Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adinda Putri
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran parentification terhadap hardiness pada mahasiswa bidikmisi di Indonesia. Parentification dikur dengan Parentification Inventory (Hooper, 2009) dan hardiness diukur dengan Dispositional Resilience Scale-15 (Bartone, 2007). Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 482 mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia, terdiri dari 351 perempuan dan 131 laki-laki dengan rentang usia 18-24 tahun (M = 20,02, SD = 1,376). Data yang diperoleh dari seluruh partisipan dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum, parentification berperan secara signifikan dan positif terhadap hardiness (𝛽 = 0,211, p < 0,01). Untuk tipe parentification, emotional parentification berperan lebih besar terhadap hardiness (𝛽 = 0,393, p < 0,01), dibandingkan dengan instrumental parentification (𝛽 = -0,161, p < 0,05).

ABSTRACT
This study aims to examine the role of parentification toward hardiness among college students of bidikmisi scholarship in Indonesia. Parentification was measured using Parentification Inventory (Hooper, 2009) and hardiness was measured using Dispositional Resilience Scale-15 (Bartone, 2007). Participants involved in this study were 482 students from State Universities in Indonesia, consisted of 351 women and 131 men with an age range of 18-24 years (M = 20,02, SD = 1,376). Data obtained from all participants were analyzed using regression analysis. The results indicated that in general, parentification has a significant and positive role towards hardiness (𝛽 = 0,211, p < 0,01). For the type of parentification, emotional parentification has a greater role towards hardiness (𝛽 = 0.393, p <0.01), compared to instrumental parentification (𝛽 = -0,161, p < 0,05)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shafira Nurul Izzah
"Mahasiswa dengan faktor risiko status sosial ekonomi rendah cenderung mengalami hambatan dan tekanan akademik yang lebih besar dibandingkan mahasiswa lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah fleksibilitas kognitif dan approach-based goals memprediksi resiliensi akademik mahasiswa dengan status sosial ekonomi rendah. Penelitian bersifat korelasional dengan sampel mahasiswa Bidikmisi (N = 212). Alat ukur penelitian yang digunakan yaitu Cognitive Flexibility Inventory (CFI), subskala approach 3×2 Achievement Goal Questionnaire (AGQ), dan ARS-Indonesia. Hasil analisis regresi linear berganda antara fleksibilitas kognitif dan approach-based goals terhadap resiliensi akademik menunjukkan hasil yang signifikan (R2 = 0,411, p < 0,001). Fleksibilitas kognitif (β = 0,53, t = 8,91, p < 0,001), self-approach goals (β = 0,15, t = 2,02, p < 0,05) dan other-approach goals (β = 0,18, t = 2,09, p < 0,05) merupakan prediktor signifikan dari resiliensi akademik mahasiswa Bidikmisi. Spesifiknya fleksibilitas kognitif memiliki kontribusi variansi terbesar terhadap resiliensi akademik mahasiswa Bidikmisi (22,5%). Penelitian ini menunjukkan kontribusi fleksibilitas kognitif dan approach-based goals dalam menumbuhkan resiliensi akademik mahasiswa dengan status sosial ekonomi rendah (khususnya mahasiswa Bidikmisi).

College students with low socioeconomic status tend to experience psychological barriers which puts them at a greater academic stress than other college students. This study aims to determine whether cognitive flexibility and approach-based goals are able to predict the academic resilience of low socioeconomic college students. This is a correlational study using a sample of Bidikmisi college student (N = 212). Cognitive Flexibility Inventory (CFI), approach subscale of 3×2 Achievement Goal Questionnaire (AGQ), and ARS-Indonesia are used in this study. Multiple regression analyses shows that cognitive flexibility and approach-based goals significantly predicted academic resilience (R2 = 0,411, p < 0,001). Cognitive flexibility (β = 0,53, t = 8,91, p < 0,001), self-approach goals (β = 0,15, t = 2,02, p < 0,05), and other-approach goals (β = 0,18, t = 2,09, p < 0,05) are significant predictors of academic resilience. Specifically, cognitive flexibility is the utmost predictor with greater contribution to academic resilience (22,5%). This result shows the contribution of cognitive flexibility and approach-based goals in building the academic resilience of low socioeconomic college students (specially Bidikmisi college students)."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library