Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nuri Apriliyanti
"Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana hubungan antara karakteristik generasi Z sebagai pengguna informasi dengan kebutuhan informasi yang dimiliki oleh siswa SMA Negeri 2 Depok pada pandemi COVID-19. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Depok. Sampel yang diambil sebanyak 256 responden dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa-siswi generasi Z di SMA Negeri 2 Depok dominan memiliki karakteristik terpacu. Mereka membutuhkan informasi tentang karir, cita-cita, dan rencana pekerjaan pada pandemi COVID-19. Berdasarkan hasil analisis bivariat, terdapat hubungan yang positif dan kuat secara signifikan antara karakteristik generasi Z sebagai pengguna informasi dengan kebutuhan informasi yang dimiliki oleh remaja generasi Z di SMA Negeri 2 Depok pada pandemi COVID-19. Dengan karakter generasi Z yang sangat bersemangat untuk sukses dan berhasil di masa depan, mereka membutuhkan informasi yang mendukung dalam mencapai tujuan dan cita-cita mereka tersebut.

This study has goals to examine the relationship between the characteristics of Generation Z as information users and the information needs of SMA Negeri 2 Depok students during the COVID-19 pandemic. This research is a quantitative research with survey method. Data were collected using a questionnaire distributed to students in grades X and XI at SMA Negeri 2 Depok. The samples taken were 256 respondents using the Proportionate Stratified Random Sampling technique. The results of this study indicate that generation Z students at SMA Negeri 2 Depok have dominant characteristics of being motivated. They need information about careers, goals, and work plans during the COVID-19 pandemic. Based on the bivariate analysis, there is a significant positive and strong relationship between the characteristics of Generation Z as information users and the information needs of Generation Z teenagers at SMA Negeri 2 Depok during the COVID-19 pandemic. With Generation Z characters who are very passionate about success and succeed in the future, they need information that supports them in achieving their goals and ideals."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Hasanah Jasmine
"Banyak penelitian dalam literatur kewirausahaan tertarik pada pertanyaan tentang mengapa seseorang memiliki atau tidak memiliki niat untuk membuat usaha mereka sendiri, terutama pada generasi muda seperti Gen Z dengan seperangkat nilai dan kreativitas baru. Dengan jumlah bisnis yang terus meningkat dari tahun ke tahun, seiring dengan jumlah wanita di industri bisnis yang semakin meningkat. Meningkatnya jumlah perempuan pengusaha dapat disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah munculnya pemberdayaan perempuan di kalangan generasi baru. Teori perilaku terencana juga telah dipelajari dalam banyak studi bisnis sosial mengenai niat kewirausahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberdayaan dan niat berwirausaha di kalangan perempuan Generasi Z. Ini juga berfokus pada pemeriksaan peran efikasi diri, norma subjektif, dan sikap terhadap pengambilan risiko dalam membentuk niat kewirausahaan. Untuk mendukung penelitian ini, kuesioner disebarkan kepada 202 perempuan yang lahir antara tahun 1997-2004 di Indonesia. Kuesioner yang disebarkan memiliki jenis pertanyaan tertutup, pertanyaan skala Likert. Software SEM-PLS digunakan untuk menganalisis penelitian ini.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa subjective norm dan attitude toward risk-taking yang dimiliki perempuan di Indonesia memiliki dampak yang signifikan terhadap entrepreneurial intention. Namun, empowerment dan self-efficacy telah ditemukan memiliki pengaruh negatif dalam niat kewirausahaan dimana penelitian ini menemukan bahwa memiliki empowerment dan self-efficacy tidak selalu mengarah terhadap kegiatan berusaha. Analisis data menunjukkan bahwa subjective norm memiliki pengaruh terbesar terhadap entrepreneurial intention. Artinya, wanita di kalangan Gen Z menunjukkan kecenderungan tertinggi untuk memulai usaha mereka sendiri ketika mereka mendapat dukungan dari orang-orang di sekitar mereka atau yang pendapatnya mereka hargai yang juga menyarankan mereka untuk mempunyai bisnis sendiri.

Many researches in entrepreneurial literature have been interested in the question regarding why an individual has or has not the intention to generate their own venture, especially in the young generation such as Gen Z with their own new set of values and creativity. With the number of businesses continuously increasing over the years, along with the number of women in the business industry has increased. The rising number of women entrepreneurs can be caused by many factors, one of them being the rise of women empowerment among the new generations. The theory of planned behavior has also been studied in many social business studies regarding entrepreneurial intentions.
The purpose of this study is to investigate the relationship between empowerment and entrepreneurial intention among Generation Z females. It also focuses on examining the role of self-efficacy, subjective norm, and attitude toward risk-taking on shaping entrepreneurial intention. To support this study, a questionnaire is distributed to 202 females that are born between the years 1997-2004 in Indonesia. The questionnaire that is spread is a close-ended type of question, the Likert scale questions. SEM-PLS Software is used to analyze this study.
The results revealed that the subjective norm and attitude toward risk-taking of young women in Indonesia have a significant influence on their intention to pursue entrepreneurial endeavors. However, empowerment and self-efficacy has been found to have a negative influence in entrepreneurial intention as this research found that having empowerment and self-efficacy does not specify towards the act of entrepreneurship. The data analysis shows that subjective norm have the biggest impact on entrepreneurial intention. That is to say, female Gen Z showed the highest propensity to launch their own enterprise when they have the support from the people around them or whose opinions they value that also have a preference for them to have their own business.
"
Depok: 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library