Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Hammam Gopar
Abstrak :
Penelitian ini mempelajari terkait analisis hambatan kapal bulk carrier pada skala model dan skala penuh menggunakan CFD NUMECA Fine/Marine dan formula empiris metode Holtrop-Mennen. Penelitian ini juga akan membandingkan perbedaan hambatan antara hasil simulasi CFD dan perhitungan formula empiris metode Holtrop-Mennen yang digunakan sebagai validasi hasil simulasi. Selanjutnya, penelitian ini menganalisis nilai koreksi (ΔCF) dari skala model dan skala penuh dengan menggunakan hasil dari simulasi CFD yang diharapkan dapat digunakan sebagai gambaran terkait ekstrapolasi dalam mencari nilai hambatan dengan ukuran kapal tertentu. Hasil penelitian dari kedua metode menunjukkan bahwa gaya yang dihasilkan meningkat signifikan seiring dengan peningkatan skala kapal, dimana tidak adanya perbedaan yang signifikan diantara kedua metode tersebut dengan nilai error dari 1,72% sampai dengan 13,30%. Selain itu, didapatkan bahwa nilai koreksi (ΔCF) yang lebih besar pada ukuran kapal kecil menunjukkan bahwa simulasi pada skala model memerlukan penyesuaian yang lebih signifikan untuk akurasi pada skala penuh dibandingkan ukuran kapal yang lebih. ......This study analyses the correction value (ΔCF) of the model scale and full scale us using CFD NUMECA Fine/Marine and the empirical formula of the Holtrop-Mennen method. It will also compare the difference in drag between the CFD simulation results and the empirical formula calculation of the Holtrop-Mennen method, this serves as a validation for the simulation findings. The findings of the two techniques demonstrate that as the ship's scale rises, the forces generated increase significantly. Between the two approaches, there is no discernible difference in error levels, which range from 1,72% to 13,30%. Moreover, the greater correction value (ΔCF) for lower ship sizes implies that model-scale simulations need more substantial modifications to be accurate at full scale than do larger ship sizes.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fani Handayani
Abstrak :
ABSTRAK
Prevalensi BB lebih (27%) dan obesitas (36%) crew di PT. X lebih tinggi dari prevalensi nasional, menandakan terdapat masalah kesehatan pada PT. X. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui faktor risiko perilaku kesehatan yang berkontribusi terhadap IMT. Desain penelitian ini adalah sequential dengan dua tahap, tahap pertama menggunakan analisis kuantitatatif untuk melihat faktor risiko perilaku kesehatan, tahap kedua dengan menggunakan content analysis kualitatif untuk melihat predisposing, enabling, dan reinforcing factors yang melatarbelakangi perilaku kesehatan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan faktor risiko yang melatarbelakangi crew pada kebiasaan olahraga dan aktivitas fisik, pola makan dan keseimbangan energi, durasi tidur, serta stres kerja.
ABSTRACT
Prevalence of overweight (27%) and obesity (36%) crew at PT. X are higher than the national prevalence, indicating health problems. The objective was to determine the health behavior risk factors that contribute to BMI. The study design is sequential with two stages, the first using quantitative analysis to see health behavior risk factors, the second using qualitative content analysis to see the predisposing, enabling, and reinforcing factors behind the health behavior. The results showed that there were differences in risk factors that led to crew on exercise habits and physical activity, diet and energy balance, sleep duration, and work stress.
2017
T48339
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library