Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 25 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yogyakarta: Multicom Media Utama, 2008
005.1 PAK
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Sanjaya
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
006.752 RID k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Arista Prasetyo Adi
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
006.752 ARI p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Beijing Shi : New Star Press, 2009
SIN 951.249 05 MEM (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Kartika Qolbina
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai budaya SNS Social Network Service di kalangan masyarakat Korea Di Korea SNS banyak digunakan oleh masyarakat Korea Meski banyak SNS buatan luar negeri yang masuk ke Korea SNS buatan Korea lebih banyak digunakan oleh pengguna SNS di Korea Dalam penulisan ini penulis membatasi pembahasan masalah pada jenis dan karakter SNS yang populer di kalangan masyarakat Korea dalam rentan periode tahun 2001 hingga 2011 Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dapat disimpulkan bahwa masyarakat Korea pengguna SNS lebih memilih SNS SNS buatan Korea sehingga SNS buatan Korea yang sangat populer dibandingkan SNS buatan luar negeri Adapun alasan pemilihan jenis SNS buatan Korea tersebut adalah terdapat konsep nilai budaya tradisional di dalam SNS SNS buatan Korea yang populer di Korea. ......This thesis discusses about SNS (Social Network Service) culture in Korea. SNS is quite used widely by Koreans. Eventhough there are several global SNS entered into Korea, Korean-made SNS is more widely used by SNS users in Korea. This research focuses on type and characters of Korean popular SNS among Korean SNS users in Korea during the period of 2001-2011. Through descriptive qualitative research, the result of this research shows that Korean SNS users prefer choice and use Korean SNS than other countires’s SNS because of the concept of traditional cultural values found in some popular Korean SNS.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47090
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daanii Rifqi Ul Haq
Abstrak :
ABSTRAK
Pertumbuhan sektor pariwisata dan perjalanan yang cukup positif akhir-akhir ini serta berkembangnya media digital sebagai salah satu media komunikasi pemasaran untuk produk pariwisata dan perjalanan, merupakan sebuah potensi yang harus diperhatikan oleh berbagai pihak terutama para pebisnis sektor pariwisata dan perjalanan serta pemerintah. Salah satu aplikasi digital yang saat ini cukup banyak digunakan untuk berbagi cerita dan informasi perjalanan (storytelling) adalah blog/travel blog. Blog menjadi wadah bagi para wisatawan yang pernah mengunjungi suatu objek wisata untuk menceritakan cerita perjalanan mereka, oleh karena itu blog yang mengandung unsur bercerita disebut sebagai storytelling blog, lebih khususnya disebut dengan travel blog bagi blog yang menceritakan pengalaman perjalanan. Data 122 orang responden menunjukkan bahwa komponen-komponen yang dimiliki oleh storytelling blog yakni perceived esthetics atau keindahan sebuah blog mampu membentuk secara positif dan signifikan empati dan sikap pembaca yang kemudian dapat mempengaruhi intensi perjalanan pembaca. Komponen storytelling blog lainnya seperti narrative structure tidak terbukti mampu mempengaruhi secara positif dan signifikan empati, sikap serta intensi perjalanan pembaca, sementara self reference terbukti mampu meningkatkan empati namun selanjutnya tidak mampu meningkatkan sikap dan intensi perjalanan pembaca.
ABSTRACT
The growth of tourism and travel sector were quite positive lately and the development of digital media as a medium of marketing communications for tourism and travel products, is a potential issues that must be considered by relevant stakeholder, especially for travel and tourism business management and the government. One of the digital application that is currently quite widely used to share stories and travel information (storytelling) is a blog or travel blog. Blogs become a place for tourists who is currently visited a tourist attraction to tell the story of their journey, therefore, a blog that contains elements of storytelling called storytelling blog, more specifically called a travel blog for the blog which tells the travel experience. The data from 122 respondents indicated that the components of storytelling blog like perceived esthetics or the aesthetics of a blog is positively and significantly affeced to the level of readers empathy and attitudes and positively and significantly built readers travel intention. Other components of storytelling blog such as narrative structure is not proven to affect positively and significantly to the readers empathy, attitudes and readers intention, while the self-reference proved to increased empathy but then not able to improve the attitudes and readers travel intention
2016
S63010
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indira Prisanti
Abstrak :
ABSTRAK
Kelompok gay sebagai kelompok minoritas di Indonesia umumnya diberikan representasi negatif di media. Perkembangan internet memungkinkan blog menjadi media alternatif kelompok gay. Blog dilihat sebagai sebuah cyberqueer space, yaitu ruang yang memfasilitasi pengalaman-pengalaman minoritas seksual yang sulit ditemukan dalam kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivism dengan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan empat informan. Selain meneliti pengalaman penulis blog gay dalam menciptakan blog, peneliti juga meneliti pembentukan identitas seksual penulis blog gay. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa blog memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri dan menjalin hubungan sosial dengan gay lain. Identitas yang dibentuk melalui blog merupakan ekstensi identitas di dunia nyata.
ABSTRACT
Gay men, as a minority group in Indonesia, are commonly given negative representations in the media. The development of internet has enabled blogs to become alternative media for gay men. Blogs are seen as cyberqueer spaces where sexual minority experiences are facilitated. This research uses post-positivist paradigm and qualitative method through in-depth interviews of four gay bloggers. Apart from studying gay bloggers? experiences in writing blogs, this research also explores the sexual identity formations of the bloggers. It is concluded from this research that blogs enable individuals to express their selves and form relaionships wih other gay men. The identities formed through blogs are extensions of their offline identities.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Andini Salsabila
Abstrak :
ABSTRAK
Artikel ini membahas penulis blog makanan kreatif food creative bloggers sebagai structural hole memiliki peran dalam mempromosikan wisata kuliner Bandung dalam media sosial instagram. Studi sebelumnya menyebutkan bahwasannya dalam konteks masyarakat digital, seorang food creative bloggers memiliki peran sebagai pegiat wisata kuliner food-enthusiast , humas, pendukung iklan endorser , jurnalis dan prosumer produsen-konsumen . Akan tetapi, studi terdahulu belum menjelaskan bahwa seorang food creative bloggers di era digital ini juga memiliki peran sebagai structural hole yang mampu mendorong pamor dan meningkatkan keuntungan ekonomi usaha kuliner Bandung. Hasil studi ini menunjukkan bahwa food creative bloggers merupakan structural hole strategis yang dengan efektif mampu menjembatani pelaku usaha kuliner dan masyarakat konsumen. Selain mampu mendorong pamor pengusaha kuliner dan meningkatkan keuntungan ekonomi, studi ini juga mengemukakan bahwa food creative blogger juga di sisi lain dapat mematikan usaha kuliner. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu observasi dan wawancara mendalam kepada beberapa penulis blog makanan kreatif food creative bloggers yang memiliki akun Instagram. Selain itu, penulis juga mewawancarai narasumber pendukung pengusaha kuliner, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung dan pengikut akun penulis blog kreatif makanan di Instagram.
ABSTRACT
This article discusses how creative bloggers as structural holes have a role in promoting Bandung culinary tourism. Previous studies have suggested that in the context of the digital society, a food creative bloggers has a role as food-enthusiast, public relation, an endorser, journalist and as a prosumer producer-consumer . However, previous studies have not explained that a food creative bloggers in this digital era also has a role as a structural hole through their social media account can share culinary information to consumer society. The results of this study shows that food creative bloggers is a strategist structural hole who could effectively bridge between culinary entrepreneurs and consumer society. Even though food creative blogger could help culinay industry, but it also can destroy the entrepreneur itself. This study uses qualitative approach with observation and indepth interview method to several creative bloggers as a main interviewees. The author also conducted triangulation of data by interviewing culinary entrepreneurs, Bandung City Department of Tourism and Culture, as well as followers of creative blog account in instagram.
2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nova Sulasmianti
Abstrak :
ABSTRAK
Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran belum dilakukan guru secara optimal. Hal ini disebabkan karena banyak guru belum memahami bagaimana dan langkah apa yang harus ditempuh dalam memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran dapat dilakukan pada semua jenjang baik SD, SMP, SMA maupun SMK karena peserta didik secara umum sudah terbiasa mengakses informasi melalui web. Namun di dalam tulisan ini, pemanfaatan blog lebih difokuskan pada satuan pendidikan SMP dan SMA/SMK karena perencanaan pembuatan blog disertai dengan langkah penyiapkan kuis online yang akan disematkan ke blog. Hal ini dilakukan sebagai salah satu usaha menyiapkan peserta didik menghadapi UNBK. Kajian ini dllakukan di LPMP Bengkulu pada bulan Januari s.d Maret 2018. Dalam tulisan ini, dijabarkan langkah-langkah dalam pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Kajian ini diawali dengan mempelajari berbagai literatur dan hasil kajian sejenis untuk mendapatkan gambaran terkait pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Setelah dilakukan kajian ini maka diperoleh informasi bahwa berbagai permasalahan di sekolah terkait media pembelajaran dapat diatasi dengan memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran. Kedepan diharapkan guru-guru dapat memanfaatkan blog sebagai media pembelajaran sehingga dapat lebih menarik minat dan perhatian para peserta didik.
Jakarta: usat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, KEMENDIKBUD, 2018
600 TEKNODIK 22:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Clara Vania
Abstrak :
Perolehan opini merupakan sebuah proses perolehan dokumen, dimana dokumen yang diperoleh dan diurutkan berdasarkan opini mengenai sebuah topik kueri yang terdapat pada dokumen. Sebuah dokumen yang relevan harus relevan terhadap topik kueri dan mengandung opini mengenai kueri. Salah satu penelitian perolehan opini yang sedang diminati adalah perolehan opini pada dokumen blog. Perolehan opini pada dokumen blog dapat membantu dalam menemukan pendapat publik mengenai suatu target, yang kemudian dapat memantau perkembangan merek suatu produk, analisis media, dan menelusuri kebutuhan pasar. Pada tugas akhir ini, perolehan opini dilakukan pada dokumen blog berbahasa Indonesia dengan menggunakan pendekatan statistik. Korpus blog yang digunakan berupa feeds dan permalinks dengan jumlah total sebanyak 21.411 dokumen HTML. Penelitian dilakukan secara bertahap, yaitu dengan mencoba berbagai teknik pemrosesan kueri, teknik perbaikan kueri, dan teknik pengurutan dokumen berdasarkan opini. Hasil evaluasi terbaik dari setiap penelitian akan digunakan untuk penelitian selanjutnya. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan nilai MAP dari masing-masing percobaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan sebesar 49% pada penggunaan pemotong kata berimbuhan bahasa Indonesia dan sebesar 20% pada pencarian berdasarkan frase dengan menggunakan judul dan deskripsi pada topik kueri. Selain itu, penambahan bobot apabila kueri terdapat pada field body dan penggunaan Indri pseudo-relevance feedback juga dapat meningkatkan akurasi walau hanya sedikit, yaitu masing-masing sebesar 4,09% dan 0.62%. Eksperimen pengurutan dokumen memberikan hasil terbaik untuk metode pengurutan dengan menambahkan nilai similarity dokumen berdasarkan kata-kata opini, namun tidak terlalu berpengaruh terhadap akurasi perolehan blog, yaitu hanya sebesar 0.11%.
Opinion retrieval is a document retrieval process, which requires documents to be retrieved and ranked based on their opinions about a query topic. A relevant document must relevant to the query topic and also contains opinions about the query. An example of research in opinion retrieval is opinion retrieval from blogs. Opinion retrieval from blog can help to uncover public sentiment about a target, which can be used to do brand monitoring, media analysis, and... In this research, we used Indonesian blogs as our corpus for opinion retrieval using statistical technique. We used both blog feeds and permalinks which are made up of 21.411 HTML documents. We do research step by step by doing some experiments in query processing techniques, pseudo-relevance feedback techniques, and document ranking based on opinion techniques. The best result from each experiment will be used in the next experiment. To evaluate the accuracy of retrieval, we used the MAP score. Our result showed that the use of Indonesian stemmer can improve 49% in performance, while query searching with phrase using title and description in query topic can improve 20% in performance. Term weighting in field body can improve performance for about 4.09%, while the...-relevance feedback gives 0.62% performance improvement. Document ranking technique by adding similarity score based on opinion words give the best result, but do not provide any significant performance improvement, that is only about 0.11%.
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>