Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S6844
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S6861
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Susy D. Hermanses
Abstrak :
Budaya perusahaan merupakan pedoman perusahaan yang bersifat abstrak, namun dapat dipahami, dimengerti dan dilaksanakan oleh para anggotanya. Sebagai bank yang pernah menjadi pelopor dalam hal teknologi ATM, Bank Niaga sedang memansuki babakan baru dalam kehidupannya. Siring dengan terjadinya perubahan kepemilikan, maka komposisi manajemen puncak juga mengalami perubahan pada bank yang didirikan oleh para pejuang, pengusaha dan kaum intelektual ini. Kini, Bank Niaga berstatus sebagai bank take over (BTO) atau bank yang berada dalam pengawasan pemerintah c.q. BPPN dalam rangka penyehatan perbankan. Status ini membawa berbagai konsekuensi yang satu diantaranya adalah adanya perubahan nilaa-nilai budaya perusahaan. Adanya perubahan nilai-nilai tersebut, merupakan suatu keadaan yang tidak terelakkan. Yang patut disadari adalah bahwa jangan sampai perubahan itu berkembang kea rah yang negative. Untuk itu, pemimpin tetap memegang peranan penting sebagai pemersatu perusahaan. Pemimpin, selain diharapkan jadi suri tauladan juga diharapkan dapat bersosialisasi atau berkomunikasi hingga ke jajaran paling bawah. Hal ini penting dilakukan agar setiap karyawan dapat mengerti dan memahami sasaran dan tujuan perusahaan, serta yang paling penting adalah kalangan bawah itu tetap merasa bahwa mereka ikut diajakn bertanggungjawab atas keberlangsungan perusahaan. Disadari pula ada beberapa hal yang tidak dapat diterapkan oleh manajemen baru saat ini, karena focus utama tertuju pada hidup dan matinya Bank Niaga. Namun di tengah-tengah upaya memfokuskan diri, tetap diharapkan nilai-nilai budaya perusahaan yang sudah tertanam dapat dijadikan sebagai bekal dalam melewati berbagai aral melintang.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1999
T38346
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Megani
Abstrak :
Sikap positif karyawan terhadap perusahaan adalah hal yang paling penting, yang harus dimiliki oleh sebuah badan usaha , karyawan merupakan roda utama keberhasilan perusahaan. Salah satu upaya yang dilakukan Humas PT National Gobel guna membentuk sikap positif karyawan, melalui rangkaian kegiatan komunikasi persuasif dalam menanamkan nilai-nilai perusahaan yaitu Falsafah "Pohon Pisang " beserta ketujuh Prinsip penjabarannya, Prinsip Utama dan Motto Perusahaan. Tujuan pene litian ini adalah untuk melihat usaha-usaha yang dilakukan Humas PT National Gobel dalam menjalankan fungsi internal relations-nya, ketika menanamkan nilai-nilai perusahaan sebagai upaya memperkuat budaya perusahaan. Juga akan ditinjau keterlibatan serta hal-hal yang menjadi hambatan Humas dalam melakukan kegiatannya; disamping itu, dibahas Adapun metode penelitian yang digunakan adalah kwantitatif dengan teknik penarikan sampel purposive sampling (penarikan sampel secara sengaja), dengan dua metode pengumpulan data yaitu ' survai dan wawancara mendalam terhadap pihak Humas PT National Gabel yang dianggap berkompeten dalam memberikan informasi penelitian, yang terdiri dari kepala Humas dan dua orang stafn ya, disamping dikumpulkan pulaata dari para karyawan PT National Gobel mengenai pengetahuan dan sikapnya terhadap perusahaan , dengan mengajukan kuesioner . Dari penelitian ini diketaui Bahwa, ada dasarnya PT National Gobel telah melakukan kegiatan komunikasi persuasif dalam men anamkan nilai-nila i perusahaan (Falsafah, Prinsip Utama dan Motto Perusahaan) sesuai dengan 4 (empat) tahap yang dikemukakan oleh· Cutlip dan Center. Namun demikian , PT National Gobel kurang memandang pentingnya kegiatan penelitian, perencanaan dan evaluasi. Hal ini umum terjadi pada perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia, termasuk perusahaan besar nasional. Kurangnya mutu personal dari pihak Humas PT National Gobel menyebabkan majalah perusahaan "Berita National" yang mampu dijadikan media paling efektif, sebagai penghubung antara pihak manajemen dan karyawan dalam upaya menanamkan nilai-nilai p~rusahaan tidak berhasil . dimanfaatkan. Disisi lain, seharusnya media internal ini mampu menciptakan daya tarik dan keingintahuan karyawan terhadap nilai-nilai perusahaan yang merupakan wujud dari budaya perusahaan (corporate crilture). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa aspek Pengetahuan (kognitif) dan besaran engalaman personal berp engaruh kuat dalam pembe ntukan sikap· positif (aspek afektif ) karyawan terhadap nilai-niiai perusa haan , seperti dikemukakan oleh Allport; sikap diorganisir dari pengalaman.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1995
S4087
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Endi Anugrah Dewanto
Depok: Universitas Indonesia, 2004
S7672
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Kurniadi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya perusahaan dan etika kerja Islami melalui komitmen organisasi sebagai mediasi terhadap intensi meninggalkan organisasi karyawan. Penelitian menunjukan bahwa budaya perusahaan dan etika kerja Islami memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi karyawan, dan sebagai akibatnya memiliki pengaruh negatif terhadap intensi meninggalkan organisasi karyawan. Penelitian ini mengambil objek penelitian pada Bimbingan dan Konsultasi Belajar Nurul Fikri dan karyawan yang bekerja penuh waktu sebagai subjek penelitian. ...... The objective of this study is to analyze the impact of corporate culture and Islamic work ethic through organizational commitment as mediator towards employee turnover intention. The study shows that corporate culture and Islamic work ethic is positively and significantly affect employee organizational commitment, and consequently brings negatively affect toward employee turnover intention. The object of this study is BKB Nurul Fikri, a learning guidance company and the subject is fulltime employee of this company.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46402
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Reza Prasetya
Abstrak :

Employee engagement adalah konstruksi yang kompleks dan luas yang mencakup komitmen, kepuasan, loyalitas, dan perilaku ekstra karyawan dalam menjalankan peran dalam bekerja. Membangun keterlibatan karyawan bukanlah hal yang mudah, kemudian adanya pergeseran generasi ke generasi milenial yang memiliki karakteristik unuk pun menjadi tantangan dan juga peluang bagi perusahaan. Penelitian ini menjelaskan tentang pengaruh budaya perusahaan dan komunikasi internal terhadap employee engagement karyawan milenial. Dengan menggunakan metode kuantitatif dengan responden penelitian karyawan milenial yang berusia 19 – 38 tahun per tahun 2019 dan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda, hasil penelitian ini menunjukan bahwa budaya perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement karyawan milenial. Kemudian, komunikasi internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement karyawan milenial. Budaya perusahaan dan komunikasi internal secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap employee engagement karyawan milenial.


Employee engagement is a complex concept that includes employee’s commitment, satisfaction, loyalty, and extra efforts in carrying out roles in daily life at work. Building employee engagement is not easy, then the company is facing a shifting generation to millennials that have unique characteristics, this will become a challenge and the opportunity as well for the company. This study aims to describe the influence of corporate culture and internal communication on employee engagement of millennial employees. Using quantitative methods with respondents aged 19 - 38 years as per 2019 and using multiple linear regression as analysis technique, the results of this study indicate that company culture has a positive and significant effect on employee engagement millennials. Then, internal communication has a positive and significant effect on employee engagement millennials. Finally, corporate culture and internal communication have positive and significant influence on employee engagement millennials.

Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Farid Raditia
Abstrak :
Tesis ini membahas kemampuan mahasiswa Pasca Sarjana Manajemen Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik UI angkatan 2006 dalam menelaah teori — teori komunikasi organisasi, budaya organisasi, merger dan perubahan budaya organisasi pasca merger untuk meneliti bagaimana dampak dari kegiatan komunikasi internal terhadap perubahan budaya pasca merger dalam suatu perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain metode penelitian deskriptif menggunakan strategi intrinsic case study. Penelitian ini menyarankan bahwa pasca merger, perusahaan perlu menciptakan agen - agen perubahan dalam membantu komunikasi dalam upaya perubahan budaya pasca merger. Kemudian perusahaan juga perlu mengadakan audit budaya dan mengadakan forum group discussion (FGD) yang berkelanjutan antara manajemen dan karyawan. ......Focus of this thesis is about capability of Corporate Communication Management Student from Post Graduate Program at Sosial Political Science Faculty University of Indonesia experience of acquiring of corporate communication, merger, and corporate culture change post merger to research impact of internal communication within corporate culture transformation post merger. This research is qualitative research with descriptive design and using intrinsic case study strategy. This research is has advice that a company need to create change agent to support internal communication within effort for cultural change post merger. Company also need to do a cultural audit and then build 2 ( two ) direction communication by Forum Group Discussion.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T25752
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2001
S7289
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rowland, Diana
Jakarta: Bumi Aksara, 1992
395.52 ROW e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>