Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Edward Tan
"Tesis ini membahas Evaluasi Performa Laporan Keuangan Dalam Rangka Meningkatkan Cash Conversion Rate dan Implementasi Strategi Pemasaran Online Pada UMKM Rapino Collection. Serangkaian wawancara dan proses business coaching terstruktur dilakukan dengan pemilik Rapino Collection, di Jakarta. Hasil dari wawancara terstruktur dianalisis dengan menggunakan STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter's 5 Forces, Gap Analysis dan Pareto Analysis untuk sampai pada masalah yang paling penting untuk dipecahkan.
Temuan menunjukkan bahwa ada tiga masalah utama yang dihadapi UMKM yang dapat diperbaiki untuk meningkatkan kinerja UMKM, yaitu: 1) kurangnya saluran pemasaran, khususnya melalui media online; 2) Sulitnya pemilik melakukan penagihan piutang usaha yang membuat menurunya performa keuangan; dan 3) belum dilakukannya analisis kesehatan keuangan sebagai patokan pengambilan keputusan. Business coaching ini diharapkan dapat membantu Rapino Collection di dalam meningkatkan kinerjanya.
This thesis discusses about evaluation of financial report performance in order to increase cash convesion cycle and implementation of online marketing strategy on Rapino Collection business. A series of structured interviews and business coaching processes were conducted with the owner of Rapino Collection, in Jakarta. The results of structured interviews were analyzed using STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, SWOT, Porter's 5 Forces, Gap Analysis and Pareto Analysis to arrive at the most urgent problems to be solved.The findings showed that there were three main problems faced by the SME that could be diminished to improve SME performance, which were: 1) lack of marketing channels, especially online media channel; 2); lack of capabilities to collect account recieveable that reduce SME's financial performance; and 3) Analysis of financial performance never been done by SME as a standard of decision making process. This business coaching is expected to help Rapino Collection and other SMEs to improve its performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Inggit Sedasha
"Indonesia memiliki potensi basis ekonomi nasional yang kuat karena banyaknya UMKM. Dalam mengembangkan UMKM, para pengusaha seringkali mengalami kesulitan karena beberapa faktor mulai dari permodalan, persaingan yang semakin tinggi hingga faktor eksternal berupa pandemi COVID-19. Banyak UMKM percetakan yang bahkan tutup sementara akibat pandemi yang terjadi pada kuartal I 2020. Berlokasi di Pamulang, Banten, Alfadhani adalah salah satu UMKM percetakan skala besar yang mengalami ketatnya persaingan di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan teknik business coaching dengan metode kualitatif yang memetakan kondisi riil dan permasalahan UMKM, kemudian mengusulkan dan mengimplementasikan solusi untuk perbaikan. Tiga masalah utama yang ditemukan menunjukkan tidak tersedianya katalog produk, tidak diperbaharuinya website, dan tidak dikelolanya search engine marketing (SEM) yang menjadi pemasaran digital utama mereka. Oleh karena itu, solusinya adalah mengembangkan e-catalog, perbaikan website, dan menerapkan strategi SEM. Hasilnya menunjukkan peningkatan konversi situs web yang berdampak pada peningkatan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM dalam mengelola aktivitas pemasarannya dengan mengembangkan e-catalog sebagai media promosi, memperbaiki website, dan menerapkan strategi search engine marketing.
Indonesia has the potential of a strong national economic base due to the large number of MSMEs. In developing MSMEs, entrepreneurs often experience difficulties due to several factors ranging from capital, increasingly high competition to external factors in the form of the COVID-19 pandemic. Located in Pamulang, Banten, Alfadhani is one of the large-scale printing MSMEs experiencing intense competition during the pandemic. This study uses business coaching techniques with qualitative methods that map the real conditions and problems of MSMEs, then proposes and implements solutions for improvement. The three main problems found indicated the unavailability of a product catalog, outdated website, and unmanaged search engine marketing (SEM) which became their main digital marketing. Therefore, the solution is to develop an e-catalog, improve the website, and implement an SEM strategy. The results show an increase in website conversions which result in increased sales. This study aims to assist MSMEs in managing their marketing activities by developing e-catalogs as promotional media, improving websites, and implementing search engine marketing strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ubaidillah Mughni
"Perkembangan era digital yang didukung dengan keberadaan internet telah meningkatkan perubahan perilaku masyarakat terhadap konsumsi media. Oleh karena itu, banyak pelaku usaha yang mulai mempertimbangkan strategi komunikasi pemasarannya dengan memproduksi berbagai jenis iklan termasuk iklan di search engine Google. Namun, sampai saat ini faktor-faktor yang paling mempengaruhi terhadap konversi penjualan di Google search engine yang paling efektif belum sepenuhnya dipahami. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis iklan di Google search engine terutama pengaruh headline terhadap konversi. Hipotesis riset eksperimen penelitian ini menyatakan bahwa terdapat hubungan positif antara berbagai bentuk headline dan pengaruhnya terhadap konversi dengan moderating factor tren kata kunci yang diambil dari Google Trend. Pada penelitian ini, dilakukan riset experimen selama 1 bulan penuh (31 hari) dengan membagi variabel yang dikontrol adalah headline pada Google mobile search engine advertising. Sebagai kesimpulan, hasil penelitian ini menemukan bahwa headline iklan baik yang memiliki kata kunci tertentu dan penuhnya karakter dengan moderating factor Google Trend pada Google search engine advertising tidak memiliki hubungan positif terhadap konversi, namun lebih berpengaruh terhadap jumlah klik suatu iklan.
The digital era, driven by the rapid development of the internet has significantly changed people's behavior towards media consumption. Various industries began to adjust their marketing communication strategies led by this change by using Google search engine advertising. However, to date, the factors that affecting the conversion in Google mobile search engine advertising is not yet fully understood. The paper aims to analyze the ads in the Google search engine advertising more importantly the effect of headline to conversion with keywor trend taken from Google Trend as moderating factor. This experiment research hypothesis shows that there is positive correlation among many types of headline and the influence to the conversion. This research is hold for about 1 full month by dividing control variable to the headline in Google search engine advertising. As a conclusion, the result of this research paper is that the headline of Google search engine advertising both contais certain keywords and having full character with Google Trend as moderating factor do not have positive correlation to the conversion, whereas it has positive correlation with the ads clicks."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Albertus Febry Hananta Pratama
"Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki faktor ndash; faktor yang mempengaruhi conversion rate pada situs e-marketplace di Indonesia. Secara khusus, penelitian ini menguji pengaruh dari persentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik terhadap conversion rate pada situs e-marketplace XYZ.com. Penelitian ini diperlukan karena faktor ndash; faktor tersebut merupakan faktor yang dianggap penting dalam menentukan besarnya pendapatan pengelola jasa e-marketplace.
Penelitian ini menggunakan pendekatan big data analytics. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa regresi. Analisa regresi yang digunakan adalah regresi logistik dikarenakan data yang diteliti berupa data kategorikal. Data yang dianalisis merupakan data ndash; data yang diekstrak dari situs e-marketplace XYZ.com, sebanyak sepuluh ribu data. Data ndash; data tersebut merupakan data mengenai metode signaling yang digunakan oleh penjual. Tujuan dari data analisis tersebut untuk mengetahui pengaruh metode signaling tersebut terhadap conversion rate.
Hasil analisis menunjukkan bahwa presentase keberhasilan transaksi, status penjual premium, dan status penjual terbaik berpengaruh terhadap conversion rate, dimana penggunaan metode signaling status penjual premium paling berpengaruh dalam peningkatan conversion rate penjual pada situs e-marketplace XYZ.com.
The purpose of this study is to investigate the factors that affect the conversion rate at e marketplace site in Indonesia. Specifically, this study examines the effect of the percentage of successful transactions, premium seller status, and best seller status on conversion rate at XYZ.com e marketplace site. This research is necessary because these factors are considered important in determining the amount of revenue of e marketplace services. This research uses big data analytics approach. Data analysis technique used is regression analysis. The regression analysis used is logistic regression because the data is categorical data. The data analyzed is data extracted from XYZ.com e marketplace site, as many as ten thousand data. These data are data on the signaling method used by the seller. The purpose of the data analysis is to determine the effect of signaling methods to conversion rate. The results of the analysis show that the percentage of transaction success, premium seller status, and best seller status influence the conversion rate, where the use of signaling method of premium seller status is most influential in increasing the seller 39 s conversion rate at XYZ.com e marketplace site"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library