilai panjang dan nilai koefisien perpindahan panas yang bervariasi. Pada diameter 2½ inch memiliki nilai panjang minimal dan nilai pelepasan panas yang optimal.

This research discusses about retrofit of the engine cooling system for coaster ship 1200GT with a keel cooler system. Where the process to replace an existing system called Retrofitting. 1200GT coaster ship is a freighter ship to cruise the beach. This ship has the following specifications: length overall specification ( ), the length between perpendiculars ( ), the breadth ( ), height ( ), draft ( ), the main engine power ( ), the maximum speed of the ship ( ) and can accommodate as many as 400 passengers. The purpose of this research is to design requirements for ship's keel cooler coaster 1200GT. Step-by-step activities keel cooler design and calculation are as follows: calculate the keel cooler needs to variation in diameter ½ - 2 ½ inch to know how long ( ) minimum and the optimal value of the heat release ( ). Variations in diameter produced some length value and the value of heat transfer coefficient varies. At a diameter of 2½ inch has a minimum long value and optimal value of the heat release.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57716
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samuel Agustinus Adam
"Setiap mesin membutuhkan sistem pendingin untuk mempertahankan kinerja mesin. Dalam hal ini sistem pendingin yang diterapkan di kapal laut dengan pertukaran air tawar dan air laut. Karena air laut mengandung fouling biologis maka itu biofouling akan menumpuk dalam alat penukar panas sehingga kinerja penukar panas menurun dari waktu ke waktu. Hal ini membuat laju perpindahan panas dalam pendingin kurang efisien sehingga untuk menjaga BHP mesin yang dibutuhkan mesin mengkonsumsi lebih banyak bahan bakar. Hasilnya menunjukkan bahwa efeknya bisa mengalami kerugian sekitar 644 24 jam x 24 jam x 30 hari = $ 463,852.8 Kondisi ini membuat pentingnya pemeliharaan sistem pendingin untuk menjaga suhu mesin kapal laut dan untuk meminimalkan biaya bahan bakar tambahan. Untuk sistem itu sendiri untuk menjaga dingin dalam kondisi baik pendinginan perlu nyamembersihkan pendingin untuk setiap 720 jam atau per 1 bulan.

Every engine needs a cooling system in order to maintain the perfomance of engine. In this case the cooling system is applied in naval ship with the exchange of freshwater and seawater. Since the seawater contains biological fouling, then it is scaled in the heat exchanger so that the perfomance of heat exchanger is decreasing from time to time. This makes the heat transfer rate in cooler is less efficient so that to maintain the brake horse power of the engine it needs to consume more fuel. The result shows that the effect could incur a loss of about $ 644.24/hour x 24 hour x 30 days = $ 463,852.8. This condition makes the importance of cooling system maintenance in order to keep the temperature of the naval ship engine and to minimize the additional fuel cost. For cooling system itself, to keep the cooler in a good condition, it needs to clean the cooler for every 720 hours or per 1 month.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56344
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Luhuring Tyas
"Potensi bahaya reaktor riset lebih rendah dibandingkan reaktor daya. Namun sebahagian besar reaktor riset dibangun beberapa dekade lalu, dimana persyaratan desain belum sepenuhnya memenuhi persyaratan keselamatan sebagaimana halnya RSG-GAS yang sudah beroperasi selama 28 tahun dan berlokasi dekat dengan pemukiman penduduk. Sebagai masukan dari kecelakaan Fukushima perlu dilakukan pengkajian ulang analisis keselamatan RSG-GAS. Analisis keselamatan meliputi tahapan identifikasi potensi bahaya, mengkarakterisasi kejadian pemicu, menentukan probabilitas kegagalan dan mengukur konsekuensi.
Penelitian ini hanya terbatas pada sistem pendingin primer. Kegagalan sistem primer dapat menimbulkan kejadian terparah, yaitu melelehnya bahan bakar reaktor. Berdasarkan identifikasi dan analisis bahaya pada sistem pendingin primer dengan menggunakan metode HAZID (Hazard Identification) dan HAZOP (Hazard and Operability Analysis) didapatkan lima kejadian pemicu yaitu: kehilangan pendingin karena kebocoran pipa pendingin primer area setelah katup isolasi, kehilangan pendingin karena pecahnya casing pompa karena kegagalan impeller, kehilangan pendingin karena kebocoran alat penukar panas, kehilangan aliran pendingin karena kegagalan pompa primer kehilangan aliran pendingin karena kegagalan katup isolasi primer.
Setiap kejadian terdiri dari skenario sukses-gagal beberapa fungsi keselamatan yang tersedia, dan dihasilkan empat puluh delapan skenario dari ke lima kejadian yang ada. Menggunakan perangkat lunak Item ToolKit, disusun skenario kejadian terhadap sistem keselamatan yang tersedia menggunakan Metode Event Tree Analysis (ETA) dan didapatkan hasil probabilitas kejadian dengan nilai terbesar 5,12.10-6/tahun. Seluruh skenario berdasarkan CDF dan CDS, berada dalam kategori Medium Risk dan Low Risk, sehingga dapat dinyatakan bahwa reaktor aman untuk di operasikan.

The research reactor has lower hazard potential than the power reactor. However, most research reactor was built a few decades ago, when the design requirement was not completely fulfilled the safety requirement as well as the Reaktor Serba Guna G. A Siwabessy (RSG - GAS) that has been operating for 28 years and located close to the housing resident. Learning from Fukushima accident, it is necessary to assess the safety analysis of RSG - GAS. The safety analysis including the identification of potential hazard, characterization of the postulated initiating event, determination of failure probability, and measuring the frequency.
This paper will be focused on the primary cooling system. The worst effect, as a result of the failure of primary system, because of the fuel of the reactor melts. Based on identification and hazard analysis of the primary cooling system using HAZID (Hazard Identification) and HAZOP (Hazard and Operability Analysis) method, there are five initiating events : loss of coolant accident (LOCA) because the leakage of the primary coolant boundary beyond the isolation valves, LOCA because the rupture of a pump casing due to impeller failure, LOCA because heat exchanger leakage, loss of flow accident (LOFA) because the loss of primary pump, and LOFA because the inadvertent closure of the primary isolation valves.
Each event consists of success - fail scenario from several available safety function, and there are fourty eight scenarios obtained from five events available. By using Item ToolKit Software, the event scenario arranged towards safety system avalaible by Event Tree Analysis (ETA) method and the frequency of each event is obtained, i.e the maximum value of event of 5.12E-6/year. All scenario based on CDF and CDS are in Medium Risk and Low Risk, so that the reactor is safe to operated.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T45206
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aldo Oktasio Ardian
"Indeks Konsumsi Energi IKE pada sebuah perkantoran digunakan sebagai tolak ukur penentuan tingkat efisiensi energi yang digunakannya. Sistem pendinginan menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam penggunaan energi pada gedung tersebut. Prosedur perhitungan dari IKE tersebut akan dijelaskan sebagai berikut. Besar kWh selama setahun penuh yang telah diambil datanya sebagai sample akan dibagikan dengan total luas ruangan yang menggunakan sistem pendinginan. Nilai IKE ini kemudian akan dijadikan tolak ukur efisiensi gedung tersebut dan akan didapatkan berapa persen energi yang teralihkan kepada sistem pendinginan.

Energy Use Intensity EUI in an office is used as a benchmark to determining the level of energy efficiency used. Cooling system became one of the most influential factors in energy use in the building. The calculation procedure of the IKE will be explained as follows. The amount of kWh for the full year which has been sampled as sample will be distributed with the total area of the room using the cooling system. The value of IKE will then be used as a benchmark of the efficiency of the building and will get how much percent of energy that is transferred to the cooling system."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S68575
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibrahim Umar Alisjahbana
"Indonesia telah menetapkan untuk meningkatkan penggunaan energy baru dan terbarukan menjadi 23% ditahun 2025. Sementara itu 36% konsumsi energy total di indonesia digunakanpada sektor rumah tangga. Konsumsi listrik pada rumah tangga didominasi oleh penggunaan pengkondisian udara. Penggunaan solar power absorption chiller pada kawasan perumahan dinilai mampu meningkatkan penggunaan energy bersih pada sektor rumah tangga. Studi kelayakan terhadap penggunaan teknologi solar absorption chiller dilakukan di lokasi indramayu dengan tipe rumah 36/72 m2. Tujuan dari peneletian ini adalah mencari LCOC pada sistem, perbandingan emisi terhadap 3 sistem, dan aspek finansial terhadap absorption chiller cooling system. Metode penelitiana dilakukan dengan menghitung beban pendingin maksimum terhadap objek penelitian. Objek penelitian di analisa oleh 3 sistem: sistem individual, sistem absorption chillercompression chiller (Hybrid), dan sistem absroption chiller-Gas. Selanjutnya pemeilihan
kapasitas absorption chiller, storage tank, dan equipment pendukung. Dengan
membandingkan ketiga sistem LCOC pada individual system, Hybrid system, ABS-Gas
secara berturut –turut adalah 0.017 USD/kWh, 0.037 USD/kWh, 0.062 USD/kWh. Pada
hasil analisa untuk emisi yang dihasilkan oleh ketiga sistem tersebut jika dibandingkan dengan individual system, pada system solar-powered absorption chiller cooling system dapat menurunkan emisi berkisar 50% untuk sistem hybrid dan 70% pada sistem ABSGas. Pada sistem hybrid didapatkan IRR 11,4 % dan BEP di tahun ke 17 dan IRR 12.9 dan BEP di tahun ke 13 untuk ABS-Gas

Indonesia telah menetapkan untuk meningkatkan penggunaan energy baru dan terbarukan menjadi 23% ditahun 2025. Sementara itu 36% konsumsi energy total di indonesia digunakanpada sektor rumah tangga. Konsumsi listrik pada rumah tangga didominasi oleh penggunaan pengkondisian udara. Penggunaan solar power absorption chiller pada kawasan perumahan dinilai mampu meningkatkan penggunaan energy bersih pada sektor rumah tangga. Studi kelayakan terhadap penggunaan teknologi solar absorption chiller dilakukan di lokasi indramayu dengan tipe rumah 36/72 m2. Tujuan dari peneletian ini adalah mencari LCOC pada sistem, perbandingan emisi terhadap 3 sistem, dan aspek finansial terhadap absorption chiller cooling system. Metode penelitiana dilakukan
dengan menghitung beban pendingin maksimum terhadap objek penelitian. Objek
penelitian di analisa oleh 3 sistem: sistem individual, sistem absorption chillercompression chiller (Hybrid), dan sistem absroption chiller-Gas. Selanjutnya pemeilihan kapasitas absorption chiller, storage tank, dan equipment pendukung. Dengan membandingkan ketiga sistem LCOC pada individual system, Hybrid system, ABS-Gas secara berturut –turut adalah 0.017 USD/kWh, 0.037 USD/kWh, 0.062 USD/kWh. Pada hasil analisa untuk emisi yang dihasilkan oleh ketiga sistem tersebut jika dibandingkan dengan individual system, pada system solar-powered absorption chiller cooling system
dapat menurunkan emisi berkisar 50% untuk sistem hybrid dan 70% pada sistem ABSGas. Pada sistem hybrid didapatkan IRR 11,4 % dan BEP di tahun ke 17 dan IRR 12.9 dan BEP di tahun ke 13 untuk ABS-Gas
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rivaldo Garchia
"Seperti kita ketahui, Indonesia memiliki banyak sumber energi yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik, antara lain Energi Air, Energi Surya, Energi Angin, Energi Panas Bumi dan Energi Gas. Pembangkit listrik tenaga gas memiliki banyak keunggulan dari energi yang laiinnya karena tidak bergntung pada kondisi cuaca seperti angin, intensitas cahaya atau laju aliran air. Potensi gas alam indonesia sebagai sumber bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sangat melimpah.
Menurut studi badan geologi kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM), potensi gas alam yang ada di Indonesia pada tahun 2008 saja mencapai 170 TSCF, dengan komposisi tersebut Indonesia memiliki reserve to production (R/P) mencapai 59 tahun ke depan. Pembangkit listrik tenaga gas memiliki efisiensi yang cukup rendah akibat temperatur gas buang yang masih tinggi. Efisiensi dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan sistem pendingin untuk menaikkan efisiensi kerjanya. Namun apabila pembangkit tersebut telah dibuat dengan siklus kombinasi menjadi gas dan uap maka ada sistem pendingin menjadi kurang optimum karena gas buangnya sudah terpakai sebagai sumber panas HRSG.
Dalam penelitian ini temperatur udara masuk gas diturunkan hingga temperatur 15o C. Untuk penurunan temperatur ambient hingga 150C terjadi kenaikan daya output turbin gas sebesar 15,14 MW dan kenaikan efisiensi themal siklus sebesar 3,9 %. Sumber panas yang didapatkan generator chiller berasal dari HRSG dengan laju aliran massa steam sebesar 6,37 kg/s. Hal ini mengakibatkan penurunan daya output turbin uap berkurang sebesar 3,27 MW. Akan tetapi, dengan adanya sistem pendingin pada absorption chiller ini daya output yang dihasilkan oleh turbin gas meningkat sebesar 11,87 MW.

As we know, Indonesia has many sources of energy that can be used as fuel for power generation, among others, Air Energy, Solar Energy, Wind Energy, Geothermal Energy and Energy Gas. Gas power plants have many advantages of energy because it does not bergntung laiinnya on weather conditions such as wind, light intensity or rate of water flow. The potential of Indonesian natural gas as a fuel source Gas Power Plant (power plant) is very abundant.
According to the study of geological bodies Ministry of Energy and Natural Resources (EMR), the potential of natural gas in Indonesia in 2008 alone reached 170 TSCF, with the composition of Indonesia has a reserve to production (R / P) reached 59 years into the future. Gas power plants have a fairly low efficiency due to the exhaust gas temperature is still high. Efficiency can be improved by utilizing the cooling system to increase its efficiency. However, if the plant has been made with a combined cycle gas and steam into the existing cooling system becomes less optimal because the exhaust gas has been used as a heat source HRSG.
In this study the gas intake air temperature is reduced to a temperature of 15°C. To decrease ambient temperatures of up to 150C an increase in power output of 15.14 MW gas turbine and an increase in efficiency of 3.9% themal cycles. The heat source is obtained chiller generator comes from HRSG with steam mass flow rate of 6.37 kg / s. This resulted in a decrease in the steam turbine output power is reduced by 3.27 MW. However, the presence of the absorption chiller cooling system's power output generated by gas turbines increased by 11.87 MW.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anjar Fitriyanto
"Pirolisis merupakan salah satu alternatif untuk mengurangi jumlah sampah, baik yang sampah komposit maupun sampah anorganik seperti low density polyethylene (LDPE), high-density polyethylene (HDPE), polyethylene terephthalate (PET), polypropylene (PP), dan masih banyak jenis lainnya. Untuk menghasilkan energi yang optimum, maka energi yang diperlukan untuk proses produksi perlu diminimalisir. Pada proses pirolisis terdapat proses perubahan wujud dari uap menjadi cair yaitu kondenser yang berupa liquid collecting system. Penelitian ini dijalankan dengan menggunakan bahan baku jenis plastik PET dengan mesh 12, dan dilakukan dengan suhu reaksi dari 400°C hingga 600°C dengan kenaikkan sebesar 50°C untuk setiap proses, serta proses dilakukan selama 2 jam. Untuk mengurangi penggunaan energi pada proses produksi asap cair pirolisis, maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan LCS heat pipe, sehingga proses pendinginan dapat berlangsung secara natural. Didapat suhu yang paling optimal dalam segi specific energy ada pada suhu 450°C, dimana energi spesifik yang diperoleh adalah sebesar 31.36 Watt/gram dengan jumlah wax yang didapat sebanyak sebanyak 23.52 %wt. Produk utama dari pirolisis ini adalah Benzoic Acid, setelah diuji dengan metode GC-MS diperoleh komposisi nya sebanyak 77.73%, serta memiliki nilai kalor sebesar 178.11 Joule/gram.

Pyrolysis is one alternative to reduce the amount of waste, both composite and inorganic waste such as low-density polyethylene (LDPE), high-density polyethylene (HDPE), polyethylene terephthalate (PET), polypropylene (PP), and many other types. To produce optimum energy, the energy needed for the production process needs to be minimized. In the process of pyrolysis there is a process of changing the form of steam into liquid, namely a condenser in the form of a liquid collecting system. This research was carried out of plastic materials, which is PET, and with mesh levels of 12, as well as reaction temperatures from 400° to 600 oC with increment of 50°C, and held for 2 hours. To reduce energy use in the production process of pyrolysis liquid smoke, this research was conducted using LCS heat pipes, so that the cooling process can take place naturally.  It was found the optimal temperature in this research is at 450°C, where the specific energy obtained 31.36 Watt/gram, whereas the wax produced is at 23.52%wt. The main product of this pyrolysis is Benzoic Acid, after being tested by the GC-MS method, the composition is 77.73%, with heating value of 178.11 Joule/gram."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desy Kurniawati
"ABSTRAK
Konversi limbah plastik HDPE menjadi bahan bakar minyak, merupakan langkah konkrit saat ini untuk menghasilkan alternative energi. Pirolisis menjadi salah satu pilihan yang dapat diambil, yang mana selama ini proses pirolisis masih dikenal sebagai proses konversi dengan kebutuhan energi yang cukup tinggi. Oleh karena hal tersebut tujuan dari penelitian ini adalah dengan mengembangkan metode pirolisis baik thermal pyrolysis dan catalytic pyrolysis berbasis pendinginan passive cooling system pada kedua metode tersebut yang rendah energi untuk menghasilkan minyak bahan bakar dengan sifat mendekati karakteristik minyak diesel. Pada catalytic pyrolysis, digunakan katalis yang berasal dari limbah PLTU yaitu abu terbang Amurang, Bukit Asam, Adaro dan Kideco. Dari keempat jenis tersebut hanya dua abu terbang yang memenuhi syarat untuk dijadikan bahan katalis ZSM5 berdasar nilai ambang batas rasio Si/Al yang dikandung dari uji SEM-EDS, yaitu dari keduannya masing-masing sebesar 21,95 dan 10,02. Hasil dari uji BET dihasilkan karakteristik ZSM5 yang memenuhi yaitu luas permukaan abu terbang Amurang dan Bukit Asam masing-masing adalah 9,11 m2/g dan 21,25 m2/g. Volume pori-pori 0,02 ml/g dan 0,03 ml/g, dan ukuran pori masing-masing 40,12 Å dan 25,93 Å. Kondisi operasi pyrolysis optimal pada suhu reaktor 500oC dengan specific energy consumption sebesar 44,35 watt/gram, dengan laju kalor 14497,85 KJ/h, dengan suhu air pendingin LCS 20oC dan dengan ukuran feed reaktor bekisar 2mm - < 20 mm. Pada thermal pyrolysis dihasilkan konversi fase cair 89%, dengan tanpa endapan dan 11% gas. Sedangkan untuk catalytic pyrolysis perlu penambahan katalis di bagian reaktor sebesar 30% dari jumlah katalis, dengan peletakan 70% katalis di ruang katalis pada saluran uap sebelum LCS, dan dihasilkan konversi sebesar 85% cairan. Karakteristik hasil densitas dan viscositas kinematis dari thermal pyrolysis adalah 0,830 gram/ml dan 2,045 mm2/s (pada suhu uji 40oC), sedangkan hasil densitas dan viscositas kinematis dari catalytic pyrolysis adalah 0,827gram/ml dan 1,799 mm2/s (pada suhu uji 20oC).

ABSTRACT
The conversion of HDPE waste into fuel oil is concrete step to produce alternative energy. Pyrolysis is one of the choices that can be taken, which during this time the pyrolysis process still known as a conversion process with high energy requirements. Therefore, the aim of this research is to develop a pyrolysis method for both thermal pyrolysis and catalytic pyrolysis based on passive cooling system-based cooling in both low energy methods to produce fuel oil with properties as characteristics of diesel oil. In catalytic pyrolysis, catalysts derived from PLTU waste are used, namely Amurang, Bukit Asam, Adaro and Kideco fly ash. From the four types coal fly ash, only two fly ashes were qualified to be used as ZSM5 catalysts based on value of the Si/Al ratio contained from the SEM-EDS test, with the amount respectively are 21.95 and 10.02. The results of the BET test produced ZSM5 characteristics with the surface area of ​​Amurang and Bukit Asam fly ash, respectively are 9.11 m2/g and 21.25 m2/g. The pore volume is 0.02 ml/g and 0.03 ml/g, and the pore size is 40.12 Å and 25.93 Å. Pyrolysis operating conditions are optimal at reactor temperatures of 500oC with specific energy consumption 44.35 watt/gram, with heat transfer rate about 14497,85 KJ/h with cooling water temperature of 20oC for LCS, with reactor feed sizes ranging from 2mm - <20mm. In thermal pyrolysis produced 89% liquid phase conversion, with no deposits and 11% gas. Whereas for catalytic pyrolysis it is necessary to add catalyst in the reactor by 30% of the amount of catalyst, by placing 70% catalyst in the catalyst chamber in the steam channel before LCS and resulting in a conversion of 85% liquid. The characteristics of the kinematic density and viscosity results of thermal pyrolysis are 0.830 gram/ml and 2.045 mm2/s (at a test temperature of 40oC), while the kinematic density and viscosity results of catalytic pyrolysis are 0.827gram/ml and 1.799 mm2/s (at a test temperature of 20oC), while the kinematic density and viscosity results of catalytic pyrolysis are 0.827gram/ml and 1.799 mm2/s (at a test temperature of 20oC)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bernard Zaimi Pratama
"Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah menganalisis dalam penerapan regulasi BKI terkait Cooling System, Fuel System pada Kapal Yacht terhadap kesesuaiannya pada kondisi aktualnya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengecualian-pengecualian terhadap kapal yang telah beroperasi yang akan didaftarkan pada klasifikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana regulasi tersebut akan dibandingkan dengan kondisi aktual dari kapal tersebut dan regulasi lain dari anggota IACS. Berdasarkan hasil penelitian ini didapatkan beberapa pengecualian-pengecualian dan saran penambahan peraturan untuk regulasi BKI.

The issues which examined in this research is to analyze the application of BKI Regulation about Cooling system, fuel system for Yacht based on suitability to actual condition. The research aimed to know the exceptions for operated Yacht that want to register to Classification. The Methods which used in this research is qualitative method where that regulation will be compared with actual conditions from that ship and other regulation from other IACS member. According to the result of the research, there are some exceptions and additional advice for BKI regulation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>