Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Christie Elizabeth
Abstrak :
ABSTRACT
Penelitian ini menguji pengaruh brand familiarity terhadap minat konsumen pada produk Sephora Gerai Kota Kasablanka dengan variabel mediasi brand fit. Variabel yang akan diuji pada penelitian ini ada variabel brand familiarity, variabel brand fit dan variabel minat beli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan data penelitian dikumpulkan melalui survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang merupakan wanita usia 18 sampai 35 Tahun yang pernah mendengar produk Sephora. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear, regresi linear berganda, uji sobel, dan uji analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh brand familiarity terhadap minat beli produk Sephora gerai Kota Kasablanka, Jakarta Selatan melalui brand fit.
ABSTRACT
This study examines the effect of brand familiarity toward consumer purchase intention on Sephora rsquo s Product in Kota Kasablanka Outlet with mediator variable Brand Fit. The variable that used in this research is brand familiarity, brand fit and purchase intention. This research uses quantitative approach and the data collected through survey by distributing questionnaires to 100 respondents who are woman age 18 to 35 years old who rsquo ve heard Sephora before. The analysis technique used in this research is linear regression, multiple regressions, sobel and path analysis. The result shows there rsquo s effect from brand familiarity toward consumer purchase intention on Sephora rsquo s Product in Kota Kasablanka Outlet, South Jakarta mediated by brand fit.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gede Mahatma Yuda Bakti
Abstrak :
Label kualitas merupakan salah satu atribut produk yang dianggap penting dalam proses keputusan pembelian. Meski demikian, studi mengenai peran label kualitas masih jarang dilakukan dan beberapa temuan menghasilkan temuan yang kontradiktif. Untuk mengisi kesenjangan yang ada dalam literatur, penelitian ini bermaksud untuk mengkaji pengaruh label kualitas terhadap sikap konsumen (kualitas produk dan niat membeli) dalam mengambil keputusan pembelian produk, tergantung pada brand familiarity dan keterlibatan produk. Penelitian ini dilakukan dengan 2 studi eksperimen. Desain eksperimen studi 1 yaitu 2 (label kualitas: ada vs tanpa label) x 2 (Brand familliarity : familiar vs unfamiliar) dengan eksperimen between- and within-subject. Partisipan studi 1 diperoleh sebanyak 155 mahasiswa S1 Universitas Indonesia. Sedangkan, desain eksperimen studi 2 yaitu 2 (label kualitas: ada vs tanpa label) x 2 (keterlibatan produk : tinggi vs rendah) dengan eksperimen between- and within-subject. Partisipan studi 2 diperoleh sebanyak 266 mahasiswa S1 Universitas Jendral Soedirman. Hasilnya menunjukan bahwa pengaruh label kualitas terhadap persepsi kualitas produk dan niat membeli produk tergantung pada brand familiarity. Hal yang sama, pengaruh label kualitas terhadap persepsi kualitas produk dan niat membeli produk tergantung pada keterlibatan produk. ...... Quality label is one of the attributes of the products that are considered important in the purchase decision process. However, studies on the role of the quality label is rarely conducted and some of the findings resulted in contradictive findings. To fill the existing gap in the literature, this study intends to examine the effect of quality label on consumer attitudes (product quality and purchase intention) in making purchasing decisions of products, depends on brand familiarity and product involvement. This research was conducted with two experimental studies. Experimental design of study 1 was 2 (quality label : present vs not present) x 2 (brand familiarity: familiar vs unfamiliar) with a between- and within-subject experiments. Participants of study 1 was obtained as many as 155 bachelor students from University of Indonesia. Meanwhile, experimental design of study 2 was 2 (quality label : present vs not present) x 2 (product involvement: high vs low) with a between- and within subject experiments. Participants of study 2 was obtained as many as 266 bachelor students from Jenderal Soedirman University. The result shows that the effect of quality label on perceived product quality and intention to buy the product depends on brand familiarity. Similarly, the effect of quality label on perceived product quality and intention to buy the product depends on product involvement.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T43810
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shahril Shahputra Azis
Abstrak :
Interactivity didefinisikan sebagai kemampuan media untuk menyediakan synchronous communication dengan menekankan kecepatan respon dan kualitas informasi. Penelitian sebelumnya telah mempelajari tentang peran interactivity dalam meningkatkan secara positif involvement pelanggan terhadap mobile retail advertising. Tidak hanya interactivity, brand familiarity dan information quality juga merupakan faktor yang dapat meningkatkan involvement di dalam media sosial berdasarkan hasil penelitian lainnya yang telah dilakukan di dalam konteks media sosial. Lebih lanjut, involvement terbukti sebagai salah satu faktor yang dapat mendorong pembentukan attitude secara positif. Akibatnya, intensitas pembelian di masa depan (future purchase intention) akan meningkat karena adanya attitude yang positif terhadap suatu brand. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari peran interactivity sebagai salah satu prediktor pendukung dalam meningkatkan involvement pelanggan di dalam konteks media sosial. Data dikumpulkan dari 195 responden Indonesia yang tergolong pengguna aktif TikTok dengan rentang usia 18-48 tahun. Responden dipilih dengan menggunakan kriteria sampel yang sudah ditentukan berdasarkan dari rekomendasi penelitian-penelitian sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa interactivity dapat membentuk involvement secara positif di dalam media sosial sebuah brand. Sementara faktor lainnya seperti information quality dan brand familiarity memainkan peran yang lebih dominan dalam membentuk involvement pelanggan. Selain itu, keterlibatan terhadap media sosial secara positif mempengaruhi attitude yang mengarah pada intensitas pembelian yang lebih tinggi. Namun, involvement tidak terbukti menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan intensitas pembelian ......The ability of the media to provide synchronous communication while stressing reaction time and information quality is known as interactivity. Previous studies have looked at how interactive media can help boost consumer engagement with mobile retail advertising. Based on the findings of various research that have been undertaken in the context of social media, characteristics other than interactivity, brand familiarity and information quality are other factors that can boost involvement in social media. Additionally, engagement has been shown to be one of the elements that can promote the development of a positive attitude. As a result, a good attitude toward a brand will raise the intensity of upcoming purchases (future purchase intention). In the context of social media, this study intends to investigate the role of interactivity as one of the supportive indicators for rising customer involvement. 195 Indonesian respondents between the ages of 18 and 48 who are considered active TikTok users provided the data. Using established sample criteria based on suggestions from prior studies, respondents were chosen. The findings demonstrate how interactivity can influence the way people engage with a brand's social media. While other elements, like the quality of the information and brand recognition or familiarity, influence customer involvement more significantly. Participation in social media also has a beneficial and positive effect on attitudes, which increases the customer's intention to purchase. However, involvement was not proven to be one of the factors that escalate purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permata Herman
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menganalisis apakah terdapat perbedaan smoking intent dan brand likeability pada remaja non-perokok apabila produk rokok menggunakan format plain packaging dibandingkan dengan format existing packaging serta kaitannya dengan variabel moderasi berupa brand familiarity dan jenis kelamin sex . Penelitian dilakukan menggunakan metode eksperimen. Analisis data dilakukan menggunakan hasil dari independent t-test serta general linear model. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan plain packaging dan existing packaging terhadap smoking intent dan brand likeability serta dimoderasi oleh brand familiarity. Namun, jenis kelamin ternyata tidak terbukti memoderasi hubungan antara format kemasan dengan smoking intend dan brand likeability.
ABSTRACT
This research aims to analyze the difference between plain packaging and existing packaging toward smoking intent and brand likeability among young non smokers and moderating effects from brand familiarity and sex. This research conducted using experimental method. The data is analyzed by using independent sample t test and general linear model. Result shows that packaging format does make differences toward smoking intent and brand likeability, and this relationship was moderated by brand familiarity. In contrast, sex variable did not have any significant moderation effect toward packaging format and smoking intent and brand likeability.
2017
S67287
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mila Rachmania
Abstrak :
ABSTRAK
Banyak strategi telah dilakukan oleh perusahaan sebagai cara untuk meningkatkan respon konsumen terhadap suatu produk, salah satunya dengan menggunakan Caused-related Marketing (CRM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari perceived fit, tipe produk dan brand familiarity terhadap purchase intention konsumen dalam konteks Caused-Related Marketing. Desain faktorial between subject dengan 2 (perceived fit: tinggi vs rendah) x2 (tipe produk: utilitarian vs hedonic) x2 (brand familiarity: familiar vs nonfamiliar) digunakan untuk menguji hipotesis penelitian. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner online dan offline. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa purchase intention dalam konteks CRM dipengaruhi oleh brand familiarity.
ABSTRACT
Many strategies have been carried out by companies as a way to improve consumer response toward a product, one of them by using Caused-related Marketing (CRM). This study aimed to reveal whether there are significant effects of perceived fit, product type and brand familiarity on customer purchase intention in Caused-related Marketing context. Factorial design between-subject with 2 (perceived fit: high vs. low) x2 (product type: utilitarian vs. hedonic) x2 (brand familiarity: familiar vs. non familiar) was used to test the research hypothesis. Data were collected by using online and offline questionnaire. The result of this study showed that customer purchase intention in Caused Related Marketing campaign depend on the level of brand familiarity.
2019
T53783
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avitasya Febryani Syahrial
Abstrak :
SMS location-based advertising LBA atau iklan berbentuk promosi melalui SMS yang memanfaatkan informasi lokasi telefon seluler diketahui dapat meningkatkan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh extrinsic dan intrinsic motivation terhadap pembentukan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya melihat pengaruhnya terhadap purchase intention dalam konteks foodservice. Pada penelitian ini terdapat uji variabel moderasi yaitu brand familiarity untuk mengetahui apakah tingkat familiaritas terhadap merek mempengaruhi sikap konsumen terhadap niat pembelian produk yang diiklankan melalui SMS LBA. Penelitian ini melibatkan 229 responden dari seluruh Indonesia yang pernah mendapatkan SMS LBA dari Krispy Kreme. Data diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling SEM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa extrinsic dan intrinsic motivation dapat meningkatkan attitude toward SMS LBA yang selanjutnya dapat mendorong purchase intention. Selain itu ditemukan pula bahwa pengaruh ini di moderasi oleh brand familiarity. ...... SMS LBA is a promotion advertising through SMS that uses information of mobile phone rsquo s location in order to increase sales. This study aims to analyze the effect of extrinsic and intrinsic motivation on the establishment of attitude toward SMS location based advertising and its impacts on purchase intention in foodservice area. There is a test of brand familiarity as a moderating variable to find out whether the level of consumer rsquo s brand familiarity affect attitude toward SMS LBA on intention to purchase a product that advertised through SMS LBA. The data for this research were collected from 229 respondents from all over Indonesia who had received SMS LBA from Krispy Kreme. They were then analyzed using Structural Equation Modelling SEM. The result of this research shows that extrinsic and intrinsic motivation increases attitude toward SMS LBA that further leads to increase in purchase intention. Furthermore, the result shows that brand familiarity does moderate attitude toward SMS LBA on purchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S70002
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sharinne Elmyra Tambu
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji peran involvement dengan analisa information quality dari konten media sosial merek makanan sehat yang dapat mempengaruhi attitude dan future purchase intention dari para konsumen. Data yang telah diolah adalah responden yang berusia 17 tahun keatas tinggal di Indonesia yang menggunakan Instagram sebagai media sosial mereka dan mengikuti merek makanan sehat. Metode pengolahan data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Sebanyak 209 data responden telah dikoleksi dan perhitungan hasil jawaban dilakukan dengan uji statistik untuk menelaah lebih lanjut hasil validitas, reliabilitas, dan uji signifikan seluruh variabel. Hasil penemuan penelitian ini mempunyai indikasi bahwa walaupun Sebagian besar variabel mempunyai hasil yang signifikan, variabel Consumer Involvement tidak mempunyai hubungan signifikan terhadap variabel lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, pemilik bisnis khususnya di bidang merek makanan sehat disarankan untuk memperbaiki konten yang ditampilkan di halaman media sosial mereka dengan mengembangkan konten yang kreatif dan juga mengelola layanan konsumen dengan baik untuk meningkatkan keterlibatan dan pengalaman konsumen. ......The purpose of this research is to examine the role of involvement by analyzing how information quality of the healthy food brands’ social media pages can influence the consumer attitude and their future purchase intention. The respondents aged 17 and older who are living in Indonesia that use Instagram as their social media and also follow the healthy food brands. The data collection method will be using Structural Equation Modelling (SEM). 209 respondents have been collected and the results calculations are conducted through several statistical tests to examine the validity, reliability, and significance between the variables. The research findings indicates even though most of the relationship between the variables are significant, the variable Consumer Involvement does not have a significant influence. Based on the research findings, it is recommended for business owners especially for the owners of healthy food brands to improve the contents displayed in their social media pages with developing a creative content and also improving the customer service to increase the involvement and experiences of the consumers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Andriana Vaharani
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh customer involvement on a brand's social media terhadap Purchase Intention, serta variabel mediasi attitude toward the brand's social media. Responden dalam penelitian ini adalah pengguna Instagram dan/atau TikTok berusia 18-34 tahun yang mengetahui dan pernah berinteraksi dengan konten media sosial dari brand kecantikan lokal di Instagram atau TikTok. Data diolah dengan menggunakan metode Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (SEM PLS). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa customer involvement on a brand's social media berpengaruh negatif terhadap purchase intention, yang terutama dipengaruhi oleh information quality dari konten yang disediakan. Brand familiarity tidak memiliki dampak signifikan terhadap keterlibatan pelanggan. Selain itu, customer involvement on a brand's social media menghasilkan sikap positif attitude toward the brand's social media page, yang memengaruhi purchase intention di masa mendatang dari merek tersebut. ......The purpose of this study is to examine the impact of customer involvement on a brand's social media on purchase intention, as well as the mediating variables of attitude toward the brand's social media. The participants in this study are 18-34-year-old Instagram and/or TikTok users who are aware of and have interacted with social media content from a local beauty brand on Instagram or TikTok. The data was processed using the Partial Least Squares - Structural Equation Modeling (SEM PLS) method. The findings of this study indicate that customer involvement on a brand's social media has a negative effect on purchase intention, which is primarily influenced by the information quality of the content provided. Brand familiarity has no significant impact on customer involvement. Furthermore, involvement in a brand's social media page resulted in a positive attitude toward the brand's social media page, which influences future purchase intention from the brand.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Safira Andarini
Abstrak :
Fenomena artis hijrah merupakan topik hangat yang banyak diperbincangkan oleh penggemar dunia hiburan tanah air akhir – akhir ini. Salah satu komunitas yang cukup terkenal yaitu Kajian Musawarah karena banyak diikuti oleh artis – artis ternama Indonesia. Banyak merek fashion muslim milik artis yang ikut bermunculan seiring bertambahnya artis yang hijrah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelian merek fashion artis Kajian Musawarah dipengaruhi oleh perceived e-WOM, online brand familiarity, online brand experience, central route, peripheral route dan information adoption. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software LISREL 8.80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara central route dan peripheral route terhadap information adoption. Sedangkan tidak ditemukan pengaruh information adoption dan online brand experience terhadap consumers’ online purchase behaviour. ...... The phenomenon of hijrah celebrity is a hot topic that has been discussed by fans of the entertainment world in Indonesia. One of the most well-known community is Kajian Musawarah, because it is followed by many famous Indonesian celebrities. Many muslim fashion brands that belong to celebrities have emerged as more celebrities have hijrah. Therefore, this study aims to determine whether the purchase of Kajian Musawarah celebrities’ fashion brands are influenced by perceived e-WOM, online brand familiarity, online brand experience, central route, peripheral route and information adoption. The method used in this research is Structural Equation Modeling (SEM) using LISREL 8.80 software. The results showed that there is an effect between the central route and the peripheral route on information adoption. While there is no effect of information adoption and online brand experience on consumers' online purchase behaviour.
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taliya Imaniya
Abstrak :
ABSTRAK
Akhir-akhir ini, kategori produk apparel wanita lokal Indonesia telah berkembang dengan dukungan kemajuan teknologi dan tren belanja online yang meningkat. Maka dari itu, dengan mengetahui dan mengikuti pola perilaku konsumen saat ini di setiap tahap (mulai dari problem recognition hingga post-purchase behavior) dalam membuat keputusan pembelian online, diharapkan dapat membantu merek apparel lokal untuk meningkatkan penjualan dan memperluas pangsa pasar mereka. Penelitian ini menganalisis perilaku pembelian online konsumen melalui: online brand experience yang dimediasikan oleh online brand familiarity; pengaruh central route & peripheral route terhadap information adoption; information adoption yang dimediasikan oleh perceived e-WOM credibility; dan online purchase experience. Responden merupakan individu yang pernah membeli merek apparel lokal Indonesia melalui online, yang kemudian data diolah menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM). Hasil menunjukkan bahwa online brand experience memiliki pengaruh positif pada perilaku pembelian online konsumen hanya jika dimediasi oleh online brand familiarity; central route peripheral route memiliki pengaruh positif pada information adoption; information adoption yang dimediasi oleh perceived e-WOM credibility tidak secara signifikan mempengaruhi perilaku pembelian online konsumen; dan online purchase experience memiliki pengaruh positif pada perilaku pembelian online konsumen.
ABSTRACT
Recently, Indonesian local women apparel category has been growing with the support of technological advancements and the increasing trend of online shopping. Thus, by knowing and following the current patterns of consumer behavior at every stage (starting from problem recognition to post-purchase behavior) in making online purchase decisions, expected to help local apparel brands to increase the sales and expand their market share. This study is analyzing consumer online purchase behavior through: online brand experience mediated by online brand familiarity; the influence of central route & peripheral route on the information adoption; information adoption mediated by perceived e-WOM credibility; and online purchase experience. Respondents were people who has bought Indonesian local apparel brand through online, and the data is processed using Structural Equation Modeling (SEM) method. The results shows that online brand experience have a positive influence on consumer online purchase behavior only if mediated by online brand familiarity; central route peripheral route have a positive influence on information adoption; information adoption mediated by perceived e-WOM credibility is not significantly influence consumer online purchase behavior; and online purchase experience have a positive influence on consumer online purchase behavior.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>