Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yudi Sutarso
"Tujuan. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis pengaruh aktivitas ko-kreasi mahasiswa SCA terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen SA dan dampaknya terhadap loyalitas mahasiswa pada program studi LA , dengan melihat peran mediasi nilai ko-kreasi CCV dan kepercayaan pada dosen TOL , serta peran moderasi sifat kepribadian dan gender terhadap hubungan pengaruh tersebut.Metode penelitian. Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif melalui survei, di mana mengambil konteks jasa pendidikan tinggi program Magister Manajemen. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik wawancara terstruktur melalui kuesioner mandiri, di mana melibatkan 508 responden dari 890 yang disebarkan respon rate 66 pada 18 perguruan tinggi, yang berasal dari sepuluh kota di Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah model persamaan struktural dengan pendekatan variance-based SEM SEM-PLS .Temuan. Temuan penting penelitian ini adalah adanya pengaruh aktivitas ko-kreasi terhadap kepuasan mahasiswa pada dosen, serta dampaknya pada loyalitas mahasiswa pada program studi. Nilai ko-kreasi yang diterima mahasiswa dan kepercayaan pada dosen ditemukan menjadi faktor mediasi parsial dari hubungan tersebut. Selain itu, sifat kepribadian mahasiswa tidak menjadi faktor yang memoderasi hubungan tersebut, namun demikian gender menjadi faktor moderasi hubungan aktivitas ko-kreasi mahasiswa dan kepercayaan pada dosen.Implikasi manajerial. Temuan penelitian ini berimplikasi terhadap praktek pemasaran pendidikan tinggi dalam kontek penelitian ini, yang antara lain perlunya beberapa stratagi pemasaran berupa antara lain : mendorong aktivitas ko-kreasi mahasiswa, menawarkan preposisi nilai mahasiswa, menjamin kepercayaan mahasiswa, dan perlunya adaptasi aktivitas ko-kreasi terhadap gender.

Objectives. The main objectives of this study are to analyze the influence of student co creation activities SCA to student satisfaction on lecturers SA , and its impact on student loyalty on study program LA , by looking at the mediating role of co creation value CCV and trust on lecturers TOL , as well as the moderating role of personality traits and gender to the relationship.Research methods. This study uses quantitative surveys, which involve higher education services i.e. on Magister of Management Program as the context of study. Sampling technique used is two stage sampling, i.e. in the first stage of sampling was at study program level using probability sampling and the next stage was at respondent level using judgment sampling. There were 18 universities from 10 cities in Indonesia involved in this study. The survey comprised 590 responses from 890 distributions of which, 72 contained large amounts of missing data and confusing, therefore, they were removed from further data analysis. The analytical method used in the study is the structural equation model with variance based approach to SEM SEM PLS .Findings. The important finding of this study was the effect of co creation activity to student satisfaction, as well as its impact on student loyalty on study program. Co creation value and trust on lecturers were found as mediating variable of the effects. Additionally, gender was found as moderating veriable on the relationship between co creation activities and trust however, student 39 s personality traits was not as moderating factor on the effect.Managerial implications. The findings have implications on the marketing practices of higher education, including Encouraging student co creation activities, offering value proposition on students, ensuring student trust, and adapting co creation activities with gender."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D2339
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fandi Nugroho
"ABSTRAK
Penelitian ini meneliti pengaruh pelibatan dan keterlibatan konsumen dalam penciptaan nilai produk perusahaan value co-creation practice terhadap customer loyalty pada forum komunitas pengguna Mobile Legends di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu 100 anggota forum di website Mobile Legends yang aktif terlibat dalam pengembangan game Mobile Legends di forum tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan survey dengan penyebaran kuesioner, kemudian data yan terkumpul dianalisis mengunakan regresi linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara value co-creation terhadap customer loyalty para pengguna game Mobile Legends.

ABSTRACT
This research investigate the influence of customer involvement on value co creation practice with customer loyalty at Mobile Legends users of forum community in Indonesia. This research uses a quantitative approach. The sample that used in this research is 100 members of the forum at Mobile Legends website which she he actively involved in the development of Mobile Legends game in the forum. Data collection was done by survey with questionnaires spread, then the collected data were analyzed using linear regression. The results of this study indicate that there is a significant influence between the value co creation on Customer Loyalty of Mobile Legends game users.
"
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geraldine Dewarani
"Software sebagai produk digital terbukti meningkatkan kolektivitas dan efisiensi. Teknologi kecerdasan buatan menjadi solusi untuk berbagai masalah dalam bisnis, membuat produk software menjadi kebutuhan vital dalam kehidupan masyarakat. Salah satu produk yang menjadi inti bisnis banyak perusahaan adalah Software as a Service (SaaS). SaaS adalah aplikasi berbasis Internet dengan menggunakan sistem cloud. Produk aplikasi SaaS memiliki karakteristik yang unik, salah satunya adalah memiliki layanan kustomisasi untuk memenuhi kebutuhan unik setiap pelanggan. Oleh karena itu, SaaS menjadi solusi yang cocok untuk perusahaan dari semua jenis dan ukuran termasuk usaha kecil dan menengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa adakah pengaruh yang ditimbulkan dari proses customer involvement pada pengembangan aplikasi SaaS untuk masing masing pelanggan terhadap customer engagement, co-creation of service, satisfaction dan loyalty dengan dengan level of co-creation sebagai moderasi. Data dikumpulkan menggunakan questionnaire dari 200 pengguna aplikasi SaaS dan merupakan penentu keputusan dari provider SaaS yang dipilih kemudian dianalisis menggunakan structural equation modelling. Hasil dari analisis yang dilakukan menunjukan proses customer involvement pada pengembangan aplikasi SaaS mempunyai hubungan signifikan terhadap co-creation of service, satisfaction dan loyalty.

The use of software as a digital product has been shown to improve collectivity and efficiency. Artificial intelligence technology facilitates a variety of facets in business, making software products a vital necessity in people's lives. One product that is the core business of many companies is Software as a Service (SaaS). Software as a service (or SaaS) is a way of delivering applications over the Internet—as a service by using a cloud computing system. SaaS application products have a unique characteristic, it has customization services to meet customer’s unique needs. Hence, SaaS becomes a solution that is suitable for companies of all types and sizes including small and medium enterprises. The purpose of this research is to find out and analyze an effect of the customer involvement process on the development of SaaS applications for each customer on customer engagement, co-creation of service, satisfaction and loyalty with level of co-creation as moderation. Data were collected using a questionnaire from 200 users of the SaaS application who were the decision makers of the selected SaaS provider and then analyzed using structural equation modeling. The results of the analysis conducted show that the process of customer involvement in the development of SaaS applications has a significant relationship to co-creation of service, satisfaction and loyalty. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Heru Cakra
"ABSTRAK
Tesis ini membahas business coaching yang dilakukan Penulis dengan Autik Craft, UMKM yang memproduksi sepatu etnik wanita. Tujuan dari tesis ini adalah membantu pertumbuhan bisnis Autik Craft dengan melakukan formulasi Co-creation dan standarisasi produk, serta pengembangan pasar melalui website. Data dari hasil business coaching diolah dengan menggunakan analisis 5 forces, peta persepsi, SWOT dan Jarak. Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah produk dengan atribut baru berupa sepatu etnik yang nyaman, tahan lama, serta desain yang dapat digunakan sehari-hari; perubahan proses bisnis sehingga standarisasi produk dapat tercapai; perubahan logo dan kemasan, serta website yang menjadi distribution channel penjualan produk utama bagi Autik Craft.

ABSTRACT
This thesis discusses about business coaching conducted by writer and Autik Craft, SMEs that produce ethnic women shoes. The aim of this thesis is to help business growth Autik Craft by formulation of value co-creation, product standardization, and market penetration via internet. Data from business coaching processed using 5 forces analysis, perceptual map, SWOT and Gap. The results of business coaching is new product of ethnic shoes that have superior attributes of comfort, long-lasting, as well as daily use; change of the logo and packaging; and develop website to become the main product sales channel for Autik Craft.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Marco-Stefan Kleber
"ABSTRACT
Purpose of this conceptual study is the identification of design thinking approaches and underlying logic for increasing the value proposition to improve customer experience in today´s dynamic and fast-changing business environment. Method of research based on content analysis of distinctive streams in the literature on design thinking for delivering the increased value proposition. Core elements of design thinking were identified and combined with service-oriented thinking logics aiming at providing superior value proposition and thus to improve customer experience. Furthermore, the article elaborates on the delimitation of Design thinking from Designerly thinking, and a new model for enhancing customer value propositions, the wheel of Design thinking, was developed based on core elements of Design thinking approaches. This approach has a potential to shape and redefine existing markets and to improve adjustment of products and services to dynamic customers´ needs and demands."
Jakarta: Faculty of Economics and Business State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah, 2018
330 JETIK 17:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Deka Alpraeska
"Transformasi digital dan perkembangan teknologi yang terjadi pada semua sektor industri telah mendorong perusahaan yang bergerak di bidang TIK untuk terus mengembangkan strategi dan inovasi dalam persaingan bisnis. Pengelolaan budaya inovasi dalam perkembangan layanan bisnis yang didasarkan pada pengetahuan intensif dalam beberapa dekade terakhir dapat diartikan sebagai salah satu indikator transformasi ekonomi industri menjadi ekonomi yang berbasis pengetahuan. Penciptaan inovasi yang besar diyakini dapat dilakukan melalui salah satu sumber eksternal yaitu pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh innovation culture dan customer co- creation terhadap market performance pada perusahaan teknologi informasi dan komunikasi dengan knowledge-intensive business services (KIBS) yang dapat mendukung usaha dalam meraih performansi perusahaan yang tinggi terhadap pasar dengan memanfaatkan faktor inovasi pemasaran dan inovasi produk. Dalam memproses data dilakukan survei terhadap 235 responden yang dilakukan dan diuji dengan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dan Multi-Group Analisys (MGA). Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa pada perusahaan KIBS dan non-KIBS, variabel innovation culture dan customer co-creation dapat mempengaruhi secara positif terhadap marketing innovation, product innovation dan market performance. Selain itu, pada perusahaan non-KIBS, variabel marketing innovation tidak memberikan pengaruh signifikan pada market performance seperti pada perusahaan KIBS. Hal ini menjadi poin penting yang perlu diperhatikan oleh pemimpin perusahaan bahwa selain mengupayakan terciptanya innovation culture dan customer co-creation pada perusahaan, konsep KIBS dapat diadaptasi sebagai salah satu strategi perusahaan dalam meraih market performance.

Digital transformation and technological developments in all industrial sectors have encouraged companies engaged in ICT to continue developing strategies and innovations in business competition. In recent decades, innovation culture and knowledge-based business development can be interpreted as an indicator of the transformation of the industrial economy into a knowledge- based economy. Customers are thought to be the source of remarkable innovation. This research examines the effect of an innovation culture and customer co-creation on market performance in information and communication technology companies. Specifically, it focuses on Knowledge- Intensive Business Services (KIBS) that can support businesses in achieving high firm performance in the market by utilizing marketing innovation and product innovation factors. A survey of 235 respondents was conducted and tested using the Partial Least Squares (PLS-SEM) method. The results of this study indicate that in KIBS and non-KIBS firms, the variables of innovation culture and customer co-creation can positively influence marketing innovation, product innovation and market performance. In addition, in non-KIBS firms, the marketing innovation variable does not have a significant effect on market performance as in KIBS firms. This is an important point that needs to be considered by firm leaders that in addition to trying to create an innovation culture and customer co-creation in the firm, also the KIBS concept can be adapted as one of the firm's strategies in achieving market performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haryani Primanti
"Reward-based crowdfunding offers an advantageous setting for co-creation, where many forms of interactions between backers and project initiators contribute to the success of crowdfunding campaigns. However, there is a lack of study on the impact of backer co-creation in the form of comments, on the performance of crowdfunding campaigns. This study examines the influence of co-creation comments from backers, in terms of co-ideation, co-evaluation, and co-design comments, on the performance of crowdfunding campaigns, using signaling theory as a framework. This study also investigates if the responses of the project initiators (measured by the reply length, reply speed, reply ratio, and reply sentiment) have an impact on the crowdfunding performance. We utilized a panel dataset consisting of 525 reward-based crowdfunding initiatives, encompassing a total of 16,240 observation days. The results show that backers' co-ideation and co-evaluation activity leads to a higher funding amount. The effect of co-ideation comments on the number of backers is greater when project initiators respond to co-ideation comments with positive sentiments. We also found that to increase the amount of pledges, project initiators should reply to co-evaluation comments quickly, concisely, and with positive sentiment.

Reward-based crowdfunding merupakan sebuah media yang sangat potensial untuk ko-kreasi, di mana berbagai bentuk interaksi antara penyumbang dana dan pemrakarsa proyek, berkontribusi terhadap keberhasilan kampanye crowdfunding. Namun, penelitian mengenai dampak ko-kreasi yang berbentuk komentar atau dialog antara penyumbang dana dan pemrakarsa proyek, terhadap kinerja kampanye crowdfunding masih kurang. Penelitian ini menguji pengaruh komentar ko-kreasi dari penyumbang dana, yang berbentuk komentar co-ideation, co-evaluation, dan co-design, terhadap kinerja kampanye crowdfunding, dengan menggunakan teori signaling sebagai kerangka kerjanya. Studi ini juga menyelidiki apakah tanggapan pemrakarsa proyek (diukur dari lamanya balasan, kecepatan balasan, rasio balasan, dan sentimen balasan) berdampak pada kinerja crowdfunding. Kami menggunakan data panel yang terdiri dari 525 kampanye crowdfunding, yang mencakup total 16.240 hari observasi. Hasil riset menunjukkan bahwa proyek yang menerima lebih banyak komentar co-ideation dan co-evaluation menghasilkan jumlah pendanaan yang lebih tinggi. Pengaruh komentar co-ideation terhadap jumlah penyumbang dana akan lebih besar ketika pemrakarsa proyek membalas komentar co-ideation dengan sentimen positif. Kami juga menemukan bahwa untuk meningkatkan jumlah dana terkumpul, pemrakarsa proyek harus membalas komentar co-evaluation dengan cepat, ringkas, dan dengan sentimen positif."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Nur Fadhilah
"Kemajuan teknologi yang terus meningkat dapat dimanfaatkan oleh berbagai industri yang kemudian dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungannya dengan konsumen serta menjangkau lebih banyak potensi pasar, salah satunya oleh industri kecantikan. Dalam konteks ini, kemajuan media sosial menawarkan peluang yang lebih besar untuk melibatkan konsumen, sehingga engagement sering digunakan untuk menjelaskan motivasi yang dimiliki serta kesesuaiannya dengan pribadi konsumen saat terhubung dengan saluran media atau brand tertentu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer engagement terhadap co-creation, customer trust, customer retention melalui self-congruence sebagai mediasi pada pengikut TikTok Somethinc di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuantitatif menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 165 responden dengan teknik non-probability jenis purposive sampling. Data diolah menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan antara customer engagement terhadap co-creation, customer trust, customer retention dalam konteks media sosial. Lebih lanjut, terdapat pengaruh positif signifikan pada hubungan customer engagement terhadap co-creation, customer trust, customer retention melalui self-congruence sebagai mediasi. Mengingat teknologi akan terus meningkatkan kompleksitas dan kecepatan bisnis, marketer perlu mengeksplorasi lebih banyak kemungkinan variabel hasil dalam konteks aplikasi mobile maupun media sosial dengan wawancara secara mendalam.

Increasing technological advancements can be utilised by various industries to improve their relationship with consumers and reach more potential markets, including the beauty industry. In this context, advances in social media offer greater opportunities to engage consumers, so engagement is often used to explain the motivations that consumers have and how they fit into their personalities when connecting with certain media channels or brands. Therefore, this study aims to analyse the effect of customer engagement on co-creation, customer trust, customer retention through self-congruence as mediation for TikTok Somethinc followers in DKI Jakarta. This research uses a quantitative approach with quantitative data collection techniques using a questionnaire. The sample in this study were 165 respondents with non-probability purposive sampling technique. The results showed that there is a significant positive relationship between customer engagement on co-creation, customer trust, customer retention in the context of social media. Furthermore, there is a significant positive effect on the relationship of customer engagement to co-creation, customer trust, customer retention through self-congruence as mediation. Given that technology will continue to increase the complexity and speed of business, marketers need to explore more possible outcome variables in the context of mobile applications and social media with in-depth interviews."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Christina Lipuringtyas Rudatin
"ABSTRAK
Kegiatan peserta konferensi sebagai business traveler umumnya agak
terikat, ditentukan oleh keterlibatan peserta dalam agenda penyelenggara
konferensi. Sedangkan pengalaman selama kegiatan konferensi di sebuah destinasi
bisa menjadi peluang munculnya kesan abadi di benak para peserta. Penelitian ini
bertujuan untuk mengkaji bagaimana kegiatan di Peripheral Conference Service
dapat mempengaruhi loyalitas peserta konferensi pada destinasi tuan rumah
konferensi, dan bagaimana penciptaan nilai terjadi selama kegiatan berlangsung.
Data dikumpulkan dari 214 peserta internasional di 3 lokasi di Indonesia dengan
menggunakan kuesioner dengan skala 7 Likert dan analisis dilakukan dengan
menggunakan. Partial Least Square Structural Equation Model (PLSSEM).
Hasilnya menunjukkan bahwa value co-creation oleh berbagai aktor yang terlibat
dalam Peripheral Conference Service telah mempengaruhi keinginan peserta
konferensi untuk berkunjung kembali ke destinasi konferensi dan melakukan Wordof-
Mouth, baik secara langsung atau melalui mediasi sense of place dan kepuasan.
Novelty Seeking memiliki pengaruh terhadap kekuatan efek Sense of Place kepada
keinginan peserta konferensi untuk berkunjung kembali ke destinasi tuan rumah
konferensi. Studi ini telah memberikan kontribusi untuk memperkuat dan juga
menambahkan generalisasi proses value co-creation dalam teori Service Dominant
Logic dalam konteks pemasaran tujuan. Hasil studi ini juga memberikan implikasi
manajerial bagi pengembangan paradigma baru dalam melakukan pemasaran
destinasi pariwisata di Indonesia, yaitu yang semula lebih fokus pada sasaran
leisure traveler menjadi memberi perhatian pada business traveler.

ABSTRACT
Activities of conference participants as a business traveler are generally
somewhat bound, determined by the involvement of the participants on the agenda
of the conference organizers. While the experience during the conference activities
in a destination can be an opportunity for the emergence of a lasting impression in
the minds of participants. This study aims to examine how the activities in
Peripheral Conference Service may influence conference participants loyalty to the
conference destination, and how value co-creation occurred during the activity. The
data was collected from 214 international participants from 3 locations in Indonesia
by using a questionnaire with 7 Likert scale and the analysis was performed using
Partial Least Square Structural Equation Model (PLSSEM). The results show that
the Value co-creation by the various actors involved in the Peripheral Conference
Service has affected conference participants intention to revisit the conference
destinations and perform Word-of-Mouth, either directly or through the mediation
of a sense of place and satisfaction. Novelty Seeking has an influence on the
strength of the effect of Sense of Place to Conference participants intention to revisit
conference destination. This study has contributed to strengthening as well as add
the generalization of value co-creation process in the theory of Service Dominant
Logic in the context of destination marketing. The results of this study also have
managerial implications for the development of a new paradigm in tourism
destinations marketing in Indonesia, which is initially more focused on the leisure
traveler to be more concern on the business traveler."
2017
D2744
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Geraldin Christina
"ABSTRAK
Pergeseran peran konsumen dan kemajuan teknologi informasi berbasis internet memberikan jalan sekaligus memacu pemilik bisnis dan pemasar untuk terus menerus memperbarui strategi pemasarannya. Saat ini peran produsen dan konsumen tidak lagi terpisah dalam hal penciptaan nilai. Nilai suatu produk diciptakan bersama oleh produsen dan konsumen melalui integrasi sumber daya dan penerapan kompetensi, atau yang lebih dikenal dengan value co-creation. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu pengaruh experiential marketing dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan dan niat beli konsumen dalam konsep value co-creation.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan membagi responden menjadi empat kelompok dengan kombinasi treatment yang berbeda. Penelitian diikuti oleh 120 responden yang dipilih secara acak dan melakukan penelitian di wilayah Jabodetabek. Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan independent sample t-test untuk melihat perbedaan rata-rata kepuasan dan niat beli konsumen di masing-masing kelompok beserta signifikansinya.
Hasil analisis dengan metode uji t mendapatkan bahwa kombinasi treatment yang menghasilkan tingkat kepuasan dan niat beli konsumen paling tinggi adalah kombinasi experiential marketing tinggi dan persepsi kemudahan penggunaan tinggi. Namun dari hasil pengujian lebih lanjut, ditemukan bahwa treatment penjelasan secara lisan pada variabel persepsi kemudahan penggunaan justru menurunkan tingkat kepuasan dan niat beli konsumen.

ABSTRACT
The shifting of customers’ role and the proliferation of internet-based information technology have facilitated and triggered the business to continuously improve their marketing strategy. Now value creation cannot be separated between producers and consumers. Through the integration of resources and competencies producer and customer co-create the value. This phenomenon is known as value co-creation. This research is aimed to explore the effect of experiential marketing and perceived ease of use (PEOU) on customer satisfaction and customer purchase intention within value co-creation setting.
This research uses experimental methodology by grouping the respondences into four group of different treatment. The research uses 120 randomly-chosen samples from Jabodetabek area. The data then be tested using independent sample t-test to measure the difference of mean satisfaction and mean purchase intention between different group.
T-test measurement shows that the group of high experiential - high PEOU results highest satisfaction and purchase intention level among other groups. In addition, further research shows that treatment by oral explanation decreases the level of customer satisfaction and customer purchase intention."
2014
S54154
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>