Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
Abstrak :
This paper is a critical reflection on radicalism phenomenon which emerges at the heart of Islamic education, especially at madrasah and Islamic boarding school, which is enhanced more by its development at schools and campus. This educational institution is chosen since it is at this place the character development is begun as a cadre forming facility. The aspiration of radical Islamic group is to change a state, replace its basis as well as its law. The emerge of this radicalism has shifted Islam in Indonesia, i.e. from the one dominated by moderate-ism to radicalism. Islamic education as a people liberation facility is faced against a challenge on how to develop a moderate religious consciousness so in turn among the people will grow an indusive understanding.
EDJPPAK
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Titi Mumfangati
Abstrak :
Raden Ngabehi Ranggawarsita adalah seorang pujangga besar pada masanya. Karya-karyanya sangat terkenal dan sampai sekarang masih dibicarakan oleh masyarakat. Tulisan ini akan mengupas apa subangsihnya terhadap pembangunan karakter bangsa. Dalam menyusun tulisan ini menggunakan metode kepustakaan, yaitu melalui pembacaan karya-karya dan tulisan-tulisan yang terkait dengan hasil karya Raden Ngabehi Ranggawarsita. Hasil dari pembahasan adalah Raden Ngabehi Ranggawarsita sebagai pujangga yang sangat produktif dan berpengetahuan luas. Beliau pantas menjadi tokoh teladan dalam hal pembentukan karakter masyarakat. Karya-karya sastranya memberikan kupasan tentang nilai-nilai budi pekerti yang pantas untuk dijadikan pedoman dalam kehidupan sehari-hari.
Yogyakarta: BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA D.I. YOGYAKARTA, 2017
400 JANTRA 12:2 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Asri Gartika Murti
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang perkembangan karakter dan proses hibriditas pada tokoh utama dalam roman Mooie Meisjesmond. Tujuan penelitian ini adalah memaparkan perkembangan karakter tokoh utama pada masa pubertasnya dan mengidentifikasi proses hibriditas yang dialaminya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang diuraikan secara deskriptif. Teori yang digunakan ialah teori tokoh dan penokohan serta konsep hibriditas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tokoh utama digambarkan sebagai tokoh bulat yang mengalami perkembagan karakter dan sedang dalam proses mencari identitas hibridnya.
ABSTRACT
This thesis discusses the character development and the hybridity process of the main character in the novel Mooie Meisjesmond. The purpose of this study is to explain the development characters and to identify the hybridity process which are experienced by the main character. The method used in this research is study literature which described descriptively. The theories used are the theory of character and characterization also hybridity concept. The result showed that the main character is described as round character and in the process of searching for a hybrid identity.
2016
S66093
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kristoforus Bagaskara Priyambodo
Abstrak :
Kratos, karakter protagonis dari seri video game God of War, adalah sebuah contoh anti-hero archetype populer yang memberikan bukti bahwa archetype tersebut lebih menarik daripada traditional hero archetype dalam berberapa tahun ini. Fokus dari penelitian ini adalah menganalisis bagaimana perkembangan karakter Kratos sepanjang seri God of War memengaruhi agensi dan identitasnya dan bagaimana daya Tarik Kratos terhadap komunitas game action adventure berubah sepanjang serinya. 3-act structure dari Vogler, negative and positive character arcs dari Weiland, dan affective disposition theory dari Zilmann & Cantor digunakan sebagai kerangka penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakterisasi Kratos berubah di antara anti-hero dan villain archetype dan Kratos diterima dengan baik oleh mayoritas komunitas game action adventure karena sang protagonis memiliki latar belakang yang menarik dan motivasi yang kuat. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru tentang analisis anti-hero archetype karena banyak penelitian dengan topik ini berfokus kepada media lain seperti film, acara TV, dan literatur.
......Kratos, the protagonist of the God of War video game series, is an example of a popular anti-hero archetype which has been more appealing than traditional heroes in recent years. The foci of this study are analysing how Kratos’ character development throughout the series affect his agency and identity and how his appeal towards the action adventure gaming community changes throughout the series. 3- act structure by Vogler, negative and positive character arcs by Weiland, and affective disposition theory by Zilmann & Cantor are used as the framework for the research. The results show that Kratos’ characterization evolves between anti-hero and villain archetype and the character is well-received by the majority of the community because of his compelling backstory and strong motivation. The study is expected to provide a new perspective on anti-hero archetype analysis since many researches about the topic mainly focus on other medium such as movies, TV shows, and literatures.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library