Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Reni Oktavia
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh pemaparan hasil survei kepuasan pasien yangditampilkan dalam bentuk analisis diagram kartesius terhadap peningkatankepuasan pasien. Penelitian dilakukan di poli umum Puskesmas I Cilongok terakreditasi madya dan Puskesmas Jatilawang terakreditasi utama. Respondenpada penelitian ini adalah pasien dewasa yang memanfaatkan fasilitas kesehatanpoli umum yang berjumlah 480 orang. Penelitian ini adalah Quasi Eksperimendengan model rancangan pre test ndash; post test design. Hasil penelitian menunjukkankarakteristik sosiodemografi responden pada survei awal dan survei akhir terdapattidak homogenitas pada umur dan jenis kelamin sedangkan hasil pemaparan hasilanalisis diagram kartesius kepuasan pasien berpengaruh secara bermakna terhadappeningkatan kepuasan pasien di poli umum Puskesmas I Cilongok dan PuskesmasJatilawang setelah dilakukan intervensi. Hasil lainnya yaitu adanya perbedaanyang bermakna antara kepuasan pasien di Puskesmas I Cilongok yangterakreditasi madya dengan kepuasan pasien di Puskesmas Jatilawang yangterakreditasi utama. Selain itu intervensi berupa pemaparan hasil analisis diagramkartesius kepuasan pasien berpengaruh terhadap pergeseran atribut kepuasanpasien di kuadran A prioritas pada Puskesmas I Cilongok dari 6 atribut menjadi4 atribut dan pada Puskesmas Jatilawang dari 1 Atribut menjadi 3 atributsedangkan pada kuadran D berlebih juga mengalami pergeseran pada PuskesmasI Cilongok dari 2 atribut menjadi 2 atribut dan pada Puskesmas Jatilawang dari 7atribut menjadi tidak ada. ......This thesis discusses the effect of exposure of patient satisfaction survey resultswhich is shown in the form of Cartesian diagram analysis to increase consumersatisfaction. The research was conducted in the general public health center ofcilongok 1 middle accredited and jatilawang health center main accredited .Respondents in this study were adult patients who using public health facilitieswhich amounted to 48 people. This research is quasi experiment with pre testdesign model post test design. The result of the research showed that the resultof the analysis of cartesian diagram of patient satisfaction had a significant effecton the increase of patient satisfaction in the general polyclinic of general publichealth center 1 Cilongok and general public health center jatilawang afterintervention, with p value 0,006 for general public health center 1 Cilongok and pvalue 0.0001 for general public health center jatilawang. Other result that there isa significant difference between patient satisfaction at general public health centerI Cilongok which middle accredited with patient satisfaction at general publichealth center jatilawang which main accredited with p value 0.0001. Besides thatintervention in the form of exposure result of analysis of cartesian patient diagramhave an effect on patient attribute shift in quadrant A priority at general publichealth center 1 Cilongok from 6 attribute become 4 attribute and at general publichealth center jatilawang from 1 attribute become 3 attribute.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2017
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library