Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kemala Andiyani
Abstrak :

Meningkatnya penggunaan teknologi membuat masyarakat beralih untuk memesan tiket pesawat secara daring. Selain itu, kepemilikan smartphone membuat aplikasi menjadi media yang paling sering digunakan untuk melakukan pemesanan. Meskipun demikian, loyalitas pengguna masih menjadi permasalahan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat. Hal ini dikarenakan pengguna masih sering berpindah-pindah layanan secara tidak menentu. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi perceived value dan hubungannya dengan loyalitas dan kepuasan pengguna aplikasi pemesanan tiket pesawat di Indonesia berdasarkan alasan transaksi pengguna. Faktor-faktor tersebut dikelompokkan berdasarkan siklus transaksi, yaitu pre purchase, purchase, dan post purchase. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 1.160 responden yang pernah melakukan pembelian tiket pesawat melalui aplikasi. Data diolah dengan metode Covariance Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 24.0. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara perceived value, kepuasan pengguna, dan loyalitas pengguna. Selain itu, ditemukan bahwa pengguna hedonic lebih mengutamakan pengalaman sebelum, saat, dan sesudah melakukan transaksi dibandingkan pengguna utilitarian yang lebih mengutamakan transaksi yang cepat, aman, mudah, dan ringkas. Hasil penelitian dapat digunakan bagi penelitian selanjutnya dengan topik serupa dan penyedia layanan pemesanan tiket pesawat dalam mengelola loyalitas pengguna.

 


The use of technology make people switch to order flight tickets by online. In addition, the increasing of smartphone usage makes the application the most often use medium for booking tickets. However, user loyalty is still a problem for flight booking service providers. This is because users still move from one-to-another service provider. Therefore, this study aim to determine the factors that influence perceived value, user loyalty and satisfaction of flight ticket booking applications in Indonesia based on user’s reason to make a transactions. These factors are grouped based on transaction cycle: pre-purchase, purchase, and post-purchase. This study uses a quantitative approach by surveying 1.160 respondents who had purchase flight tickets through applications. Data is processed by Covariance Based Structural Equation Modeling (CB-SEM) using  AMOS 24.0. The results show that there is a relation between perceived value, user satisfaction, and user loyalty. In addition, this study is also found that hedonic users are more prioritize experiences before, during, and after making transactions, utilitarian users who prefer transaction that fast, safe, easy, and concise. The results of this study can be use for further research with similar topics and flight ticket booking service providers to manage user loyalty. 

Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia , 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alviana Alicia Syafinal
Abstrak :
ABSTRAK
Persentase penduduk berusia 10 tahun keatas yang melakukan olahraga di proyeksikan terus meningkat dari tahun 2003 hingga 2015 oleh karena itu kedepannya tingkat adaptasi olahraga oleh penduduk Indonesia akan terus meningkat dengan trend dan target pasar yang cukup besar. Oleh karena itu, 43% masyarakat Indonesia yang melakukan olahraga menyatakan menggunakan aplikasi dan gawai wearables untuk menunjang kesehatan dan olahraga mereka.Aplikasi X merupakan salah satu aplikasi layanan olahraga yang berfokus terhadap pemesanan olahraga. Dengan trend dan target pasar yang meningkat, aplikasi X perlu meningkatkan retensi pengguna mereka agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya, oleh karena itu perlu dibutuhkan strategi yang kuat untuk meningkatkan keloyalitasan dan retensi pengguna. Dalam pembuatan strategi tersebut, diteliti pengaruh variabel confirmation, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, satisfaction, attitude, subjective norms terhadap continuance intention. Selain itu, digunakan importance-satisfaction analysis untuk mendapatkan strategi beserta prioritas pelaksanaannya. Hasil penelitian ini merupakan strategi untuk perusahaan aplikasi X dalam meningkatkan continuance intention.
ABSTRACT
The percentage of the population aged 10 years and over who do sports is projected to continue to increase from 2003 to 2015, therefore in the future the level of sport adaptation by the population of Indonesia will continue to increase with a fairly large trend and target market. Therefore, 43% of Indonesian people who exercise say they use applications and wearables to support their health and exercise. Application X is one of the sports service applications that focuses on sports bookings. With the increasing trend and target market, application X needs to improve and increase their customer retention to also compete againts their competitors, therefore a strong strategy is needed to increase user loyalty and retention. In making the strategy, the influence of the confirmation variable, perceived usefulness, perceived ease of use, perceived risk, satisfaction, attitude, subjective norms on continuance intention is examined. In addition, it is used an importance satisfaction analysis to obtain strategies and their implementation priorities. The
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library