Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Talitha Amanda Hakim
Abstrak :
ABSTRACT The focus of this study is on the importance in applying color psychology in general hospitals to support the healing methods of human psychological and physiological condition. The purpose of this study is to understand how colors have direct impacts on human beings and also to find the appropriate colors to apply into spaces in health care facilities according to the tasks being carried out in each space. Understanding this will encourage the development of better healing environmental designs for future hospitals and other health care facilities by applying the appropriate colors, since most hospitals and other health care facilities, especially in Indonesia, have not applied the color psychology principles in their architectural spaces. Two case studies of general hospitals that are recently built are analyzed and compared. The first hospital is Siloam Hospitals Simatupang in South Jakarta, Indonesia, and the other one is Middle Tennessee Medical Center in Tennessee, United States of America, where both are very different in terms of the colors applied inside the facilities. It has been proved that the general hospital in Jakarta have not applied the appropriate color psychology into its architectural spaces, while the Middle Tennessee Medical Center in the United States of America has successfully achieved the new approach of health care facility, which is more welcoming, soothing and provides human warmth, by applying the appropriate colors inside the facility and still giving variations but within reasons.
ABSTRAK Penelitian ini berfokus pada pentingnya penerapan psikologi warna di rumah sakit umum untuk mendukung metode penyembuhan kondisi psikologis dan fisiologis manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana warna mempunyai dampak langsung terhadap manusia dan juga untuk menemukan warna yang sesuai untuk diterapkan ke dalam ruangan-ruangan di fasilitas kesehatan yang bergantung pada kegiatan yang terjadi di dalamnya. Memahami hal-hal tersebut akan mendorong pengembangan desain lingkungan penyembuhan yang lebih baik untuk rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di masa depan dengan menerapkan warna yang tepat, karena sebagian besar rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya, terutama di Indonesia, belum menerapkan prinsipprinsip psikologi warna dalam ruang arsitektur mereka. Dua studi kasus rumah sakit umum yang termasuk baru dalam pembangunannya telah dianalisa dan dibandingkan. Rumah sakit umum pertama adalah Siloam Hospitals Simatupang di Jakarta Selatan, Indonesia, dan yang kedua adalah Middle Tennessee Medical Center di Tennessee, Amerika Serikat, dimana keduanya sangat berbeda dalam warna yang diterapkan di dalam fasilitasnya. Telah terbukti bahwa rumah sakit umum di Jakarta belum menerapkan psikologi warna yang tepat dalam ruang arsitekturnya, sementara Middle Tennessee Medical Center di Amerika Serikat sudah berhasil mencapai pendekatan baru untuk fasilitas kesehatan, yaitu lebih menyambut, menenangkan, dan menghangatkan, dengan menerapkan warna yang tepat serta memberikan variasi namum tetap dengan alasan.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S62489
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
Batik is traditional textile art of Indonesia, in which through its appearance we may expert the customss,traditional values,way of life,spiritual meanings and cultural characteristics of Indonesia people.....
ITJOICT
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sonya Ahmad
Abstrak :
Toko ritel merupakan destinasi belanja bagi orang-orang yang dapat pula menjadi tempat sumber inspirasi dan tempat orang-orang mendapat informasi tren terbaru. Ada beberapa jenis toko ritel, contohnya pada bidang mode terdapat toko-toko seperti toko sepatu, toko kacamata, toko baju renang, dan sebagainya. Lainnya pada bidang kecantikan ada toko kosmetik, toko perawatan badan, dan lain lainnya. Untuk menjadikan suatu toko menarik bagi orang-orang, perlu bagi toko-toko ini untuk menciptakan suasana yang tepat agar banyak orang menyadari keberadaan suatu toko. Tidak jarang kita mendapatkan suatu tampak tidak menarik bahkan tidak sadar akan keberadaannya dan kita tidak paham apa yang menyebabkannya. Kemungkinan besar hal ini terjadi karena kurangnya rancangan grafis bagi suatu merk tersebut, atau pada dekorasi toko, atau paling memungkinkan kurangnya memperhatikan bidang pencahayaan dan sensitivitas pada perspesi visual konsumer yang saling berhubungan. Sesungguhnya permasalahan ini cukup banyak kita temukan pada penerapan rancangan interior suatu toko ritel, namun jarang kita menyadarinya. Maka dalam skripsi ini kita akan mencoba untuk memahami pencahayaan yang ideal untuk suatu toko ritel pada bidangnya dan bagaimana dari pencahayaan tersebut mempengaruhi dalam menciptakan suasana yang menarik bagi suatu toko. Karena pencahayaan yang sesuai tidak hanya memberikan kesan visual yang lebih menarik pada toko dan barang pada display, namun juga mempengaruhi emosi dan persepsi orang-orang yang berada dalam toko dan merasakan suasananya. ...... Retail stores are the shopping destination for people, which can also be a source of inspiration and a place to be updated by the newest trends. There are various kinds of retail store, for example in fashion, there are clothing shops, footwear, eyewear, swimwear, etc. Others can be beauty shops, such as make up, body treatment shops, etc. In order for these shops to be found interesting, eyecatching, and proper for the shop category, they need to set the right ambience and mood for people to notice. Often we found a store uninteresting or unnoticeable, and often we can’t figure out why. It is probably because of the lacking in graphical brand design, decoration, or most possibly, the visual perception that’s also affected from not using the proper lighting and lacking of sensibility to consumer’s need. It is very common that we actually find these issues everywhere we go, but often unnoticed. So in this thesis, we will try to understand the ideal lighting for these different kind of shops, and how they create the attraction to the stores. Because not only the proper lighting can give a more interesting visual to the store and the items on display, it can also affect the perception and emotion of people who are experiencing the space.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55073
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library