Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
I Gusti Ayu Desier Yolanda Putri Artitayasa
"Bukalapak merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bisnis e-commerce. Sebagai bisnis C to C, Bukalapak memfasilitasi dalam platform komunitas daring bernama Komunitas Bukalapak melalui sosial media Instagram @pelapak_bukalapak. Riset ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan alat dari MPR yang digunakan oleh Komunitas Bukalapak di media sosial Instagram @pelapak_bukalapak. Selain itu, makalah ini juga terdapat ulasan lebih dalam mengenai kaitan strategi MPR yang telah dilakukan dengan Brand Community Engagement. Metode penelitian yang digunakan dalam riset ini adalah konten analisis kuantitatif. Hasilnya, terdapat dua strategi MPR yang digunakan yaitu strategi Pull dan strategi Push. Strategi MPR yang dipakai adalah strategi MPR berdasarkan pemikiran Kotler dan strategi Brand Community Engagement berdasarkan pemikiran Baldus. Dari segi MPR, Informasi yang diberikan adalah informasi mengenai edukasi berbisnis kepada para followers Bukalapak. Dari segi engagement, strategi Push memiliki engagement lebih tinggi dibandingkan strategi Pull melihat jumlah komentar followers yang mendominasi. Masih ada peluang pengembangan strategi Pass karena belum pernah diimplementasikan sebelumnya.
Bukalapak is one of the companies engaged in the e-commerce business. As a C to C business, Bukalapak facilitates an online community platform called the Bukalapak Community through social media Instagram @pelapak_bukalapak. This research aims to find out the strategies and tools of the MPR used by the Bukalapak Community on Instagram @pelapak_bukalapak social media. In addition, this paper also contains a more in-depth review of the relationship between the MPR strategy that has been carried out with Brand Community Engagement. The research method used in this research is quantitative analysis content. As a result, there are two MPR strategies used, namely the Pull strategy and the Push strategy. The MPR strategy used is based on Kotler's and the Brand Community Engagement strategy based on Baldus’s. In terms of the MPR, the information provided is information about business education to Bukalapak followers. In terms of engagement, the Push strategy has higher engagement than the Pull strategy, seeing the number of followers' comments that dominate. There are still opportunities to develop the Pass strategy because it has never been implemented before."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Sinaga, Maria Juanita
"Posisi perusahaan startup lebih tidak menguntungkan dibandingkan perusahaan yang sudah mapan. Namun, kekurangan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai teknik pemasaran yang efektif dengan mengintegrasikan cerita mengenai tantangan dan semangat pendiri untuk menghadapinya dalam biografi merek underdog brand biography . Eksperimen ini untuk mengetahui peran mediasi consumer-brand identification CBI terhadap pengaruh underdog brand biography UBB pada brand community engagement intention BCEI . Data dari kuesioner online dengan partisipan 240 warga Jabodetabek berusia 18-35 tahun yang dibagi menjadi dua kelompok. Partisipan diberikan dua manipulasi, yaitu skenario underdog dan topdog, kemudian diminta mengisi consumer-brand identification scale dan brand community engagement intention. Hipotesis diuji dengan teknik analisis regresi PROCESS dari Hayes. Hasil menunjukkan bahwa UBB berpengaruh terhadap CBI secara signifikan ? = 0,92, p < 0.01 , CBI berpengaruh terhadap BCEI secara signifikan ? = 1,97, p < 0.01 , dan CBI memediasi pengaruh UBB terhadap BCEI secara signifikan ? = -1,82 . Hasil ini menunjukkan bahwa UBB mempengaruhi BCEI konsumen melalui CBI. Implikasinya, perusahaan startup dapat meningkatkan performanya di pasar dengan menonjolkan status underdognya melalui UBB.
Startup company's position is more unfavorable than well established companies. However, this shortcoming can be utilized as an effective marketing technique by integrating the story of challenges and founders'passion to tackle it in brand biography underdog brand biography . This experiment aims to determine the mediating role of consumer brand identification CBI in the effects of underdog brand biography UBB on brand community engagement intention BCEI . Data from online questionnaire consisted of 240 Jabodetabek residents aged 18 35 years old are divided between two groups. Participants were given two manipulations, underdog scenario and topdog scenario, then were asked to fill consumer brand identification scale and brand community engagement intention scale. Hypotheses were tested using PROCESS regression analysis technique from Hayes. The analysis results showed that UBB has significant effect on CBI 0,92, p 0,01 , CBI has significanty effect on BCEI 1,97, p 0,01 , and CBI significantly mediates the effect of UBB on BCEI 1,82 . This result shows that UBB influence consumer's BCEI through CBI. The implication, startup companies can improve their performance in the market by highlighting their underdog status through UBB."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
S66129
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Destania Putri Alwindy
"PT Jet Global Express mengeluarkan produk baru yang digital inovatif yaitu komunitas online dengan sebutan J&T Friends Community yang dapat mempermudah online seller mendapatkan informasi lebih mengenai penjualan online di berbagai e-commerce serta hal lainnya yang berhubungan dengan jasa pengiriman berbasis teknologi. Komunitas online ini memberikan berbagai informasi yang edukatif serta bermanfaat, di mana merupakan hal baru dan unik yang sangat memudahkan khalayaknya dalam berbagai informasi satu sama lain dengan feedback yang diberikan oleh pihak perusahaan maupun anggota lainnya. Sebagai satu-satunya komunitas online perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi, PT Jet Global Express dalam mempertahankan eksistensi komunitas online nya kerap melakukan berbagai strategi dan tools dari Marketing Public Relations (MPR). Makalah ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan tools MPR apa saja yang digunakan J&T Friends Community dan mengulas lebih dalam masing-masing strategi dan tools MPR tersebut serta dikaitkan dengan brand community engagement nya. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari tiga strategi MPR Push, Pull dan Pass, hanya strategi MPR Pull yang mendominasi pada implementasinya. Pada strategi Pull, kegiatan yang dilakukan adalah publikasi organisasi dan digital yaitu media sosial instagram. Ditemukan bahwa J&T Friends Community berhasil meraih engagement yang baik dalam mempertahankan brand community nya. Berbagai strategi dan tools tersebut cukup efektif dalam memasarkan J&T Friends Community dan sesuai dengan identitas khalayaknya.
PT Jet Global Express issued a new, innovative digital product, namely an online community called the J&T Friends Community which can make it easier for online sellers to get more information about online sales on various e-commerce and other matters related to technology-based shipping services. This online community provides a variety of educational and useful information, which is new and unique, which makes it very easy for audiences to share information with each other with feedback provided by the company and other members. As the only online community of technology-based shipping service companies, PT Jet Global Express in maintaining the existence of its online community often carries out various strategies and tools from Marketing Public Relations (MPR). This paper aims to find out what MPR strategies and tools are used by J&T Friends Community and to have a deeper review of each of the MPR strategies and tools and to relate them to its brand community engagement. The results of the analysis show that of the three MPR Push, Pull and Pass strategies, only the MPR Pull strategy dominates its implementation. In the Pull strategy, the activities carried out are organizational and digital publications, namely Instagram social media. It was found that J&T Friends Community managed to achieve good engagement in maintaining its brand community. These various strategies and tools are quite effective in marketing J&T Friends Community and in accordance with the identity of the audience. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library